• 1.10.19

    Pengalaman Berkunjung ke Tempat Wisata Seni di Bandung

    Pengalaman Berkunjung ke Tempat Wisata Seni di Bandung

    Dear sobat Travelers, salah satu impian terbesar saya sebagai Guru adalah ingin keliling dunia sambil mengajar Seni kepada anak-anak secara GRATIS! Saat hamil Gen, saya masih sempat melukis. Ketika sudah melahirkan saya mulai dilanda keresahan. Ungkapan seperti pemandangan hanyalah pintu, memang benar adanya. Pergi membeli telur ke Supermarket saja, sudah dinamakan liburan. Impian? Oh mulai kabur karena harus mengimbangi Suami dan menata "rumah". 


    "Berkarya setelah punya anak itu nggak mudah guys, salah satu cara mengobati rasa haus berkarya adalah dengan berkunjung ke tempat wisata seni..."

    Ketika bola mata beradu dengan lukisan Sang Maestro, memang terasa lebih magis. Berinteraksi dengan para Seniman menumbuhkan semangat baru yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Berbeda jika kita hanya melihat karya Artist di layar sosial media, ada rasa pilu yang menyeruak, ingin seperti ini, ingin seperti itu, kapan seperti ini, kapan sebagus itu. Merasa tidak aman dan terlalu banyak khawatir karena selalu membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain.


    Sedangkan jika kita berkenalan dengan Senimannya secara langsung, ternyata lebih nyaman karena mereka begitu humble, low profile dan tidak pelit berbagi ilmu. Jadinya, saya langsung tersadar bahwa saya tidak boleh membandingkan karya saya dengan karya orang lain. Saya boleh belajar dari mereka, tapi tidak boleh khawatir berlebihan karena sejatinya lukisan karya saya hanya berhak dibandingkan dengan karya saya di masa lampau. Suatu hari saya juga bisa melukis lebih baik dengan rajin dan fokus berlatih. 


    Berkunjung ke tempat wisata seni tidak harus selalu sendiri, kini kita bisa membawa keluarga agar tercipta pengalaman seru yang menakjubkan. Keluarga kami memang memiliki prinsip jalan-jalan dengan: "Traveling with value" dimana saat berkunjung ke suatu tempat, harus berbagi atau ada yang bisa diambil menjadi inspirasi untuk karya-karya selanjutnya. Selain tempat wisata alam dan sejarah, kami juga sering mengunjungi tempat wisata seni, terutama yang berlokasi di Bandung dan sekitarnya. Banyak sekali manfaat yang kami rasakan ketika berkunjung ke tempat wisata seni, misalnya:
    1. Menambah wawasan tentang dunia seni baik rupa maupun musik. 
    2. Bisa belajar dari pengalaman para Seniman maupun mempelajari teknik yang dimiliki oleh masing-masing Seniman. 
    3. Menebak dan menikmati pesan apa yang ingin disampaikan oleh para Seniman. 
    4. Mengajarkan anak supaya tertib, menghargai karya seni orang lain dan mengikuti peraturan yang berlaku di setiap tempat yang dikunjungi.
    Nah, berikut ini adalah pengalaman berkunjung ke tempat wisata seni yang ada di Bandung, enjoy!

    Selasar Sunaryo Art Space

    • Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) 
    Selasar Sunaryo ini adalah salah satu tempat kencan favorit kami sejak zaman kuliah dulu. Karena berada di dataran tinggi Dago, membuat tempat ini begitu sejuk apalagi jika berkunjung di malam hari. Kami sering melewati kencan dengan melihat pameran lukisan, instalasi, patung dan petunjukan musik disini. SSAS juga memiliki Kopi Selasar yang bisa dinikmati pecinta kopi dan tak jauh dari SSAS, terdapat tempat wisata seni yang bernama Wot Batu yang juga merupakan hasil karya Maestro Pak Sunaryo.

    Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198

    • Saung Angklung Udjo (SAU) 
    Siapa yang tak kenal alat musik asli Indonesia yang bernama Angklung? Jika berkunjung ke Bandung, jangan lupa bermain Angklung ya! Rombongan Bis Pariwisata datang setiap hari ke SAU untuk bermain Angklung, bahkan pengunjung dari luar negeri juga begitu antusias bermain alat musik tradisional asal Jawa Barat ini. Nuansa lokal dan kesejukan SAU ini bakalan bikin betah berlama-lama. 

    Alamat: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Bandung, Jawa Barat 40192


    • Nu Art Sculpture Park
    Adakah diantara Travelers yang pernah berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang ada di Bali? Nah, workshop pembuatan patung tersebut ada di Bandung. Galeri Nu Art ini milik Pak Nyoman Nuarta, Maestro patung asal Bali yang sudah lama menetap di Bandung. Di Nu Art, pengunjung bisa menikmati berbagai patung karya Pak Nyoman yang sangat unik dan menggelitik. Disini juga sering diadakan berbagai acara seni seperti pameran lukisan, pertunjukan seni tari dan kami juga pernah ikut nonton bareng film sambil diskusi dengan para sineas film tanah air. Area gedung yang megah  dan modern, dikelilingi taman patung, membuat Nu Art Sculpture park sangat sayang untuk dilewatkan. 

    Alamat: Jl. Setraduta Raya Blok L 6, Ciwaruga, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40151


    • Museum Barli
    Jika teman-teman pecinta lukisan realis, pasti akan mengenal sosok Maestro lukis asal Bandung yaitu Bapak Barli Sasmitawinata yang karya-karyanya tersimpan di Museum Barli. Uniknya lagi, Museum ini pernah menjadi tempat syuting film Ketika Tuhan Jatuh Cinta, dimana terdapat scene Reza Rahadian memerankan tokoh Fikri, seorang Seniman Pelukis Pasir yang mengadakan pameran lukisan di Museum Barli. Oh ya, Museum Barli kini memiliki cafe bernama Kopi Barli yang tempatnya tak kalah kekinian.

    Alamat: Jl. Prof. Dr. Sutami No.91, Sukarasa, Kec. Sukasari, Bandung, Jawa Barat 40152

    Bale seni Barli


    • Bale Seni Barli 
    Pak Barli Sasmitawinata juga mendirikan Bale Seni Barli di kota Baru Parahyangan, tempat ini cocok sekali untuk rombongan pelajar yang ingin belajar Seni di kota Bandung. Anak-anak sampai dewasa bisa melukis di berbagai media, belajar membuat batik ikat celup yang semuanya bisa dibawa pulang! Nah, sambil menunggu karya seni-nya selesai, para pengunjung bisa bermain Angklung Interaktif gratis bersama Kang Ringga Hardika. Jadi, jika di Bandung Timur ada Saung Angklung Udjo, di Bandung Barat ada Angklung Interaktif Bale Seni Barli yang menyajikan lagu-lagu hits dengan harmoni Angklung yang bisa dimainkan siapa saja, dari Turis internasional sampai anak berkebutuhan khusus juga bisa bermain Angklung, lho.

    Alamat: Kota Baru Parahyangan, Jalan Parahyangan KM.1,2, Padalarang, Kertajaya, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat 40553



    • Lawang Wangi 
    Tempat pameran lukisan kontemporer dengan gaya anak muda banget biasanya diadakan di Lawang Wangi, tempatnya yang instagenic juga asyik buat nongkrong lama-lama karena terdapat cafe di lantai atas dengan pemandangan hutan pinus yang memukau. Dahulu Lawang juga ada jembatan kaca yang hits banget, namun terakhir kali kesana sudah dirubah menjadi jembatan kayu.

    Alamat: Jl. Dago Giri No.99, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

    Lawang Wangi


    Jadi, sekarang sobat Travelers tahu kan, kalau Bandung juga memiliki banyak tempat wisata seni yang unik dan mendidik. Nah, untuk kenyamanan selama traveling di Bandung, kini kita bisa memanfaatkan fitur Traveloka terbaru yakni Traveloka Xperience yang menawarkan berbagai pilihan gaya hidup seperti aktivitas dan rekreasi dengan harga terbaik. Selain itu, proses pemesanan tiket pun akan lebih praktis dan efisien.


    Traveloka Experience

    Aktivitas dan rekreasi yang bisa sobat Travelers pesan melalui Traveloka Xperience adalah Tur wisata, Event, Bioskop, Atraksi, Olahraga, Taman bermain, Hiburan, Tur wisata, pelengkap Travel, Transportasi, Spa Kecantikan, Makanan & minuman juga Kursus & lokakarya. 

    Diantara fitur Traveloka Xperience, keluarga kami memilih fitur Kelas & lokakarya karena sejak memiliki anak, jiwa backpacker saya melemah, sehingga kalau jalan-jalan itu harus nyaman karena membawa Si kecil. Untuk menikmati Traveloka Xperience Kelas & Lokakarya, caranya gampang banget:


    1. Buka website atau aplikasi Traveloka. 
    2. Pilih fitur hiburan dan klik kota tujuan misalnya Bandung. 
    3. Nanti ada pilihan Kelas & Lokakarya (kursus & workshop). 
    4. Pilih Seni. 
    5. Pilih kelas yang diminati dan lakukan pembayaran dengan mudah dan aman. 



    Traveloka Xperience


    Ternyata ada tempat wisata seni yang belum kami kunjungi padahal dekat banget dari rumah! Namanya Rumah Tanah Liat Citra Bandung yang terletak di Jl. Kolonel Masturi No.64, Jambudipa, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Disini kita bebas berkreativitas dengan tanah liat untuk membuat kerajinan yang bisa dibawa pulang sebagai tanda mata berharga yeay! Selain itu kita juga bisa mempelajari cara membuat dan menggambar di atas keramik serta membiarkan imajinasi menjadi liar dengan merancang design batik sendiri, lagi diskon 20% pula, wow keren!

    Di Rumah Tanah Liat Citra ini terdapat tiga kegiatan yang bisa dilakukan yaitu menggambar keramik, membuat keramik dan membuat design batik. Lalu kami tertarik untuk mengikuti kelas membuat keramik yang biayanya hanya Rp 65.000/orang tapi karena pesan di Traveloka, kita cukup bayar Rp 52.000/orang. Asyiknya lagi, kita bisa merubah tanggal kunjungan sesuai dengan waktu luang yang dimiliki. Selain itu kelebihan Traveloka Xperience adalah keterangan setiap tempat begitu detail, dari harga, jam buka dan lokasinya. 
    Traveloka Experience

    Ketika berkunjung ke Rumah Tanah Liat Citra Bandung, kita cukup memperlihatkan bukti transaksi di Traveloka Xperience karena semua bahan dan peralatan sudah disediakan, sehingga kita bisa datang dan menikmati pengalaman belajar tanpa perlu repot. Seperti yang kita ketahui saat ini, kehidupan begitu dinamis dan waktu berkumpul bersama keluarga semakin berkurang karena kesibukan bekerja. Oleh karena itu, tujuan utama membuat keramik adalah quality time bersama keluarga sambil belajar seni yang menyenangkan. 

    Jadi, setelah main-main dari tempat wisata populer di Lembang, tak ada salahnya mampir kesini, kan? Yuk, join Traveloka dulu, #Xperienceseru kemudian!



    Traveloka Experience
    By Sandra 

    2 comments:

    1. wah seru banget ya pakai traveloka Xperience.. biayanya jadi lebih murah..

      ReplyDelete
    2. Seru ya sekarang ini sudah ada Traveloka Xperience. Asik juga ya kalau traveling ke tempat yang ada unsur seninya jadi sekaligus liburan sambil belajar.

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES