• 7.9.18

    Pengalaman Mengobati Gatal dan Bentol Pada Anak


    Dear wonder Moms, apa kabar? Semoga kita semua senantiasa sehat dan sabar dalam mengurus Belahan jiwa serta Penyejuk hati, ya. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman mengobati gatal dan bentol pada anak. Sejak Gen masih bayi, dia lumayan sering sih mengalami bentol yang menyebabkan gatal, pilu saja kalau digaruk saat kukunya panjang, bisa lecet kan. Biasanya hal tersebut ulah Si Nyamuk nakal, kebetulan kami juga punya taman, jadi pasti ada Serangga yang hidup disana. Apalagi sekarang Gen sudah bisa jalan, explore taman setiap hari deh. Ada tiga "obat" yang pernah dicoba, simak terus ya!


    Yang pertama saya temukan di kotak obat rumah adalah Zam-Buk. Zam-Buk merupakan obat salep tradisional yang mengandung Camphor dan Eucalyptus oil untuk mengobati luka memar dan iritasi kulit seperti gatal-gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga. Selain itu Zam-Buk juga dapat mengurangi rasa nyeri pada luka lebam, luka gores dan luka bakar, serta dapat meredakan nyeri akibat terkilir ataupun keseleo.


    Cara pakai : 
    Digosok agak ditekan pada bagian yang sakit. 


    Peringatan dan perhatian :
    Tidak digunakan untuk anak dibawah 2 tahun, jangan digunakan langsung dibawah lubang hidung. 

    Harga Rp 40.000/25 gram


    Selanjutnya adalah Caladine Lotion, sudah tidak asing lagi kan Moms? Lotion ini diklaim dapat mengobati gatal karena biang keringat, udara panas, gigitan serangga. Juga dapat berfungsi sebagai anti-alergi, antiseptik dan penyejuk kulit.


    Cara pakai: 
    Bersihkan bagian kulit yang gatal lalu oleskan Caladine Lotion 2 - 4 kali sehari. Sebaiknya digunakan sehabis mandi pagi dan sore hari.

    Komposisi: 
    Calamine, Zinc Oxide, Diphenhydramine HCl. 


    Harga pada label eceran tertinggi: Rp 15.000 tapi saya beli Rp 18.000/60ml di Minimarket sebelah rumah, huhu.

    Yang terakhir adalah Purekids Itchy Cream. Dari website Purekids Indonesia, saya mendapatkan informasi bahwa Gatal adalah sensasi kulit yang memicu reflex untuk menggaruk area tertentu pada tubuh. Penyebabnya bisa bermacam-macam, dari kulit kering hingga yang di akibatkan dari beberapa penyakit atau bentol yang di akibatkan oleh gigitan/sengatan atau nyamuk yang bisa menimbulkan gatal yang berakibat peradangan pada kulit.


    Kandungan yang terdapat pada Itchy Cream merupakan bahan alam yaitu :
    1. Oat Kernel : Bantu meredakan gatal, menenangkan kulit serta menyejukkan kulit dan melembabkan kulit.
    2. Cajuput Oil (minyak kayu putih) : Sebagai antiseptik alam yang membantu menghilangkan dan cegah bakteri juga sebagai pereda inflamasi.
    3. Calamine : Berfungsi untuk bantu redakan gatal bentol, perih dan tidak nyaman pada kulit. Bisa juga bantu redakan peradangan kulit (inflamasi) & bantu hilangkan bakteri.
    4. Chamomile : Berfungsi sebagai anti inflamasi (anti peradangan) membantu proses penyembuhan luka akibat gigitan serangga dan membantu meredakan bentol. Selain itu juga berfungsi melembabkan kulit dan bantu hilangkan bakteri.
    Cara pakai:
    Oleskan pada bagian yang gatal, ulangi bila perlu. 

    Harga Rp 25.000/10gr.


    Diantara Zam-Buk, Caladine Lotion dan Purekids Itchy Cream, manakah yang lebih baik dalam mengobati gatal dan bentol pada anak?

    Oke, semuanya Travel friendly ya, yang pertama akan dibahas terlebih dahulu tentang Zam-Buk, Zam-Buk dikemas dalah wadah bulat bernuansa hijau, Zam-Buk yang saya miliki made in Thailand, isinya berwarna hijau army dan tekstur nya persis seperti salep untuk orang dewasa, wangi khas salep/balsam yang lengket dan agak susah meresap. Pernah sekali saya coba pada Gen, bentol di hidungnya tidak langsung hilang dan saya khawatir karena ternyata komposisinya mengandung Camphor. Apalagi Gen belum genap dua tahun, jadi saya hentikan pemakaian. Dari soal harga Zam-Buk ini paling mahal dan harus membeli secara online, takut dapat barang palsu juga. Kemasan seperti itu kurang higienis, saat mengoleskan, tangan harus bersih, ya. 


    Kemudian yang kedua adalah Caladine Lotion yang bernuansa putih ungu ini paling mudah ditemukan bahkan di Minimarket sebelah rumah. Harganya juga paling murah, wanginya enak, ada sensasi dingin dan teksturnya cair berwarna merah muda, saat digunakan cepat kering tapi membekas, jadi kalau bentolnya banyak, totol-totol deh. Memang harus hati-hati ya soalnya kan encer banget, jadi ketika aplikasi sering mbeleber kemana-mana dan katanya masih mengandung camphor penyebab iritasi pada kulit bayi atau anak.

    Perlu beberapa hari untuk menghilangkan bentol di jidat Gen. Belum diketahui boleh digunakan anak usia dua tahun atau tidak. 


    Ketiga saya mencoba Purekids Itchy Cream, pernah membaca review-nya di Blog Teh Rany Yulianti, saya juga baru ingat kalau saat membeli Purekids Inhalant Decongestant Oil, saya mendapatkan bonus Itchy Cream. Tapi saya bingung nih, di kemasannya tertulis kalau Itchy Cream itu untuk anak dua tahun keatas. Kemudian saya bertanya langsung pada Purekids, ternyata bisa digunakan oleh anak saya karena sudah setahun lebih.

    PureKids Itchy Cream dikemas seperti pasta gigi, saat dikeluarkan, krim nya berwarna salem, wanginya alami tapi lembut, teksturnya creamy tapi ringan dan sangat mudah meresap sehingga saat dioleskan ke kulit yang bentol, seperti tidak memakai krim dan hebatnya lagi, dalam beberapa jam, bentolnya hilang! Kebetulan kemarin baru turun hujan memulai bulan September, saat Gen main di taman, pasukan Nyamuk asyik berkembang biak, Gen kena gigitan di belakang telinga. Saya langsung oleskan Purekids Itchy Cream, tidak terlihat sedang di "obati" ya? Alhamdulillah sekarang bentol merahnya sudah hilang. 


    Akhirnya saya mencari tahu alasan kenapa harus pakai PureKids Itchy Cream?
    PureKids Itchy Cream tanpa menggunakan bahan Camphor (kamper/kapur barus yang dapat menyebabkan iritasi kulit), sehingga PureKids Itchy Cream di gunakan pada anak yang memiliki kondisi kulit sensitive sangat cocok karena tidak akan menimbulkan reaksi alergi.

    Oke, jadi sekarang kalau ditanya Gen pakai apa kalau gatal atau bentol? Gen pakai Purekids Itchy Cream yang tinggal oles tanpa repot. Purekids Itchy Cream bisa Mommy beli di Online Shop atau Baby shop terdekat. Sekian battle review jujur kali ini, semoga bermanfaat ya! Terima kasih telah membaca. 

    Baca juga yuk! 

    28 comments:

    1. Wah itchy cream ampuh yaa mengobati gantal buat dede bayi.. Kudu persiapan nih sebelum dede lahiran,, semoga cocok jga ya Mams Sandraaa :)

      ReplyDelete
    2. waktu diolesin juga purekids gak keliatan pake salep ya Teh, mau aku rekomendasiin buat ponakan juga ah. TFS teh :)

      ReplyDelete
    3. Nah iya aku kemarin sempet bingung cari kemana ya buat obatin bentol :) dan Mba San menjawabnya dengan jelas jadi pengen coba deh itchy cream purekids nya

      ReplyDelete
    4. Zambuk itu hits banget yaa. Tiap grup wa aq suka bahas zambuk terus hehehe

      ReplyDelete
    5. waaa info baru nih nanti kalau dedek bayinya udh lahir bisa bermanfaat kalau bentol bentol

      ReplyDelete
    6. ya Allah pas banget ini keponakan aku lagi kek gini nih sekarang, makasih banget teteh infonya

      ReplyDelete
    7. Wah ternyata caladine mengandung camphor yah, dulu waktu masih kecil kaligata pakenya itu. Mungkin nanti aku rekomendasiin untuk sodara atau temen yg punya krucil, thankyou teh infonya

      ReplyDelete
    8. Caladine ini legend banget deh dari jaman aku kecil kena biang keringat selalu pake. Tapi ternyata masih mengandung camphor ya, jadi selama ini oles-oles pake kapur barus hahaha

      ReplyDelete
    9. Aku juga suka pakai Caladine. Dingin sejuk ke kulit

      ReplyDelete
    10. Caladine ini yang mudah didapatkan mba. Jadi aku sedia caladine di rumah.

      ReplyDelete
    11. Wajib punya Pure Kids Itchy Cream nih

      ReplyDelete
    12. Aku pernah pakai zam-buk pas luka kena minyak panas. Jd waktu aku kena minyak panas, langsung aku olesin pakai zam-buk ini. Lumayan jadi ga melendung 😊

      Kalau punya anak kecil pasti harus stock kayak gini ya, teh 😊

      ReplyDelete
    13. Wah, dulu waktu anak2 masih kecil selalu nyetok caladine cair sih buat gatel atau biang keringet.

      Baru tahu nih aku kalo ada produk purekids ini Teh :))

      ReplyDelete
    14. Wah, boleh-boleh nih jadi referensi. Anak-anak di rumah paling2 pake Caladine cair itu. Belom pernah nyoba pake Zam-Buk atau Purekids. Kayaknya kudu nyobain. Kebetulan Caladine habis

      ReplyDelete
    15. Di rumahku juga suka sedia ini teh..cocok sih bagus memang buat gatal2...

      ReplyDelete
    16. Caladine ini legend banget, San. SUdah ada sejak jaman aku bocah anak SD *kemudian umpetin ktp*
      Kalau sampai sekarang masih eksis berarti emang kualitasnya udah ga diraguin lagi, ya. Nah dua produk lainnya aku belum punya pengalamannya, nih :)

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES