• 3.12.18

    [REVIEW] Cat Poster Super Tempera untuk Finger Painting Anak-anak


    Di postingan sebelumnya, saya pernah cerita tentang Gentra melukis finger painting dengan cat akrilik, bagi saya finger painting dengan akrilik hasilnya kurang memuaskan karena kualitas cat sudah menurun akibat terlalu lama saya tidak melukis huhu. Akhirnya saya browsing cat yang aman untuk finger painting, ternyata Artist internasional memakai cat minyak untuk finger painting tapi cat minyak itu harus pakai sarung khusus, sedangkan saya ingin beneran finger painting, belum lagi cat minyak itu memiliki bau yang kuat dan lama keringnya, kurang ramah untuk anak.

    Untuk Mama-mama rajin sebenarnya bisa sih membuat edible paint yang aman untuk anak dengan cara membuat adonan cat dari tepung jagung atau maizena, dimasak memakai gula dan diberi pewarna makanan. Tapi mengingat betapa rempong-nya saya mengurus Gen tanpa Asisten, akhirnya saya menemukan cat poster merek Grafie Super Tempera yang bisa digunakan sebagai cat untuk mewarnai, stamping dan tentunya finger painting! Yeay.


    Grafie adalah merek produk-produk alat tulis yang telah terdaftar resmi di Jerman. Grafie selalu menjaga konsistensi mutu, kenyamanan dan keamanan produk-produknya. Grafie cocok untuk melengkapi kebutuhan berkreasi di kalangan anak usia dini, tentunya dengan harga yang terjangkau. Produk Grafie diklaim:
    1. Aman (bebas zat beracun) 
    2. Lengkap (memenuhi kebutuhan anak TK dan PAUD) 
    3. Hemat (satu produk beraneka fungsi sehingga tidak harus belanja di beberapa toko) 
    4. Bagus (kualitas terjamin dan nyaman digunakan)

    Ketika berkunjung ke website grafieindonesia, produk Grafie itu banyak juga ya, ada pensil warna, oil pastel, modelling clay,  kotak pensil, pensil, rautan, penghapus, lem, gunting, Cat poster Super Tempera dalam beberapa ukuran. Nah, sekarang saya akan mengulas cat poster Grafie Super Tempera untuk finger painting ya, tetap lanjutkan membaca...

    Cat poster sendiri merupakan salah satu pewarna dengan campuran air. Karakter gambar cat poster adalah blok (merata) pada bidang gambar. Untuk menimbulkan efek kedalaman dapat dilakukan dengan mencampurkan warna yang lebih muda. Pencampuran warna cat poster dapat dilakukan pada palet. Cat ini mirip dengan cat air. Perbedaannya dengan cat air adalah ia mempunyai sifat opaque dan penggunaannya tidak encer. Cat ini biasanya digunakan untuk membuat disain poster atau plakat. Karena itu sering disebut juga cat poster.( Sumber:Dictio.id)

    Cat poster Grafie Super Tempera ini ada beberapa pilihan yaitu 3 warna, 5 warna atau 6 warna, saya pilih yang 6 warna (merah, kuning, biru, hijau, hitam dan putih) ukurannya masing-masing 30ml seharga Rp 41.250, saya belinya online jadi sama ongkir Rp 60.000an lah, sebenarnya di Gramedia juga ada tapi kalau menunggu waktu libur kesana kayaknya kelamaan, saya pengen cepat-cepat main finger painting bersama anak hehe.

    Cat poster Grafie Super Tempera ini dibuat oleh Fun Art Supplies (FAS) New Zealand, dikemas dalam box kecil bernuansa orange, ternyata Grafie Super Tempera merupakan washable poster paint yang direkomendasikan untuk anak PAUD dan TK karena belum disarankan untuk anak 0-3 tahun. Grafie Super Tempera diklaim multiguna, mudah digunakan, mudah dicampur untuk menghasilkan warna baru. Warnanya juga cerah sehingga disukai anak-anak, non toxic, ekonomis, mudah dibersihkan jika terkena baju, cepat kering dan water based.

    Oke sekarang saya mulai finger painting bersama Grafie Super Tempera! Apa saja sih alat yang dibutuhkan untuk Finger painting? 
    1. Cat yang aman, saya pakai Grafie Super Tempera. 
    2. Kertas tebal (minimal manila/BC), karton atau kanvas. 
    3. Palet. 
    4. Wadah air dan kuas kecil. 
    5. Tisu atau lap. 
    6. Koran sebagai alas. 
    7. Celemek/apron. 
    8. Spidol, glitter.
    Langkah-langkah membuat finger painting untuk anak:
    1. Beritahu anak kegiatan finger painting 
    2. Persiapkan peralatan
    3. Tuangkan cat kedalam palet. 
    4. Campurkan warna untuk menghasilkan warna baru. 
    5. Eksplorasi semua jari bergantian dimulai jempol hingga kelingking dengan cara mencelupkan jari pada cat, mengoles, mengecap dan menekannya. 
    6. Jika sudah bisa, buatlah objek sederhana yang menarik mata.
    7. Jika sudah selesai, cuci tangan
    8. Jangan lupa beri apresiasi pada karya anak. 
    Berikut adalah beberapa karya finger painting ala kak Sandra artsense!








    Review Cat Poster Super Tempera 
    Saya merasakan perbedaan saat melakukan finger painting dengan akrilik dan cat poster Grafie Super Tempera, jika akrilik agak susah di campur, warnanya lebih gelap dan susah dibersihkan jika terkena baju. Sedangkan Grafie Super Tempera tekstur catnya lebih lembut, mudah dicampur, mudah digunakan dan mudah dibersihkan bahkan saat terkena baju, warnanya juga lebih terang dan cerah!

    Finger Painting juga bisa dibantu menggunakan kuas dan setelahnya bisa dihias menggunakan glitter supaya hasilnya semakin cantik. Memang Finger painting itu tidak memiliki aturan baku, yang penting anak senang, aman dan nyaman berkreasi menggunakan jarinya. Bagaimana, apakah Anda, Guru/Orang Tua berminat mengajak anak atau keponakan untuk berkreasi dengan finger painting?

    Baca juga:

    17 comments:

    1. Ya allah kak Sandra keren banget itu karyanya yaa.. ternyata cat poster ini ramah anak yaa.. kebayang kalau kudu pake cat minyak pasti bau ya kak,, kasian anak anak.. thanks for reviewnya ya kak Sandraaa semangat mengajarr!

      ReplyDelete
    2. Hwaa makasih infonya... Zaman jav kecil dulu, gagal main finger painting krn bingung pake cat apa, hihihi... Mau coba beli ah buat rashya (plus jav jg pastinya) :D

      ReplyDelete
    3. Wah baru tahu cat ini, boleh nih buat Akmal Azril main sampai puas tanpa perlu takut repot kalau kena baju

      ReplyDelete
    4. Aiiih lucuuu... murmer ya, asik buat mainan anak2...

      ReplyDelete
    5. Bagus gambarnya. Cat nya jga bagus ua, mumer. Mau ahh ntar buat io pas liburan di rumah biar gambar-gambar

      ReplyDelete
    6. Wah aku tahunya cuma merk crayola doang. Coba ini ahh beli di Gramedia ada ya?!

      ReplyDelete
    7. Anonymous9.12.18

      It's actually a great and helpful piece of information. I'm
      glad that you simply shared this useful information with us.
      Please keep us informed like this. Thank you for sharing.

      ReplyDelete
    8. Sandraaa, bisa dibeli di mana ini? Soalnya Al suka banget mainan finger painting. Kayaknya aku mau beliian dia ini deh

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES