• 6.9.19

    Cara Menyusui yang Benar Untuk Bayi Baru Lahir

    Cara menyusui yang benar
    Cara menyusui yang benar

    Dear Moms, menyusui menjadi hal wajib yang harus seorang ibu lakukan pada si kecil. Proses menyusui ini bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan atau bahkan menyakitkan. Tentunya menyakitkan apabila ibu tidak melakukannya dengan benar. Ada beberapa hal yang harus ibu perhatikan agar bayi mendapat nutrisi dari ASI yang diberikan.

    Jadi, tidak bisa sembarangan saja menyusui bayi yang ibu lahirkan. Meski begitu, menyusui bukanlah sesuatu yang mudah terutama jika hal itu dilakukan untuk pertama kalinya. Pasti ada sedikit kecanggungan dan perasaan tidak nyaman yang akan dirasakan oleh setiap ibu yang baru saja melahirkan. Namun, bunda tidak perlu khawatir lagi karena perasaan tersebut akan hilang seiring dengan berjalannya waktu. Di bawah ini ada beberapa hal yang harus bunda perhatikan saat pertama kali melakukan proses menyusui, di antaranya adalah:

    • Proses Pelekatan
    Proses yang satu ini adalah tahap yang penting dalam cara menyusui yang benar. Pelekatan yang sempurna akan menghindarkan bunda dari rasa sakit yang dirasakan serta dapat membantu bayi mendapatkan nutrisi pada ASI yang seharusnya. Pelekatan yang benar dan sempurna adalah ketika mulut bayi menutupi seluruh areola atau bagian kecoklatan di sekitar puting.

    Teruslah mendorong bayi untuk melakukan pelekatan dengan sempurna agar bayi bisa kenyang. Ketika ibu baru merasakan sakit saat menyusui pertama kalinya, maka jangan panik dan ketakutan. Tetap tenang dan terus lakukan proses pelekatan dengan baik agar nantinya tidak sakit lagi.

    • Memilih Posisi Senyaman Mungkin Saat Menyusui
    Pada cara menyusui yang benar, tahap kedua adalah memilih posisi yang senyaman mungkin agar para ibu tidak merasa kelelahan. Menyusui bayi baru lahir terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan bisa lebih dari 20 menit. Untuk itu, para ibu sudah seharusnya mencari posisi yang nyaman ketika akan menyusui agar tidak cepat lelah.

    Ibu bisa mencoba berbagai posisi menyusui yang sudah dianjurkan oleh bidan atau dokter. Posisi menyusui tersebut bisa dengan berbagai cara. Seperti bersandar, berbaring miring, dan sebagainya. Intinya adalah sesuaikan dengan kenyamanan ibu dan bayi selama proses menyusui ini berlangsung.

    • Melakukan Konsultasi
    Apabila ibu merasa sudah melakukan cara menyusui yang benar, namun masih memiliki beberapa keluhan. Maka sudah seharusnya ibu melakukan konsultasi kepada ahlinya. Ibu bisa mulai melakukan konsultasi kepada bidan, dokter atau bahkan konsultan laktasi apabila ibu memang memerlukannya. Tidak perlu malu dan merasa buruk hanya dengan melakukan konsultasi, karena jika keluhan yang ibu alami tidak segera ditangani, hal tersebut akan berdampak pada ibu dan bayi sendiri.

    Menyusui memang bukan proses yang mudah, tapi memberikan ASI eksklusif pada bayi memiliki banyak manfaat. Seperti meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah dari penyakit dan lain sebagainya. Untuk itu, jika masih bisa sebaiknya ibu tetap tenang dan bersabar dalam hal memberikan ASI ini. Jangan terlalu lelah dan stres, karena bisa menghambat kelancaran ASI itu sendiri. Ibu yang menyusui harus bisa berbahagia agar ASI yang dikeluarkan terus lancar.

    Demikianlah pembahasan mengenai cara menyusui yang benar dan dapat ibu praktekkan di rumah. Tetap semangat mencoba dan jangan putus asa. Sebab, ASI adalah nutrisi yang baik bagi bayi dan mengandung banyak sekali nutrisi penting. Itulah mengapa 6 bulan pertama bayi baru lahir dianjurkan sangat hanya mengonsumsi ASI saja daripada makanan pendamping lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu para ibu muda dalam mengASIhi sepenuh hati! Salam. 

    1 comment:

    1. setuju banget bahwa ASI adalah nutrisi yang baik bagi bayi dan mengandung banyak sekali nutrisi penting :D

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES