• 13.10.19

    Tenang, Inilah 10 Tips Agar Kamu Terbebas dari Anyang-Anyangan

    Tenang, Inilah 10 Tips Agar Kamu Terbebas dari Anyang-Anyangan
    Tenang, Inilah 10 Tips Agar Kamu Terbebas dari Anyang-Anyangan

    Dear readers, saya adalah Ibu rumah tangga dengan segudang aktivitas, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, saya selalu ikut senam Aerobic dan Zumba. Bagi saya, rutin berolahraga dapat membuat badan sehat, bugar dan percaya diri. Hal yang paling nggak enak saat olahraga adalah kalau kebelet buang air kecil karena bingung mau pipis dimana. Apalagi kalau lagi senam di luar ruangan, saya harus memastikan sumber air dan kebersihan Toiletnya. Oleh karena itu, saya lebih baik tuntaskan urusan buang air kecil dulu deh sebelum olahraga, nggak masalah telat ke tempat senam juga, yang penting saat senam saya jadi tenang. Soalnya saya agak males kalau harus terkena Anyang-Anyangan lagi, huhuhu. 

    Jadi begini awal mulanya, sekitar tiga tahun lalu tepatnya September 2016, setiap malam saya terbangun dan membangunkan Suami karena ingin buang air kecil. Lama-lama Suami menegur agar saya tidak minum banyak air di malam hari supaya tidak buang air kecil terlalu sering. Saya browsing kalau sering pipis pertanda sebuah penyakit, tapi saya curiga karena jadwal menstruasi sudah telat dua minggu. Akhirnya saya membeli alat tes kehamilan dan hasilnya bikin saya kaget campur haru bahagia karena saya hamil.

    Kabar tersebut jelas membuat Suami juga bersyukur, karena setelah menanti dua tahun usia pernikahan akhirnya saya hamil juga. Jadi, meningkatnya frekuensi buang air kecil tersebut adalah salah satu pertanda kehamilan. Makanya saya kesel juga sama Suami, waktu buang air kecil ditahan-tahan, akibatnya saya terkena Anyang-Anyangan dimana urin yang keluar sedikit-sedikit dan perih-perih gemes gitu. Kalau Mama saya bilang dalam Bahasa Sunda itu Jeungjeuriheun, Mama saya memang selalu berpesan: "Nggak apa-apa sering buang air kecil daripada ditahan-tahan lalu terkena Anyang-Anyangan, rasanya nggak nyaman banget". 

    Anyang-Anyangan

    Drama Anyang-Anyangan berlanjut ketika masa menyusui, saat bayi sedang growth spurt, pasti bakal pengen ASI terus dan sebagai Ibu menyusui, saya nggak bisa berbuat apa-apa ketika ingin buang air kecil. Karena kalau berhenti menyusui bayi, pasti bayi mungil akan rewel dan nangis kejer, saya nggak tega dan bikin agak panik sih, soalnya kan new Mom dan nggak ada helper juga. Akhirnya saya mengalah dan menahan buang air kecil hingga lupa dan ketiduran. 

    Setelah terbangun, saya baru sadar sudah menahan pipis sangat lama dan kemudian saat buang air kecil kembali terasa sensasi Anyang-Anyangan yang mengerikan, hiks. Kalau mengejan saat melahirkan kan plong banget bayinya lahir. Nah, kalau Anyang-Anyangan tuh kita menanti urin keluar semua dan ternyata itu nggak mudah. Biasanya Suami menyarankan minum air putih saja kalau saya mengeluh susah buang air kecil. Nyatanya air putih aja nggak cukup guys!

    Kirain saya doang, ternyata orang lain juga (baik pria maupun wanita) pernah mengalami yang namanya Anyang-Anyangan. Anyang-Anyangan atau istilah medisnya Disuria adalah gejala awal dari infeksi saluran kemih (ISK) dimana yang lebih banyak mengalami adalah wanita. Karena memang secara anatomi, vagina dan anus jaraknya berdekatan sehingga rentan terkena bakteri E. coli yang bisa membuat infeksi saluran kemih. Survey juga membuktikan bahwa 5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih. Hal tersebut sangat menyedihkan sekali karena bila dibiarkan akan berbahaya pada kesehatan, terutama masalah di organ kewanitaan.

    Selain sering menahan buang air kecil, kondisi Toilet yang kotor, pakaian dalam yang lembap dan kesalahan saat membasuh juga bisa menimbulkan Anyang-Anyangan. Lalu, harus bagaimana ya, jika kita mengalami Anyang-Anyangan? Tenang, inilah 10 tips agar kamu terbebas dari Anyang-Anyangan:
    1. Jangan sering menahan buang air kecil. 
    2. Berendam di air hangat. 
    3. Pastikan Toilet bersih dan kering. 
    4. Gunakan pakaian dalam yang lembut dan menyerap keringat, segera ganti jika lembap. 
    5. Jangan lupa mengganti tampon dan pembalut wanita secara teratur saat menstruasi. 
    6. Membasuh organ kewanitaan dengan benar (dari depan ke belakang). 
    7. Buang air kecil segera setelah berhubungan seksual untuk membuang bakteri dari uretra. Ini membantu mencegah bakteri pindah ke kandung kemih. 
    8. Menghindari penggunaan sabun serta semprotan dan cairan vagina.
    9. Pengobatan dengan Antibiotik, obat anti jamur dan obat pereda nyeri. 
    10. Makan buah cranberry

    Diantara 10 tips mengatasi Anyang-anyangan tersebut, cara paling enak adalah makan buah cranberry. Saya suka sekali buah cranberry, buah impor yang biasanya dikeringkan ini juga enak menjadi topping kue maupun dimakan secara langsung. Lalu apa hubungannya buah cranberry dengan Anyang-Anyangan?



    Cranberry

    Cranberry
    Tanaman buah cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan, dan sebagai antioksidan.

    Kandungan cranberry
    Jadi di dalam buah cranberry ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia

    Manfaat mengkonsumsi cranberry
    Banyak wanita di atas usia 20 tahun menderita infeksi saluran kemih yang menyebabkan ketidaknyamanan. Sementara, jus cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih. Hal ini karena buah cranberry memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. 

    Sayangnya, harga buah cranberry ini mahal dan kalau beli suka dihabiskan oleh anak saya hehe. Untunglah saya telah menemukan solusi terbaik masalah Anyang-Anyangan yaitu Prive Uri-cran yang mengandung ekstrak cranberry, lebih praktis, ekonomis dan higienis.


    Prive Uri-cran sendiri terdiri dari dua varian yaitu:
    Prive Uri-cran berbentuk kapsul, 1 box terdiri dari 30 kapsul yang dapat diminum langsung, terbuat dari 50 mg Ekstrak cranberry, dosis yang disarankan ialah 1-2 kapsul / hari. Sedangkan Prive Uri-cran berbentuk powder sachet terdiri dari 15 sachet per box. Mengandung 375 mg Ekstrak cranberry. Dosisnya 1-2 sachet / hari. 

    Review Prive Uri-cran

    Review Prive Uri-cran:
    Prive Uri-cran ini dikemas dengan sangat baik dan travel friendly. Saya paling suka yang kemasan sachet karena dapat disajikan dingin. Selain segar, rasanya sangat autentik dengan cita rasa asli buah cranberry yang cantik itu. Karena tinggal diseduh dengan 150ml air, Prive Uri-cran juga bisa langsung menghilangkan rasa dahaga, apalagi di musim kemarau seperti sekarang. Khasiat yang dirasakan setelah mengkonsumsi Prive Uri-cran adalah buang air kecil semakin lancar, biasanya kan hanya minum air putih saja, butuh efek berhari-hari. Namun inilah kelebihan Prive Uri-cran, selain praktis, efeknya langsung terasa hanya dalam beberapa jam saja! Bebas Anyang-Anyangan itu enak banget... 

    Review Prive Uri-cran
    Prive Uri-cran, cara paling enak mengatasi Anyang-anyangan 
    Sekarang saya nggak usah khawatir lagi kalau Anyang-Anyangan, karena tinggal minum Prive Uri-cran. Ibu-ibu Senam yang juga sering mengeluh masalah Anyang-Anyangan, saya rekomendasikan Prive Uri-cran supaya tetap bisa bebas bergerak dan aktif percaya diri dalam segala situasi. Karena hanya Prive Uri-cran, cara paling enak dan mudah dalam mengatasi Anyang-Anyangan Oh ya, harga Prive Uri-cran kapsul (terdiri dari 3 blister @10 kapsul) harganya sekitar Rp 160. 000 sedangkan harga 1 kotak Prive Uri-cran yang isinya 15 sachet, sekitar Rp 120.000. Prive Uri-cran sudah tersedia di toko online maupun offline, kalau online bisa pesan di Combiphar Official Store yang ada di Lazada. Sedangkan untuk offline bisa kamu beli di Apotek seperti Kimia Farma dan Drugstore Guardian. 

    Nah, itulah 10 tips agar kamu terbebas dari Anyang-Anyangan, sekarang sudah tahu, kan? Semoga artikel ini bermanfaat ya! 


    Info lebih lanjut:

    Sumber bacaan:
    https://www.uricran.co.id 
    https://parenting.orami.co.id/magazine/sering-anyang-anyangan-ketahui-penyebab-dan-cara-mencegahnya/
    https://www.hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/obat-anyang-anyangan-ampuh/amp
    https://www.popmama.com/amp/life/health/sarrah-ulfah/cara-mengatasi-anyang-anyangan

    5 comments:

    1. Segerrr bget kliatanny,bnyak manfaatny lg,

      ReplyDelete
    2. Bebsqiiii.. makasi informasinya sayanh. Emang jangan ya nahan2 pipis lama2 bisa anyang2.. btw nahan kencing juga bisa menyebabkan isk lama2..

      ReplyDelete
    3. anyang-anyangan ini kalau dibiarkan memang berbahaya ya,

      btw uri-can keliatan seger banget mbak, hehe

      tapi kalau anyang2an karena kandung kemih kosong alias kurang minum, bisa diatasi dengan minum sebanyak2nya sampe ga bisa minum lagi mbak. cara ini efektif

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES