• 13.12.18

    Drama Koreksi Kesalahan Nama Pada Tiket Pesawat


    Dear Travelmate, waktu ke Belitung kemarin, saya punya sedikit drama yang karena sebuah kesalahan kecil, kami nyaris gagal berangkat. Ini adalah pengalaman berharga untuk kami, terutama saya agar lebih fokus dan teliti untuk urusan administrasi. Jadi ceritanya Panitia Colour Day Kids 2018 meminta saya mengirimkan data diri penumpang yaitu saya, Suami dan anak (infant). Karena saya nggak bisa buka hp di depan anak, otomatis saya bisa membalas pesan chat dan urusan pekerjaan saat menyusui, ada yang ngasuh atau menunggu anak tidur.

    Nah, disinilah awal mulanya... Saking semangatnya saya segera memberikan data dan mengirimkannya juga ke Suami, karena Suami sibuk jadi beliau juga nggak detail padahal bisanya detail banget. Dua hari kemudian saat e-ticket sudah dibayar panitia, sore harinya Suami baru cerita kalau namanya salah dan tidak sesuai KTP jeng jeng jeng... ternyata saya malah menuliskan nama famous suami, cuma 1 huruf tapi efeknya bisa gagal terbang nih, oalah mana sudah H-2.

    Stress lah saya karena kami juga sama-sama lelah dan kurang fit. Saya langsung cek aplikasi pembelian tiket dimana hanya koreksi nama penumpang tiket penerbangan internasional yang dilayani, sedangkan untuk penerbangan domestik harus menghubungi Customer Service maskapai masing-masing. Saya browsing no. telepon CS Maskapainya yaitu Lion Air, harusnya saya browsing pengalaman orang dulu huhu, karena ternyata saya nggak sendirian. 

    Saat nelpon, saya harus menunggu sekitar dua menit untuk berbicara langsung dengan CS. Akhirnya nyambung ke Mas-mas, saya menceritakan permasalahan saya, kemudian Mas nya menyuruh saya menyebutkan kode booking lama dan koreksi nama menggunakan kode huruf agar tidak terjadi kesalahan lagi, seperti A Alfa, S Sieerra T Tanggo gitu. Kemudian saya juga disuruh mengirimkan foto KTP Suami ke WA CS Lion Air. Katanya ditunggu 30 menit untuk mendapat kode booking yang baru, tiba-tiba telepon terputus ternyata pulsa saya habis! Sekitar 10 ribu. 

    Saya masih panik dan menelpon lagi dengan nomer saya yang berbeda, ternyata CS nya beda lagi, kini Mbak-mbak, saya harus mengulang permasalahan saya dan kagetnya Mbak CS nya bilang saya nggak bisa koreksi nama penumpang hiks, harus refund, saya bilang data yang benar sudah dikirim via WA, malah dijawab tadi siapa nama CS nya duh kan lupa! Oalah makin panik lagi karena pulsa 10 ribu pun sudah kandas lagi.

    Tapi bukan Sandra namanya kalau nyerah gitu aja, akhirnya saya bawa Gen ke Toko sebelah untuk beli Susu dan isi pulsa 50 ribu supaya nggak kejadian lagi putus nyambung halah. Saya nelpon lagi CS kini yang ngangkat Mbak-mbak yang beda lagi, saya tanya siapa namanya takut kejadian lagi hahha. Saya kembali menceritakan permasalahan saya dari awal dan memberitahukan kalau sudah kirim foto KTP Suami via WA, Alhamdulillah mbaknya kooperatif dan mau membantu membereskan masalah saya, kemudian saya diharuskan menunggu beberapa menit dan mbaknya bilang tunggu beberapa jam agar kode booking baru bisa dikirim via email. Hari itu pulsa sudah habis sekitar 40 ribu. 

    Mulai tenang deh, besoknya seharian menunggu email, sudah 24 jam itu email sakti belum muncul juga, akhirnya saya harus kembali nelpon CS, saya menceritakan masalah saya dan mbak nya bilang kalau kode booking baru sudah ada, beliau kirim ke tiga email belum masuk juga akhirnya setelah telepon ditutup itu email masuk 6 kali ke tiga alamat email hahha, bahagia banget jadi ke Belitong deh! Oia nelpon terakhir dibawah 20 ribu. Makasih juga CS Lion Air, semangat kerjanya ya! 

    Pesan moral:
    1. Harus teliti, tenang, fokus saat mengisi data administrasi, kesalahan 1 huruf masih bisa dimaklumi, tapi jika lebih dari 3 huruf harus bayar dan jika penerbangan internasional katanya nggak ada ampun, selain bayar mahal juga bisa dicurigai kan. Kalau beruntung bisa lolos di imigrasi tapi kalau nggak ya harus beli tiket lagi huhu. 
    2. Jangan panik, tetap tenang, cari info dulu.
    3. Semangat sampai dapat CS yang bisa bantu. 
    4. Tunggu email, kalau 24 jam belum ada segera hubungi CS lagi. 
    5. Sedia pulsa yang banyak hahha. Bener saja kan, ke bandara itu 3 kali diperiksa KTP duh mana e-KTP 4 tahun belum jadi juga hiks, kalau keluar negeri nama tiket harus sesuai Paspor. 

    Emang kesalahan bisa terjadi pada siapa saja, Dosen saya pernah bilang kalau anaknya gagal masuk ITB hanya karena salah buletin nama di kertas ujian. Oke, sekian pengalaman saya semoga bermanfaat ya, semoga tahun 2019 bisa bawa Baby G naik pesawat ke berbagai destinasi dalam dan luar negeri aamiin, selamat berlibur! 

    11 comments:

    1. Wah Alhamdulillah untungnya bisa beres ya, sedih juga kalau gak jadi berangkat ke Belitung karena keteledoran. Jadi pelajaran buat aku juga nih

      ReplyDelete
    2. Duh salah nulis nama itu ngeselin kalau urusannya udah sama administrasi. Namaku di KK pun salalh melulu, kurang Y. Padahal tiap ngajuin udah kasih akte yang namanya udah bener. Sekarang minta koreksi aja (padahal yang salah ketik itu petugas yang ngurusunya) minta syarat macam-macam. Kesel deh jadinya

      ReplyDelete
    3. Bahaya juga ya repotnya kalau salah ketik nama di tiket , beda dengan ktp .

      ReplyDelete
    4. Selama rutin traveling , kalo salah nama sih aku blm prnh. Tapii pernah salah title nya. Harusnya Miss, aku tulis Mr :p. Untungnya lbh cepet kalo cuma itu.

      Tp anakku pernah agak lama ditahan, krn namanya di tiket agak beda ama pasport. Sbnrnya bukan beda sih, tp karena nama dia panjaaaaang sekali :p, jd di pasport ga cukup. Akhirnya ditulislah yg lengkap di bagian endorsement di halaman berikutnya. Divalidasi ama kepala imigrasi. Tapi pas di Seoul, staffnya rada ragu, krn menganggab beda. Wuaduuuh lgs kuatir kita. Krn di imigrasi2 sblmnya ga dimasalahin. Tp akhirnya diizinin kluar juga anakku :p. Yakali sampe ga dilepas, aku bisa ngomel panjang ama staffnya :p

      ReplyDelete
    5. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar ya mbak..dan sukses acaranya..

      ReplyDelete
    6. Emang bahaya ya salah satu hurup aja bisa matak kalau kata orangtua jaman dulu mah ya beb.. gapapa say jadiin pelajaran buat kedepannya bisa lebih teliti lagiya sayang semangat!

      ReplyDelete
    7. Saya juga pernah kayak gini.. tapi untung pelafalannya masih sama. Jadi gak masalah. Hihi.. e-ktp ku juga baru jadi seminggu yang lalu mbaak . Hahhaa...

      ReplyDelete
    8. Ada2 aja San. Aku kalau pesan2 tiket pasti aku cek berulang2 tuh jangan sampe salah. Ambil hikmahnya aja San

      ReplyDelete
      Replies
      1. bener yaa,, salah satu huruf aja sekaragmah bisa jadi masalah gede ya kak metaaa

        Delete
    9. Wah...pelajaran berharga sekali ini untuk lebih teliti dah detail ya mbak..untung lancar dan pihak maskapai nya cepat tanggap..

      ReplyDelete
    10. Hi Kak Sandra!

      Akhirnyaaa yah setelah drama salah nama, bisa berangkat liburan juga.
      Thanks ya sudah berbagi informasi disini, ternyata ganti nama nggak terlalu sulit ^_^

      Cheers,
      Dee Rahma

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES