• 28.9.19

    Inspirasi Rumah Artistik untuk Jiwa yang Haus Berkarya

    Inspirasi Rumah Artistik
    Inspirasi Rumah Artistik untuk Jiwa yang Haus Berkarya

    "Sumpek..." batin ingin berteriak, namun tidak bisa, karena malu sama Suami dan anak tentunya. 

    Beberapa bulan lalu saya sempat uring-uringan. Alasannya sepele, saya ingin melukis lagi, bahasa kerennya: Me time

    Saya sedih karena melukis butuh ruang dan waktu, sedangkan di satu sisi saya juga harus membersamai buah hati yang usianya baru 2 tahun. Coba melukis bersama anak? Tidak semudah itu sayang, daripada memarahi anak gara-gara lukisan saya diambil alih oleh tangan mungilnya yang suci, lebih baik saya biarkan dia eksplorasi seni sendiri. Suami juga lelah karena harus bekerja dan persiapan konser kala itu. 

    Sampai di hari Minggu yang cerah, saya minta izin sama Suami untuk titip anak sebentar, 2 sampai 3 jam saja. Beliau kemudian mengajak anak kami naik kereta ke Bandung. Apakah setelah Suami dan anak berangkat saya jadi melukis? Tidak. Saya hanya memandangi kanvas sebesar 70cm x 50cm tersebut. Penyakit Art block menyerang, saya nggak bisa melukis dalam keadaan tertekan dan sedih. 

    Akhirnya saya menatap sekeliling, rumah terasa sumpek sekali, kemudian saya mengambil bangku dan mulai mencopot lukisan demi lukisan hasil karya dari tahun 2015 sampai 2019. Saya juga berhati-hati sekali menurunkan lukisan-lukisan yang menghiasi tangga. Momen itu dramatis sekali, entah sedang PMS atau gimana, tapi rasanya kayak patah hati berkeping-keping gitu. 

    Tak terasa air mata mengaliri pipi, semakin perih bagaikan menahan luka yang belum terobati. Semua lukisan saya simpan dalam sebuah kota penyimpanan besar yang kini saya sebut kotak benda pusaka. Jangan tanya kapan lukisan saya dipajang lagi. Mungkin inilah yang sering diomongin orang, passion oh passion... 

    Lukisan Inspirasi rumah
    Lukisan sebagai penghias rumah

    Setiap keputusan pasti ada resikonya, ya, tapi kita tetap harus berpikir positif. Dampak yang saya rasakan ketika melihat dinding kosong dari lukisan adalah ruangan dan tangga kini terasa lebih luas, lebih terang dan nggak sumpek lagi. Ternyata terlalu banyak lukisan memang tidak baik bagi suasana hati, karena gemas sendiri dihantui perasaan berdosa: "Kapan kamu akan melukis lagi, San?" Setelah menyimpan kotak benda pusaka, saya kembali beres-beres dan menyetrika seragam Suami untuk ke kantor (teteup ya lagi sedih juga inget setrikaan lol). 

    Karena lelah, saya tertidur lama sampai anak membangunkan, "Mami... Mami... bangun...". Kemudian saya sadar, apakah saya sedang mengalah? Tidak, saya sedang belajar ikhlas agar bisa mengimbangi Suami dan fokus menata "rumah". Tak apa jika belum bisa rutin berlatih melukis, nanti ketika anak sudah besar saya bisa melanjutkannya lagi. Saya bangkit dan memeluk Gentra, meminta maaf tidak menemaninya bermain dan senyumannya membuat sedih saya tiba-tiba menghilang. 

    Seminggu, dua minggu berlalu saya mulai terbiasa dan nyaman ketika mata tidak sibuk dengan pemandangan lukisan yang menempel di dinding. Suami juga bilang kalau ruangan menjadi lebih lapang, namun Suami menyarankan agar tetap memanjang satu atau dua lukisan agar ruangan lebih berwarna. Bukankah kita harus dikelilingi oleh benda-benda atau hal yang disukai? Ternyata bermain dekorasi sangat menyenangkan, ya! Apabila rumahnya tidak terlalu besar, kita juga dituntut untuk kreatif dalam mewujudkan rumah impian. 

    Inspirasi Rumah Artistik
    Inspirasi Rumah Artistik 

    Kalau ditanya ingin punya rumah impian seperti apa? Saya akan menjawab ingin rumah tipe White House yang serba putih cling gitu dari luar, namun bagian dalam rumah tetap berwarna supaya penghuninya juga terbawa ceria. Apalagi saya kan tiap hari ada di rumah ya, saya lah yang pertama kali harus betah karena prinsipnya kan: happy wife happy life. Nah, soal dekorasi rumah, Suami sih ngebebasin saya berkreasi, beliau menjemput rezeki saja dan tahu beres hehe.


    Ruang tamu
    Ruang tamu

    Sejak menikah, saya ingin langsung memiliki rumah, tapi di rumah Mertua tidak ada anaknya yang menemani selain Suami dan tempat kerja Suami juga dekat. Jadi, saya bersyukur saja karena tinggal disini sangat strategis, lagipula kami punya "ruang sendiri dan dapur sendiri" sehingga saya betah tinggal di Istana Mertua indah. Sebelumnya ruang tamu terlihat monoton, namun kemudian saya pajang dua lukisan agar lebih berwarna. Hampir semua orang yang berkunjung selalu bilang rumah kami adalah rumah Seniman. 

    Selain ruang tamu, ruang berkarya juga harus memberikan kenyamanan ekstra karena kami adalah passionable couple. Suami punya beragam alat musik dan home recording, sedangkan saya juga punya peralatan lukis dan kalau melukis butuh keleluasaan, kan Ternyata meskipun tiga bulan tidak melukis, saya tidak kehilangan naluri seni sehingga berhasil menyelesaikan sebuah lukisan besar berjudul "Dreamy clouds"  yang merupakan perpaduan warna pastel seperti merah muda, biru muda, ungu muda dan putih.

    Cukup satu lukisan besar saja bisa menambah energi positif di rumah, tentunya saya pajang di ruang berkarya berseberangan dengan alat musik milik Suami. Sedangkan disebelah kanan yang biasanya ada 4 lukisan berseri, diganti dengan foto keluarga agar saya selalu bersyukur dan foto-foto dengan memori terindah ikut dijajarkan rapi sebagai pemanis suasana.


    Inspirasi rumah

    Inspirasi Rumah Artistik

    Kami rasa masih ada yang kurang dan saat scrolling Instagram, di Artist room juga terdapat meja kerja  untuk kebutuhan karya digital. Tapi bingung nih meja kerja seperti apa ya, yang sesuai dengan konsep home decor-nya? Kebetulan setelah tragedi kotak benda pusaka, paling enak Istri diajak belanja, ya kan? Kami nongkrong di Dago dan nggak lupa belok ke surga furnitureInforma


    Informa


    Ternyata Informa tuh selain di Living Plaza Dago, punya store lain di Bandung yaitu Plaza IBCC, Living Plaza Pasirkaliki dan Apartemen Gateway Pasteur. Lokasi Informa mudah dijangkau karena selalu berada di daerah yang strategis. Selain store yang tersebar di seluruh Indonesia, produk yang dijual di Informa juga bisa dibeli secara online

    Hal-hal yang kami sukai dari Informa itu tempatnya sudah pasti bersih dan modern, produknya lengkap dan kekinian, jadi nggak ketinggalan zaman gitu guys! Informa menyediakan berbagai macam produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan mulai dari produk untuk kamar tidur, kamar mandi, dapur, kantor, hingga aksesoris rumah tangga. Selain itu, keuntungan jadi member Informa adalah gratis biaya pengiriman hingga bayar pakai poin. Menarik sekali bukan? 


    Informa

    Inilah yang kami cari! Informa menawarkan 4 gaya inspirasi Home Decor yaitu:
    1. Glamourous Deco untuk yang suka nuansa mewah dan anggun. 
    2. Neo Deco Candy untuk suasana rumah yang ceria, kekinian dan instagramable. 
    3. Graphical Pop untuk pecinta seni yang butuh sentuhan artistik. 
    4. Solid Harmony untuk yang aktif dan dinamis. 

    Awalnya saya suka gaya Neo Deco Candy karena bisa menjadikan rumah banyak spot selfie hehe, secara warna pastel itu Sandra banget! tapi supaya warna pastel-nya lebih seimbang, saya  akhirnya memilih Graphical Pop yang langsung disetujui sama Suami. Kenapa sih terinspirasi dari Graphical Pop?
    • Karena minimalis tapi nggak ngebosenin. 
    • Kita bisa bikin konsep ruang tamu yang artsy dan modern dengan perpaduan furnitur berwarna monokrom dengan aksesoris berwarna pastel. 
    • Warna pastel juga bagus untuk kamar tidur anak supaya tidur nya lebih nyenyak. 
    • Pajangan motif print bisa cocok bersanding dengan foto atau lukisan saya. 


    Informa
    Graphical Pop

    Melihat konsep home decor Graphical Pop membuat kami tambah semangat lagi untuk berkarya. Apalagi meja kerja dan lemari minimalisnya itu lho, terlihat bersih dan rapi. Dengan Graphical Pop, warna pastel dan monokrom akan berpadu indah di rumah. Oh ya, menata ulang hunian emang sangat memengaruhi mood penghuni rumah, terutama saya. Sekarang jadinya lebih santai, kalau sempat melukis, kalau belum ya tinggal tunggu perfect timing saja. 

    Demikianlah pengalaman bermain dekorasi dan inspirasi rumah artistik untuk jiwa yang haus berkarya. Jikalau teman-teman masih bingung mencari pernak-pernik dan inspirasi rumah, bisa langsung kunjungi store Informa terdekat dan dapatkan berbagai kejutan spesial untuk inspirasi gaya hunian terbaru!

    20 comments:

    1. Waduuhhh,,sampe kebayang sedihnya dirimu beb,aku jd ikut sedih bacanya,
      Tapi berkahir dg happy ya, Alhamdulillah,jd ikut bahagia setelahnya,.
      Dan aku suka bgt ih sm lukisanmu,meski sebelumnya merasa sedih,tp tetap bisa menghasilkan karya yg indah dan bikin adem hati 😇

      ReplyDelete
    2. Semua gaya yang ditawarkan Informa cantik-cantik yaa, teh..
      Aku jadi bingung...
      Tapi kalo milih..suka yang Neo Deco Candy. Warna-warna pastelnya bikin happy..

      ReplyDelete
    3. Dekorasi rumah mbak Sandra terasa sekali kalau penghuninya adalah pekerja&penikmat seni. 😍😍😍

      Saya juga baru tahu setiap dekorasi itu nama dan fungsinya ternyata beda beda yaa.

      ReplyDelete
    4. Waa keren banget yaa.. pake informa rumah bs disulap sedemikian rupa sesuai keinginan kita.. keren pokonya..

      ReplyDelete
    5. pasti betah kalo rumah cantik dan rapi begini. Keren dan kreatif mba

      ReplyDelete
    6. Gak tau kenapa bacanya aja aku ikutan pedih dan patah hati teh. Lukisannya dimasukin ke kotak benda pusaka hiks. Tapi yang dreamy clouds itu gusti cakep banget, indah.
      .
      Ehehe aku suka yang NEO DECO CANDY teh, gemes sama warna warni pastel. Dan ku setuju sama teteh, rumah itu harus simpel luarnya, ceria di dalemnya. Aku naksir banyak furnitur dan aksesoris rumah di INFORMA ya ampuun. Cakep-cakep. Member diuntungkan sekali ya dengan INFORMA rewards bisa gratis biaya pengiriman dan juga bayar pake poin :))

      ReplyDelete
    7. Teteh bisa menggambar jadi bisa buat untuk dekorasi rumah ya, teh :)
      Aku juga suka banget dengan gaya Graphical Pop, yang bisa memadukan minimalis dengan warna pastel dan artistrik :)

      ReplyDelete
    8. Waaah art dan musical banget, aku juga sebenernya suka ngelukis tapi ko kalo pajang-pajang dirumah kurang pede ya majangnya hehe

      ReplyDelete
    9. Menurutku lukisan bisa bikin ruangan semakin hidup. Semoga bisa melukis lagi ya tteh,

      ReplyDelete
    10. iya banget, harus bersyukur tinggal dimanapun, termasuk di pondok mertua indah

      Ladang pahala ya ?

      ReplyDelete
    11. Di rumahku juga banyak bgt lukisan san, entah suami dpt darimana itu lukisan, tp karna aku kurang paham sama seni lukis aku anggap lukisan di rumah byk yg absurd wkwkwk (peace), selain itu hiasan dindingnya juga byk, ada wayang, topeng2 dr kayu, kepala rusa, aku pusing, rumahku kaya museum san hahaha

      ReplyDelete
    12. Semangat teh meski tinggal di rumah mertua. bagiku mereka adalah orang-orang yang kuat :"

      inspirasi graphical pop informa cocok banget dipadupadankan dengan lukisan-lukisan teteh. semoga nanti punya rumah yang diidamkan yaa

      ReplyDelete
    13. Wah sama2 seniman jd klik ya mendekorasi rmh sesuai passion. Klo k Informa bikin kalap heheh

      ReplyDelete
    14. di rumahku boro-boro ada lukisan teh wkwkwk duh minta satu teh jangan dimasukin kotak pusaka :D

      aku mah jiwa seninya minim ya ruangan lega tapi beneran kosong :D

      ReplyDelete
    15. Seru ya..kalo punya hobi melukis kita bisa pajang hasil lukisan kita di rumah😍. Berhubung dinding rumahku masih banyak yg kosong, saya juga mau lho punya lukisan karya kak Sandra #eh 😊..

      ReplyDelete
    16. wah kalau aku pintar gamabr kayak mbak aku bikin lukisan sendiri deh

      ReplyDelete
    17. Aku paling suka tuh ke Informa yang di Living Plaza dan Plaza Dago. Deket sama tempat terapi Al. Jadi sambil nunggu, sambil cuci mata atau belanja peralatan dapur. Hihih.

      ReplyDelete
    18. Ruang tamu saya bersih mbak. Gak ada lukisan satu pun. Tapi lantai 2 kami punya satu dinding khusus yang buat menempel apa aja. Dari foto, lukisan, sampai piagam penghargaan

      ReplyDelete
    19. MasyaAllah senengnya bisa ngungkapin perasaan lewat melukis, hal yang dilukisnya pun bisa menggambarkan suasana hati pelukisnya iya ga teh? ☺️ Seneng ruang tamunya simpel, cantik, dan ada pajangan lukisan hasil karya sendirinya.

      ReplyDelete
    20. Keren ya rumah dikasi hiasan lukisan gitu jadi nampak artistik banget, emang beda yah kalau rumah orang yang paham seni.

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES