• 18.12.18

    Tips & Trik Belanja Bulanan Supaya Lebih Hemat


    Dear readers, setelah gajian biasanya kita akan segera menyerbu pusat perbelanjaan untuk membeli kebutuhan bulanan bahkan mengejar mid night sale di akhir tahun seperti sekarang. Tak jarang saletonirojim berada dimana-mana, jangan sampai kita terbuai ya, pastikan belanja kebutuhan primer terlebih dahulu. Saya dan Suami lebih suka belanja di akhir bulan, sebelum gajian supaya nggak macet dan belanja lebih nyaman, bebas ngantri di Kasir hehe. Nah, berikut ini saya bagikan cara berhemat saat belanja bulanan, semoga membantu ya! 

    • Makan dulu sebelum belanja
    Saya pernah mendengar penelitian yang mengungkapkan jika kita belanja dalam keadaan lapar, kita cenderung akan belanja berlebihan bahkan membeli yang tidak dibutuhkan. Perut yang kenyang membuat kita lebih santai, berpikiran jernih dan tidak terburu-buru. Makanya pastikan readers belanja setelah makan ya, kan sayang kalau nanti sampe shop till drop gitu.
    • Mencatat daftar belanjaan 
    Yup! Ini penting banget, sebelum pergi berbelanja, pastikan kita mengetahui apa yang akan dibeli. Segera cek kulkas dan lemari stok yang telah habis supaya tidak lupa apa saja yang harus dibeli. Biasanya sih Bapak-bapak kalau belanja sambil chat sama Istrinya nih, betul nggak?

    • Memilih tempat belanja
    Kaum urban semakin dipermudah dan dibuat bingung pula dimana seharusnya belanja bulanan. Berdasarkan pengalaman pribadi sih, daerah Bandung dan Cimahi itu paling hemat belanja di Toserba Borma karena lebih lengkap dan harganya paling terjangkau. Namun jika ingin berbelanja sayur, buah dan daging yang lebih komplit dan segar bisa mengunjungi Toserba Griya atau Yogya Junction, disana display nya juara, sering banyak acara dan promo, selain itu SPG nya cantik-cantik dan menguasai produk dengan baik.

    Kadang saya juga belanja di Superindo, Giant, Hypermart, Carrefour Transmart yang biasanya lebih luas, tampak mewah dan harganya juga wah karena konsumen kena tax 10%. Berbelanja di pasar modern memang lebih bersih dan bersahabat tapi jangan lupakan pasar tradisional yang sebenarnya menjalankan akad jual beli yang lebih sempurna, dengan berbelanja di pasar tradisional kita juga akan membantu menghidupkan ekonomi lokal supaya tidak tergerus zaman. Di tempat saya tinggal, agak jauh dari pasar tradisional yang besar, sehingga seminggu sekali belanja di Tukang Sayur, Pasar tumpah dan sering belanja ke warung tetangga meskipun rumah diapit dua minimarket.

    • Cek kebenaran harga diskon
    Kadang nih ya melihat harga Rp 10.900 dimata Ibu-ibu itu masih Rp 10.000 tapi di kacamata Bapak-bapak mereka tidak mau dikelabui dan menganggap itu Rp 11.000. Saat ini uang kembalian kadang sudah jarang dan suka kurang, apalagi oknum minimarket yang pintar menggoyang harga supaya uang kembalinya tidak dikembalikan atau meminta kita menyumbangkannya.

    Karena sering belanja, biasanya kita akan tahu harga jual asli suatu produk, hal ini penting supaya kita tidak terkecoh dengan beragam strategi penjualan. Perhatian syarat dan ketentuan promo diskon sebelum membeli produk, ya. Jika masih bingung tinggal buka olshop resmi, biasanya kita akan tahu harga terendah suatu produk.

    • Beli sayur dan buah seperlunya
    Saya biasanya beli sayuran di Tukang sayur, pasar tumpah dan warung tetangga, selain dekat, belanja nya untuk satu minggu supaya tidak mubazir dan kualitasnya tetap segar. Mengkonsumsi sayur dan buah yang bisa diolah sebagai camilan tentunya akan menghemat dan membuat hidup lebih sehat.

    • Perhatikan kehalalan dan tanggal kedaluwarsa produk makanan
    Kehalalan produk terutama makanan dan minuman menjadi sangat penting bagi seorang muslim, untungnya kita tinggal di Indonesia, kalau di luar negeri kan nggak akan semudah itu mendapatkan logo halal. Selain halal, kita perlu mengecek tanggal kedaluwarsa supaya tetap aman bagi kesehatan, biasanya makanan atau minuman yang mendekati exp date akan mengobralnya dengan harga miring.

    Gimana nih, apakah informasi tersebut bermanfaat? Jika ada tips & trik belanja bulanan ala kalian, silakan share di kolom komentar ya! Sampai jumpa di tips selanjutnya.
    Read more:

    22 comments:

    1. Hahhaha bnr banget beb, aku udh hafal nih, belanja di mini atau supermarket kalau ada kembalian kurang dari gope pasti ditawarin buat disumbangin, strategi mreka pinter ya.

      ReplyDelete
    2. Warung tetangga terkadang lebih murah dari supermarket terutama untuk belanja sayur dan buah, jadi untuk 2 produk ini aku lebih sering belanja di warung sayur tetangga ^^

      ReplyDelete
    3. tips makan dulu memang bener banget sih.
      kadang kita jadi masukin snack berbungkus2 karena kita lapar dan pingin nyemil setelah bayar di kasir, padahal kita mau lunch/dinner bareng bebebh.
      maling duit sendiri kan itu namanya... =__=

      ReplyDelete
    4. Kalau untuk sayuran & buah, saya lebih memilih di pasar dekat rumah. Lebih murah.

      ReplyDelete
    5. Yaa beb..bnr bgt..lbh baik kt lw punya waktu luang lbh baik blnja k pasar tradisional dan warung yg dkt dgn rumah kt..mskipun skrg bnyak OLshop walaupun praktis tp terkadang sdh dtang brg mengecewakan..ok mksih beb utk tips mengenai bblnjaaya brmanfaat bgt buat v3 pribadi dan teman" v3 lainya

      ReplyDelete
    6. Aku kalau belanja biasanya makan dulu sampe kenyang. bener banget kalau belanja pas lapar tuh segala dibeli

      ReplyDelete
    7. memnag belanja bulanan itu perlu ay biar gak bentar2 beli, sudah punya persiapan buat satu bulanan

      ReplyDelete
    8. Aku banget itu makan dulu sebelum belanja hehe

      ReplyDelete
    9. Makan dulu sebelum belanja hihi.. tapi biasanya saya belanja dulu baru makan sebenarnya malah lebih boros ya.. hehe.. makasih tipsnya teh.. bisa dicoba 😊

      ReplyDelete
    10. Lebih seru belanja di pasar tradisional yah

      ReplyDelete
    11. Makanya kalau brlanja lama itu jangan diptotes ya da kita mah teliti gak asal cemplung. Kudu colek suami nih. Wkwkwkwk

      ReplyDelete
    12. Wah, boleh2 nih tipsnya. Kalo aku, dengan bawa uang yang seperlunya. Jadinya gak banyak belanja. Dan bener banget, makan dulu itu penting. Lapar perut bahayaaaa. :)))

      ReplyDelete
    13. wahh saya tinggal sama kaka mbak, syukur deh saya ga kalap kalau belanja. Palingan saya banyak beli cemilan aja dan jajan tiap sore, udah jadi rutinitas...

      tapi tips diatas penting banget nih buat bu-ibu

      ReplyDelete
    14. Haha, makan sebelum belanja. Bener juga.

      ReplyDelete
    15. Belanja, apalagi di supermarket kalo perut laper kadang malah apa aja bawaannya pingin dibeli. Hahaha.. terutama cemilan. 😁😁😁

      ReplyDelete
    16. Bulan Desember ini aku nggak bisa hemat. Anak-anak sedang libur. belanja yang biasanya sendiri, eh sekarang anak-anak ikut, dan bocor deh budgetnya. Kok jadi surhat nih.

      ReplyDelete
    17. Kenapa ya kalau aku habis catat keperluan yang dibeli, selalu ada aja yang ketinggalan ditulis entah 1 atau 2 barang gitu hahaha

      ReplyDelete
    18. Setuju makan dulu sebelum belanja. Milih tempat belanja juga setuju! Borma jawabannya :D

      ReplyDelete
    19. Memilih tempat belanja setuju banget, dulu sh masih suka milih2 pengen mall bagus eh tapi biasanya malah harganya mahal2, kalau mall2 kecil malah banyak diskon dan harganya murmer banget.. ngaruh banget emang s kak Sandra tempat belanja juga

      ReplyDelete
    20. Belanja di supermarket tuh godaan nya malah lebih banyak, capek abis belanja haus jajan ch*time..hahaha
      Belom anak lihat toko mainan eh minta dibeliin mainan, ga dibeliin harus sabar menghadapi tantrum nya.. nasib emak2..😂😂

      ReplyDelete
    21. That's whyy mertua ku kalau mau kemana2 (termasuk cuma belanja doang) pasti nyuruh makan dulu.

      Bener ya soal harga diskon antara bapa2 dan ibu2 kacamata nya beda

      ReplyDelete
    22. setuju nih yang makan dulu sebelum belanja biar ga laper mata....saletonirojim bikin ngekek mbak

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES