• 17.7.18

    Akhir Pekan Berpetualang di Taman Wisata Pakuhaji



    Dear Travelmate, seperti biasa keluarga kecil saya sering gagal mager di rumah kalau hari Minggu, pasti saja ada cerita jalan-jalan kemana. Seperti akhir pekan lalu, setelah puas makan di Ongkog Lohor, nggak ada rencana, Papi tiba-tiba membelokan motor ke Jalan Haji Gofur, terciptalah ide dadakan bermain ke Pakuhaji.

    Sebenarnya, nama tempat wisatanya adalah Wisata Kuda dan Warung Liwet Pakuhaji, yang beralamat di Jl. Haji Ghofur Km.4, RT02/RW10, Pakuhaji, Ngamprah, Pakuhaji, Ngamprah, Kabupaten BandungBarat, Jawa Barat 40552. Yup! Deket banget sama tempat tinggal kami, untuk menuju kesana, baik dari arah Padalarang atau Cimahi/Bandung, kalian tinggal mencari patokan RM Padang Kiambang Raya, nanti di seberang ada Kantor Desa Gadobangkong,  nah masuk ke jalan Haji Gofur sebelah kantor Desa tersebut. 

    Perjalanan kesana mengingatkan saya saat akan melahirkan Gentra, dimana pagi itu sudah pembukan 7 ke 8 saya menahan nyeri ingin mengejan di dalam Taksi online, mirip adegan Sinetron lol, yang menuju Rumah Bidan Wisdy hehe. Memang, Jalan Haji Gofur ini sempit dan naik turun gunung, Wisata Pakuhaji sendiri merupakan taman hiburan keluarga yang terletak di dataran tinggi, kaki gunung antara Cimahi dan Lembang Bandung Barat, jadi tempat wisata ini juga bisa diakses dari Cisarua Lembang.

    Sumber:Travellink Indonesia 

    Kami sering melewati tempat ini, tapi baru sempat setelah punya anak dan waktu operasionalnya hanya saat weekend alias Sabtu dan Minggu saja. Saat sampai, kami disambut oleh pintu gerbang berhiaskan patung kuda nan gagah, ekspektasi saya sih yang namanya Wisata Kuda itu sejenis De'Ranch di Lembang, ada padang rumput luas dihiasi kuda-kuda yang siap ditunggangi pengunjung.


    Ternyata... Haha tiket masuknya murah banget! Hanya Rp 5000/orang, jadi kami bayar Rp 13.000/berdua sudah termasuk parkir motor. Apalagi kata Tetangga yang sudah kesana, awal tahun 2018 hanya Rp 3000 namun sekarang ada perubahan dan renovasi di beberapa arena. Untuk menaiki beragam wahana tinggal membeli tiket terusan yang menurut kami masih terjangkau dan masuk akal, dibanding wisata selfie imitasi yang ternyata menjiplak LACMA dan Artist Jepang Yayoi Kusama. 


    Setelah memarkirkan motor, kami berjalan melewati para Pedagang, kemudian disambut oleh kuda yang sedang sibuk ditunggangi pengunjung, anak dan dewasa. Coba tebak ada berapa kudanya? Hanya dua saja ternyata haha, mungkin pemberian nama Wisata kuda hanya sebagai branding semata, ya sah-sah saja sih yang penting murah meriah dan dekat rumah hehe.


    Oke, saya menawarkan Papi dan Gen naik kuda tapi Papi tidak mau huhu, yasudah kami berkeliling arena dengan hati riang gembira, kapan lagi ada tempat wisata super hemat di tempat sejuk kayak gini hihi. Gen seneng banget lihat kuda, Gen kan sudah bisa ngomong kuda, sambil tersenyum. Selanjutnya kami menuju sangkar-sangkar burung, wah sudah seperti kebun binatang mini ya, ada Merak yang sumpah waktu ekornya dikibarkan, elok banget lah pemandangannya, Subhanallah indah sekali ciptaan Tuhan. Oh ya, saya juga baru tahu kalau Merak cantik berekor panjang itu jantan, sedangkan yang berekor pendek itu betina. Di sebelahnya, ada Merak Putih yang anggun menyatu dengan burung-burung kecil yang bersuara merdu.














    Setelah dari sangkar Merak, kami juga melihat Ayam dan Burung-burung langka yang beberapa diantaranya pernah dilihat di Taman Balaikota. Menuju keatas ada kandang monyet, musang dan kura-kura. Saya melihat Bianglala, sayang tidak beroperasi padahal pasti keren banget melihat pemandangan Cimahi dari atas dataran tinggi.









    Kemudian ada area luas untuk bersepeda, wahana Balon air, pasir putih dan rumah-rumah lucu ala Bondi Beach. Disini juga ada aneka permainan gratis seperti ayunan dan perosotan, karena Gen digendong Hipseat jadi tidak sempat mencobanya. Setelah berkeliling kami mulai lelah, jadi membeli minuman serta snack yang dimakan di saung atau gazebo. Harga menu nya yang paling mahal Paket timbel komplit Rp 35.000/porsi. Dekat saung ada aula untuk beragam acara seperti Reuni atau Halal Bihalal setelah lebaran, disediakan juga Mushola dan Toilet.







    Disini juga ada wahana ATV, outbond, kolam renang dan flying fox untuk anak maupun dewasa. Insya Allah nanti mau kesini lagi untuk berenang bersama saudara Gen. Yang lucu disini adalah wahana Becak Motor, dimana Motor gede mengangkut pengunjung yang biasanya Ibu-ibu mengelilingi area wisata. Kebayang dong, naik motor ngebut di jalan yang berundak-undak, Ibu-ibu pada jejeritan, adapula yang bawa bayi sampai nangis kejer, nggak lupa ada juga yang sambil Insta Story biar tetap eksis kayak Selebritis haha.








    Terakhir, kami bersantai di lantai 2 Cafe/Restoran, unik sih kalau makan sambil main ayunan memandangi kuasa Tuhan yang begitu indah dan menakjubkan. Waktu sudah menujukkan pukul 4 sore, kami pulang sambil tersenyum puas karena cuaca sangat cerah, sejuk, pengunjung tidak terlalu ramai meskipun sedang liburan anak sekolah. Seneng deh Mami dan Papi bisa ajak Gen jalan-jalan, apalagi banyak area hijau dan Kids Friendly. Sampai jumpa di petualangan selanjutnya...

    39 comments:

    1. Long time ago pisan dulu sering ke Haji Gofur, sekarang mah boro-boro hahaha
      Luar biasa perkembangan pariwisatanya ya ceu berkembang pesat sejak ditinggalin aku 😂😂

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ecieee yg sering ke Haji Gofur... #kabuur hahahahah XD

        Delete
      2. Hayu atuh kesini lagi ceu😂🤗

        Delete
    2. Terus ga jd naik kuda mom? Yahh padahal seru banget loh keliling naik kuda hihi aku pernah waktu kecil hihihi.
      Di Bandung byk t4 wisata yg HTMnya terjangkau yah, cocok buat liburan pas weekend ahhh aku pengen tinggal di Bandung jugaaaa

      ReplyDelete
      Replies
      1. Gajadi cz papinya gamau hahha btw klo k Bandung kabari yes

        Delete
    3. Aku pernah ke sana Bun dulu bareng murit-murit sekali. Tapi dulu arena permainannya belum sebanyak sekarang

      ReplyDelete
    4. Mau kesana ah pan kapan hahahaha :D kayaknya seru yang penting murmer soalnya kalau di Bandung yg kayak gini sekarang dan mahal :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya di Bandung mah gakan dapet htm 5k hahah

        Delete
    5. Merak oh merak kapan aku bisa melihatmu secara nyata, pengen liburan ke sana seru tuh sepertinya.

      ReplyDelete
    6. xixixi senengnya liat gen yang unyu2 gitu,, kayanya seneng gen diajak ke alam2 ya kak Sandra, pengen main ke wisata pakuhaji kayanya rame dan murah meriah yaa.. cocok bawa anak untuk bermain wisata dan mengenal alam ya kak

      ReplyDelete
      Replies
      1. Yoyoi kak nanti anak kita playdate yaaa

        Delete
    7. Deket rumahku, nih. Sempat sepi dulunya, sekarang makin bagus ya

      ReplyDelete
    8. Sempat pernah lewat sih satu tahun yang lalu...Tapi belumbelum pernah masuk.. Dan melihat gambar2 diatas ternyata suasana dalamnya cukup menarik Dan Fantastis ...Jadi penasaran kepingin ke Paku Haji...😄😄

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hihi saya juga baru sekali dan ingin kesana lagi ajak anak berenang🤗

        Delete
    9. Wow lengkap ya wahananya dan htm cuma limarebu, tinggal ngagajleng ya. Hahahaha gpp gagal mager kalau kesini mah. Btw ongkog lohor masih aja dibahas ya alloh aku pan jd inget lagi. Huaaaaaaaaaaa mewek pojokan

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya Teh di bandung mah udah macet n mahal😂

        Delete
    10. Wah saya jadi mupeng nih pengen ke pakuhaji juga, photoable pisan yah

      ReplyDelete
    11. Belum pernah ke sana nih. Mau ah kapan-kapan ngajakin anak-anak ke sana

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pasti seru piknik n botram sekeluarga😂

        Delete
    12. wah... pakuhaji jadi beda banget sekarang.
      Dulu mah asa suram dan gitu2 aja. haha
      aku jadi penasaran dan pingin main ke sana lagi =))

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya sekarang udah banyak banget perumahan teh

        Delete
    13. asyiiik Gentra halan-halan euy. Paku Haji udah ya dekeeet buat kita yg di Cimohay Land, terus muraaah

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahahha cimohay land, i feel u kak

        Delete
    14. Buat ngajak anak asik banget tempatnya. Gak bikin menjerit isi dompet juga tiketnya

      ReplyDelete
    15. keren banget itu burung meraknya, next mesti ajak ponakan kesini nih

      ReplyDelete
    16. Tiket masuknya murah pisan yah, areanya luas juga, cocok pisan buat liburan keuarga segambreng hehehe..acara filedtrip anak TK juga bagus kayaknya, jadi penasaran pengen ke sana

      ReplyDelete
    17. Dulu sering ke sini waktu anak2 masih kecil, sekarang sudah besar sudah ga pernah ke sini lagi ada yg berubah sedikit-sedikit.. :)

      ReplyDelete
    18. Belum pernah ke wisata paku haji. Jadi pengeen. Pasti Aska seneng ☺️ makasih infonya teh

      ReplyDelete
    19. wahh tempatnya seru banget buat liburan keluarga dengan anak-anak ya.. banyak fasilitas permainanannya

      ReplyDelete
    20. Bandung harusnya bikin wisata alam sebanyak-banyaknya yaa..
      Mengeksplor apa yang ada, karena itulah uniknya Bandung.

      ((hahha...gegara teh Sandra bahas plagiasi seni tea))

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES