• 7.12.18

    Hal-hal Yang Bisa Menjadi Penyebab Kebocoran Cash Flow Bulanan


    Dear readers, nyambungin soal pengalaman mengumpulkan dana darurat, saya banyak mendapat sharing dari teman-teman yang masih berjuang betapa sulitnya mengumpulkan dana darurat. Nah, sekarang kita sama-sama cari solusinya, yuk! Siapa tahu dengan mengidentifikasi terlebih dahulu apa saja penyebab "bocornya" uang bulanan, kita jadi lebih "siaga" untuk memilah mana keinginan dan kebutuhan.

    Maklum, sekarang kan serba mahal, sedangkan kenaikan gaji kadang tidak sesuai, di aturan pemerintah berapa, faktanya kembali pada kebijakan perusahaan. Bossque kan bisa saja bilang, gimana mau naik gaji kalau pendapatannya tidak naik? Alhasil kita harus kerja kersa lagi bagai quda karena dapur harus tetap ngebul. Masalahnya lagi, urusan dapur yang sering dipertanyakan adalah kemampuan Istri mengelola keuangan, supaya para Istri nggak disalahin, yuk sama-sama belajar! 

    Godaan online shop
    Aduh ini sih godaan saletonirojim ya? Saya sih, nggak pernah belanja flash sale dan iming-iming cash back, karena tetap saja kan, harus belanja minimum berapa gitu supaya free ongkos kirim, terkadang ongkir lebih mahal dari belanjaan, ending-nya bisa-bisa belanja yang kurang penting, iya nggak? Kalau godaan free ongkir saya memang sering banget beli, tapi diperhitungkan juga sih, kalau menguntungkan, baru beli. 

    Ikutan PO dan Jastip
    Siapa yang suka Pre Order dan jasa titip skincare dari luar negeri? Jujur saya belum pernah ikut beginian, kalau traveling juga paling males dititipin oleh-oleh, nggak mau repot orangnya haha. 

    Cicilan Kartu Kredit
    Saya nggak bisa sharing banyak soalnya nggak pernah punya cc, nggak minat juga karena mungkin sejak dulu nggak terbiasa berhutang/berkredit/ber-arisan, jadi tenang dan santai saja menjalani hidup eaa

    Undangan
    Pernah baca forum kalau Neneng-neneg cantiks di Instagram #ootdkawinan itu bisa ngabisin duit jutaan rupiah cuma buat sewa gaun/jahit kebaya untuk menghadiri  satu pesta pernikahan. Kalau saya dan suami udah jarang banget ke undangan, paling ke nikahan sodara atau sahabat tapi teman kami juga pada udah nikah semua deh, mungkin nanti kalau anak sekolah ada pesta ulang tahun kali ya, jadi harus beli kado hehe. 

    Anak tiba-tiba sakit
    Duh ini sih sedih banget ya, apalagi kalau nggak ada uang, pinjem sana-sini, mari kita berdoa supaya semuanya sehat dan banyak rezeki, karena lebih baik uangnya untuk pendidikan anak daripada untuk berobat. 

    Kesimpulannya adalah untuk menuju financial freedom emang nggak boleh banyak gaya karena beban nya akan semakin berat jika kita terus mengikuti trend, yuk ciptakan trend baru yaitu hidup sehat dan kaya sejak muda! Kira-kira mana nih yang sering ganggu uang bulanan? Apakah ada kendala lainnya? Sharing yuk! 

    4 comments:

    1. Emang bener deh online shop tuh godaan terberat untuk duit minta di keluarin (boros). Chemistry kalo lagi buka online shop tuh bawaannya rileks dan happy aja gitu, udah terimajinasi barang yang dilihat di lapak store olshop. Padahal kalau barang udah tiba, satu/dua hari boleh deh happy-happy kesenengan, lama-lama juga udah pudar lagi rasa puasnya. Bawaannya pingin jelajah olshop lagi.

      Untuk anak tiba-tiba sakit, bisa tuh masuk ke list pengeluaran tak terduga. Btw informasinya berguna banget loh ini buat calon ibu-ibu yang nantinya bakalan harus pinter-pinter atur keuangan, termasuk buat aku huehehe. Makasih sista!^^

      ReplyDelete
    2. Saya juga jarang banget beli onli, PO, atau jastip mbak. Males di ongkos. Mending kalau memang butuh beli sendiri ke toko sekalian jalan-jalan. Gak sabar nunggu saya kalau beli online itu,, hehehe

      ReplyDelete
    3. Duh berat kalau anak tiba-tiba sakit yaa.. mau gamau harus siapin asuransi juga buat anak ya kak Sandra.. Nah terkadang godaan online shop berat bangetsss! Yang ga perlu perlu amat kadang dibeli haduh godaaan banget yaaa huhu

      ReplyDelete
    4. Ciptakan trend berpenghasilan sampingan dan wirausahaa hehehe

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES