• 22.9.18

    Petualangan Gentra di Museum Geologi Bandung


    Dear Travelmate, saya akan menuliskan kelanjutan jalan-jalan weekend kemarin. Setelah menikmati karya seni di Selasar Sunaryo Art Space, kami makan Mie Ayam favorit di daerah SWISS, tahu nggak? Hihi. Swiss itu singkatan dari Sekitar Wilayah Sadang Serang lol, tak jauh dari situ kami bergegas ke Museum Geologi Bandung, mumpung hari Minggu terang benderang.

    Setelah membayar tiket seharga Rp 3000/orang (Gen gratis), kami masuk ke areal Museum, wah sudah lama banget nih nggak main ke Museum Geologi, semakin seru karena petualangan kali ini bersama Gentra. Saat datang, kami mempunyai sisa waktu hanya 30 menit saja huhu karena Sabtu dan Minggu, Museum tutup jam 2, sedangkan hari biasa tutup jam 4 sore kecuali Jumat libur, tentunya kalau akhir pekan, Museum jadi lebih ramai, banyak yang dari Undangan, mampir ajak anak kesini. Ada hal baru apa sih di Museum Geologi Bandung? Yuk, baca sampai tuntas.!
    Museum Geologi Bandung itu sudah tua, berdiri sejak 1928 dan terus mengalami pembaharuan supaya pengunjung tidak bosan. Beberapa tahun lalu, tiket masuk masih gratis lho, sekarang memang agak canggih deh ini museum. Saat pertama kali menginjakan kaki ke dalam Museum, kita akan di sambut oleh kerangka fosil Gajah purba yang besar, Gen senang bukan kepalang, berkali-kali bilang waaaah sambil mulutnya terbuka lebar, takjub.





    Selanjutnya kami beranjak ke ruangan sebelah kanan yang masih berkaitan dengan zaman purbakala. Terdapat fosil Dinosaurus, binatang purba, kerang purba sampai tengkorak manusia purba. Jadi ingat zaman SMP waktu belajar sejarah, Pithecantropus Erectus Paleo Javanicus.




    Setelah cukup berkeliling di area purbakala, kini saatnya menuju ruangan sebelah kiri, untuk mengenal Geologi Indonesia. Saat masuk, kesan gelap, modern dan interaktif sudah terasa. Terdapat Globe raksasa dan pojok khusus nonton film untuk menyaksikan proses terciptanya Bumi. Saya sangat suka sekali hal-hal yang berhubungan dengan ilmu Astronomi. Kita tinggal menekan tombol press, muncul gambar film yang memukau, karena letaknya berada di pojok ruangan, efek 3D nya begitu terasa, duduk di lantai dan saat melihat keatas, seolah ada bebatuan yang meloncat-loncat akan menabrak kita, seru banget!



    Kemudian ada film tentang Geologi Indonesia. Kita harus bangga karena Indonesia ini adalah zamrud Khatulistiwa, dimana kekayaan alam dan geologinya sangat melimpah ruah. Seharusnya tinggal  di negara sekaya ini, rakyatnya bisa makmur dan sejahtera ya, sekat antara Si kaya dan Si Miskin tidak terlalu jauh. Sudah cukup banyak lah manusia di Indonesia, tinggal bagaimana negeri ini butuh perubahan SDM yang berkualitas demi masa depan anak cucu kita nanti.

    Kemudian kami ke ruangan dekat pintu keluar, ada koleksi batu-batu cantik yang berkilauan, nikel bukan berlian haha. Karena jam berkunjung sudah habis, kami pun meninggalkan museum dengan tersenyum karena Gen suka sekali melihat pemandangan baru.



    Membawa anak ke Museum memang perlu ekstra hati-hati jangan sampai mengganggu pengunjung dan menjaga agar tidak merusak koleksi. Oh ya, di Museum Geologi Bandung kini ada Toko Souvenir dan Photo Booth 3D seharga Rp 25.000, jadi seolah kita sedang berpetualang ala Jurassic World gitu, ada Dinosaurusnya hihi. Mungkin nanti kami akan berpetualang sambil belajar lagi di Museum Geologi Bandung untuk explore lantai dua. Terima kasih sudah membaca, selamat jalan-jalan!
    Museum Geologi 
    Jl. Dipenogoro 57 Bandung

    Baca juga yuk! 

    10 comments:

    1. Mau donk cobain ke Museum Geologi kalau baby C udh besar ntar kita ajak main bareng2 yaa kak San! Hehehe pengen nyobain booth 3D nya juga.. Lumayan masih terjangkau ya harganyaa

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya sis hayuk playdate kita

        Delete
    2. Kalau museumnya melakukan perubahan, pembaharuan dan ramah anak begini pastinya mudah bagi orang tua mengajak anak-anak berkunjung ya mbak. Tapi beberapa kali saya mampir di museum yang apa adanya, kesannya tidak menarik. Anak-anak saya baru masuk sudah minta keluar.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya mba harus kreatif pengelola nya, kan ada uang tiket

        Delete
    3. wah bagus mbak mmebiasakan anak ke museum sejak dini, aku juga begitu dari kecil dibiasakan ke museum

      ReplyDelete
    4. Keren ya mbk Museum Geologinya. Saya sudah pernah beberapa kali ke Bandung, tapi belum kesini.

      ReplyDelete
    5. Dari postingannya aku lihat cukup bersih dan rapi ya kak. Bisalah dimasukkan ke referensi tempat tujuan kalo ke Bandung.

      ReplyDelete
    6. Saya asli orang Bandung (namun sudah lama menetap di luar Kota Bandung) dan baru tahu kalau SWISS itu ada disekitaran Kota Bandung, hihihi...

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES