• 20.3.19

    Mewarnai Lebih Bagus Pakai Crayon atau Oil Pastel, ya?


    Dear artmate, saya sering ditanya orang tua murid tentang produk yang bagus untuk mewarnai gambar, terutama perbandingan antara crayon vs oil pastel. Apakah kalian tau nggak bedanya crayon sama oil pastel? Rata-rata orang tua yang sedang menemani anaknya yang masih kecil bilang kalau mewarnai pakai crayon saja, padahal yang dipakai adalah oil pastel hehe. Yup, saya mulai paham bedanya crayon dan oil pastel saat dulu bekerja di sebuah kursus gambar di Bandung, kalau sekarang bikin sanggar gambar sendiri dong, tapi masih vakum soalnya anak saya masih kecil hehe. Sekarang saya berbagi ilmu lewat tulisan terlebih dahulu, ya. Semoga bermanfaat! 

    Apa sih bedanya crayon dan oil pastel kak Sandra? Kalau crayon itu terbuat dari lilin dan ada kandungan talk atau kapur sedangkan oil pastel terbuat dari lilin dan minyak, meskipun sama-sama mengandung lilin namun kandungan minyak pada oil pastel lebih banyak. Nah, kali ini saya akan mengulas tentang dua alat mewarnai gambar yang dapat digunakan anak-anak hingga orang dewasa, mereknya bernama Titi, tentu sudah tidak asing lagi, bukan?


    Titi Twist Crayon atau Krayon putar ini memiliki ukuran yang panjang seperti pensil atau pulpen. Terdapat dua set warna, ada yang 12 dan ada yang 24 set, saya memiliki yang 24 set warna. Dulu beli sekitar 2013 di Toko Merauke Buah Batu, awet banget sampai sekarang punya anak masih dipakai hehe. Harganya lupa lagi kayaknya diatas Rp 50.000 dan sekarang sudah banyak di toko online atau toko alat tulis. Untuk cara pemakaiannya gampang banget, tinggal diputar pada sisi atas crayon untuk mengeluarkan isi crayon. Untuk hasilnya, Twist Crayon Titi ini teksturnya keras dan licin, menghasilkan warna berkilau, tidak lengket di kertas maupun di gambar. Inilah hasil karya saya menggunakan Titi Twist Crayon:




    Selanjutnya saya akan membahas  tentang Titi Oil Pastel, terdapat beberapa set juga, semakin banyak warna semakin mahal. Untuk pemula seperti anak-anak lebih baik  oba membeli 12 warna terlebih dahulu karena kan anak bosenan, nanti ketahuan apakah anak serius atau lebih fokus ke hobi yang lain. Saya memiliki Titi oil pastel 55 set warna, kalau tidak salah dibawah Rp 100.000, belinya juga bersamaan dengan Titi Twist Crayon. Nah, Titi oil pastel ini memiliki warna yang kuat dan empuk atau lembut sehingga lebih mudah dan nyaman saat digunakan. Selain itu produknya Water Resistant dan Non Toxic sehingga aman untuk digunakan oleh anak-anak. Berikut adalah karya saya menggunakan Titi Oil Pastel:






    Kesimpulannya, apakah lebih bagus crayon atau oil pastel? Jika untuk anak-anak, menurut saya crayon itu agak keras apalagi dilapisi plastik seperti pulpen, lama kelamaan akan pegel juga, tapi tentu saja tidak membuat tangan kotor, karena saat digunakan tidak muncul residu dan untuk gradasi juga tidak semudah saat menggunakan oil pastel. Sedangkan Oil pastel tuh empuk, mudah digunakan untuk gradasi dan warnanya lebih keluar, dengan ketelatenan, kita akan belajar sabar untuk tidak mengotori hasil karya karena penggunaan oil pastel kadang menghasilkan residu dan mudah patah. Kalau ditanya mana yang lebih bagus saya jelas lebih menyukai Titi Oil Pastel, tapi untuk anak saya yang masih batita biasanya saya memberi crayon supaya tidak kotor dan tidak mudah patah, tentunya saya yang membantu memutar crayonnya supaya bisa digunakan.

    Semua tergantung dan kembali sesuai kebutuhan karena ada kelebihan dan kekurangnnya, kelebihan crayon ada warna gold dan silver yang bisa dikombinasikan nanti saat mewarnai dengan cat air sedangkan oil pastel bisa digunakan untuk berlomba karena proses mewarnai akan lebih cepat. Untuk mengakali residu oil pastel adalah dengan terus berlatih sehingga semakin jago, semakin sedikit residu yang dihasilkan. Sediakan juga brush untuk membuang residu dan biasakan membersihkan oil pastel yang terkena warna lain saat melakukan gradasi menggunakan tisu. Bagaimana artmate, apakah tulisan ini bermanfaat? Jangan lupa follow instagram @art_sense dan selamat berkarya!

    Read more:

    12 comments:

    1. Mengenai oil pastel aku belum pernah coba tuh kayak apa. Tapi kalau diliat-liat hasil dari oil pastel jauh lebih rapih dan warnanya pekat yaa. Bener-bener bagus.

      Btw postingan ini bermanfaat sekali, bisa nambah wawasan juga tentang crayon atau oil pastel. Hasil gambarnya bagus-bagus deh mba, jadi sukak ngeliatnya! :3

      ReplyDelete
    2. Saya suka hasil oil pastel ya kak sandra.. emang si terkadang hasilnya belepotan ditangan cuma pastinya bakal menghasilkan karya yang luar biasa indahnya

      ReplyDelete
    3. Kalau anakku pernah 2 tahun ikut kursus gambar, pakai crayon mba. Cuma kalau buat bikin gradasi warna memang dia kesulitan. Trus katanya pegel. Oil pastel ini belum pernah nyoba.

      ReplyDelete
    4. Wah aku baru tahu lho Bun petbedaan mereka. Aku pikir sama aja hihihi. Ngomong-ngmong gambarnya bagus ikh trus lucu-lucu lagi. Aku suka abis gmbarnya film2 kita jaman dulu hahaha

      ReplyDelete
    5. wah makasih nih infonya

      ReplyDelete
    6. Aku malah baru tau mom ada crayon sm oil pastel, aku taunya crayon sama pensil warna doang hahahahha

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hehehhe acu juga baru tau abis baca artikel ini met... btw crayon kalau vs pensil warna mending crayon yach.

        Delete
    7. Ho iya ya oil pastel sama crayon beda di kandungan bahannya ya..pantesan dulu pas mewarnai pake oil pastel hasil warnanya sedikit mengkilat karena memang mengandung minyak. Tfs kak sandra

      ReplyDelete
    8. Hahaha jd selama ini salah kali ya jawabnya selalu crayon aja padahal yang dipaai oil pastel, tks kaka

      ReplyDelete
    9. Ya Allah bagus sekali hasil mewarnainya ..aku mah pakai apapun ttp aja ga bagus jiwa seninya kurang terasah heu..

      ReplyDelete
    10. wow keren keren gambarnya,

      impian saya sewaktu kecil tuh : jadi pelukis hehehe

      ngga terlaksana karena semakin besar terlalu banyak impiannya :D

      ReplyDelete
    11. Informasi yang sangat bermanfaat untuk saya yang awam di dunia ini. Makasih ya,Teh :)

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES