• 23.9.19

    Benarkah Asuransi Kesehatan Bermanfaat Bagi Karyawan?

    Benarkah Asuransi Kesehatan Bermanfaat Bagi Karyawan?

    Dear readers, kesehatan sangatlah penting untuk dijaga karena dengan memiliki tubuh sehat, kita dapat melakukan kegiatan dengan lancar dan bekerja dengan produktif. Merawat kesehatan pun sejatinya lebih mudah daripada menyembuhkan penyakit.  Menurut laporan yang dirilisoleh Mercer Marsh Benefits tentang Medical Trends Around the World 2018, inflasi biaya medis secara global rata-rata meningkat hingga 9,1% di tahun 2018 lalu dengan dampak terbesar pada biaya pengobatan penyakit migrain, kanker dan autoimun; dan pada tahun 2019 ini, diprediksi biaya medis akan meningkat lebih tinggi. Dengan semakin mahalnya biaya perawatan dan penyembuhan penyakit, salah satu cara untuk menjaga dan mengantisipasi biaya finansial jika terkena penyakit adalah memiliki asuransi kesehatan. 

    Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang dapat memberikan proteksi finansial terhadap pemegang polis. Ketika sang pemegang polis mengalami sakit dan atau kecelakaan, asuransi kesehatan akan menanggung biaya kesehatan bagi pemegang polis. Manfaat proteksi yang bisa diperoleh dari asuransi kesehatan akan diberikan sesuai ketentuan yang tercantum dalam polis. Pada umumnya, asuransi kesehatan dapat memberikan perlindungan finansial ketika seseorang harus menjalani pengobatan rawat jalan dan/atau rawat inap.

    Mayoritas perusahaan memberikan paket tunjangan kesehatan kepada para karyawannya. Namun, mengapa asuransi kesehatan sangat penting bagi karyawan? Berikut ini beberapa alasannya:

    1. Melindungi risiko finansial dan menghemat biaya
    Pembayaran premi asuransi yang setiap bulan dibayarkan perusahaan untuk pegawainya merupakan salah satu cara untuk mengelola risiko kesehatan dan atau kecelakaan yang terjadi dengan tiba-tiba. Tidak ada yang akan tahu kecelakaan dan atau penyakit yang datang tiba-tiba akibat faktor x, walaupun sudah menerapkan gaya hidup sehat, namun bukan berarti seseorang bisa 100% terbebas dari segala bentuk penyakit. 

    Memiliki asuransi dapat membantu untuk meminimalisir biaya finansial untuk perawatan dan penyembuhan, serta akan meringankan beban yang ditanggung oleh perusahaan apabila karyawan jatuh sakit dan/atau apabila terjadi sesuatu pada karyawan. Biaya premi untuk perusahaan bisa lebih rendah dari asuransi sejenis untuk individu.


    2. Meningkatkan loyalitas karyawan
    Memiliki asuransi kesehatan secara tidak langsung membuat kehidupan pegawai yang bekerja menjadi lebih tenang dan loyalitas terhadap perusahaan juga akan meningkat. Tabungan yang disisihkan pun bisa digunakan untuk keperluan lain yang tidak kalah penting. Karyawan merasa nyaman karena segala macam risiko kecelakaan kerja ataupun kesehatan keluarganya telah dijamin oleh perusahaan, sehingga ketika penyakit datang, tidak perlu memakai uang tabungan untuk biaya perawatan dan penyembuhan.


    3. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja
    Tuntutan pekerjaan yang begitu besar membuat kesehatan mental para karyawan seringkali tertekan dan menjadi tantangan serius bagi banyak perusahaan di Indonesia. Fasilitas berupa asuransi kesehatan bisa menjadi dampak positif bagi psikologis seorang karyawan agar dapat lebih tenang dan fokus bekerja tanpa harus memikirkan permasalahan yang mungkin terjadi seperti tanggungan biaya kesehatan.


    4. Perawatan kesehatan
    Polis asuransi biasanya memiliki ketentuan dalam pertanggungan biaya perawatan maupun pengobatan penyakit yang diderita tertanggung asuransi. Jika pemilihan produk asuransi tepat di awal, maka pelayanan dan kualitas medis yang akan didapatkan para pegawai pun akan berbanding lurus dengan premi yang dibayarkan. Sehingga pegawai Anda bisa mendapatkan perawatan yang nyaman dengan biaya yang sangat ringan sampai gratis.


    Kebutuhan tunjangan manfaat kesehatan di setiap perusahaan bagi karyawan biasanya berbeda. Jika ingin meninjau apakah tunjangan kesehatan yang diberikan ke karyawan sudah tepat atau ingin menentukan program tunjangan manfaat kesehatan karyawan yang tepat, perusahaan bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke broker asuransi yang bisa membantu untuk merancang program asuransi terbaik, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya!


    Baca juga yuk:


    No comments:

    Post a Comment

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES