• 17.9.19

    Review Buku Balita

    Review buku balita

    Dear Parents, akhir-akhir ini saya tidak membaca buku tapi tetap membersamai anak membacakan buku untuknya, apalagi menjelang anak tidur. Jadi hobi saya nambah lagi nih, mendongeng untuk Gen hehe. Saya dan Suami membelikan buku untuk Gen sejak bayi dan ditambah 4 buku anak yang didapat saat BBW Bandung lalu, cukup lah untuk beberapa tahun ke depan, soalnya saya nggak mau nimbun juga sih biar rumah nggak sumpek hehe. Nah, sebelum saya review buku anak, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu alasan kenapa orang tua harus membacakan buku pada anak:
    1. Membaca adalah cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan berbahasa anak-anak. 
    2. Membaca dapat meningkatkan imajinasi anak. 
    3. Membaca bersama dapat membuat anak mencintai buku. 
    4. Waktu bercerita menaikkan rentang memori dan perhatian. 
    5. Menumbuhkan ikatan antara orangtua dan anak.

    Ternyata membaca buku bersama anak itu banyak manfaatnya ya! Sekarang saatnya saya mengulas buku-buku Gen ya, semoga bermanfaat!

    Amazing Stories
    Sebenarnya sudah pernah di review, buku dwi bahasa ini bagus banget pesan moralnya cuma ada 1 kisah yang aneh karena tidak sesuai dengan fitrah anak yang mengajarkan pacaran. Selebihnya cerita dan ilustrasi cukup baik dan sangat menghibur Gen.

    Follow me in the jungle
    Ini merupakan board book impor yang belum pernah saya temukan di toko buku lokal. Isinya bagus banget, dengan ilustrasi sederhana, anak bisa ikutan tracing the line untuk membantu monyet menemukan arah. Gen juga jadi tau nama binatang besar dan kecil serta teori waktu.

    Favourite stories
    Merupakan buku dongeng terkenal khas luar negeri dimana menggunakan bahasa Inggris yang Inggris banget. Katanya sih kalau mau ngajarin bahasa Inggris ke anak pakenya buku bahasa Inggris impor, emang banyak kosakata baru yang jarang digunakan di Indonesia. Akan tetapi menurut Suami sih bahasa itu soal budaya jadi nggak harus buku impor untuk belajar bahasa Inggris. Karena ilustratornya 1 sehingga seragam dan mengandung hikmah yang bisa disampaikan ke anak.

    Architecture for babies
    Rasanya tepat sekali beliin buku ini untuk Gen karena ini seri profesi dan di dalam boaed book ini banyak gambar bangunan proyek dimana Gen senang sekali pada hal-hal yang berbau proyek. Ilustrasi sederhana dan bahasa Inggris yang sederhana pula.

    My Little World 321
    Board book dengan ilustrasi dan bahasa Inggris sederhana ini adalah buku untuk mengajarkan anak berhitung 1-5. Uniknya buku ini ada bolong-bolongnya gitu jadi Gen bisa bermain-main saat membaca buku. Gambar tentang luar angkasa juga sangat menarik untuk melatih imajinasi Gen.

    Buku bantal
    Ini dibeli saat Gen masih bayi, awet banget ternyata. Jadi buku karakter agar Gen bisa ngaca kalau nangis atau marah dia jadi jelek sedangkan yang satunya lagi adalah buku doa harian dari bangun tidur, makan, belajar, sampai mau tidur lagi. Ajaibnya Gen sudah mengerti alur cerita dan saya tidak boleh bosan membacakannya. Oh ya walaupun namanya buku bantal tapi Gen nggak pernah tidur di buku ini atau menjadikannya bantal karena anak cerdas tau dan bisa membedakan mana buku dan mana yang bantal untuk tidur :) 

    Membacakan buku pada anak bukan untuk mengajarinya cepat bisa membaca tapi agar anak gemar membaca buku sejak dini, kalau sudah cinta nggak usah dipaksa lagi kan? Demikian review buku balita, saya sebagai Ibu jadi merasa membaca buku bersama anak sangat besar manfaatnya karena Gen jadi lebih lancar bicara, daya tangkap cepat dan imajinasi nya bikin wow, setiap hari ada saja ucapan atau tingkahnya yang ajaib. Bagaimana parents sudahkah Anda membacakan buku untuk anak hari ini? Semangat!

    Baca juga:

    2 comments:

    1. Bukunya imut-imut banget Mbak. Bener, membaca baik sekali manfaatnya untuk perkembangan anak. Kebiasaan membaca sejak dini pastinya akan sangat baik untuk anak kedepannya.

      ReplyDelete
    2. Setuju teh kalau udah cinta mah gak udah dipaksa-paksa lagi. Perlu banget emang mengajarkan anak cinta membaca sejak kecil karena manfaatnya banyak seperti yang mami Gen utarakan di atas. Aku penasaran sama yang Buku Bantal. Pengen beliin buat ponakan hehehe

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES