• 1.11.19

    Motor Anda Hilang? Simak Beberapa Tipsnya Berikut Ini

    Motor Anda Hilang? Simak Beberapa Tipsnya Berikut Ini

    Dear readers, di Indonesia, sepeda motor merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan sehari-hari. Motor dipilih karena lebih cocok dengan kondisi jalanan di Indonesia yang sempit dan padat serta lebih hemat dari segi konsumsi bahan bakar. Sehingga, hampir setiap orang di Indonesia memiliki motor atau setidaknya bisa mengendarai sepeda motor.

    Disisi lain, pentingnya sepeda motor untuk transportasi sehari-hari juga dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Banyak oknum yang bertindak kriminal dan mengambil motor orang lain. Jika Anda pernah menjadi korban pencurian motor, maka sebaiknya lakukan beberapa tips berikut.

    • Siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan
    Hal pertama yang perlu dilakukan saat motor Anda hilang adalah mempersiapkan beberapa berkas-berkas yang dibutuhkan. Berkas-berkas tersebut dibutuhkan untuk melakukan proses klaim asuransi serta melaporkan kehilangan ke pihak kepolisian. Adapun beberapa berkas yang perlu dipersiapkan antara lain berupa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik.

    • Lakukan Klaim Asuransi
    Jika sepeda motor yang hilang memiliki asuransi, maka ada baiknya jika Anda melakukan klaim asuransi setelah berkas-berkas dipersiapkan. Klaim asuransi berguna agar Anda tidak perlu melanjutkan cicilan motor atau mendapatkan ganti rugi dari motor yang hilang karena dicuri. Meski harga asuransi disesuaikan dengan harga motor yang Anda beli, namun membeli asuransi merupakan hal yang penting agar lebih tenang saat memiliki kendaraan. Perhatikan tahapan-tahapan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi agar proses klaim bisa berjalan lancar. 

    • Lakukan Proses Pemblokiran
    Selain mendapatkan ganti rugi dengan melakukan proses klaim asuransi lakukan juga proses pemblokiran ke SAMSAT agar Anda tidak perlu membayar pajak motor yang hilang. Ini merupakan proses yang penting supaya Anda tidak perlu merugi karena membayar kendaraan yang sudah tidak dimiliki lagi. Jadi, motor yang hilang bisa diikhlaskan lebih tenang karena telah melakukan proses pemblokiran.

    Itulah 3 tips yang bisa Anda lakukan saat kehilangan sepeda motor karena pencurian. Selalu waspada agar terhindar dari pencurian motor dengan cara mengunci kendaraan bermotor dengan kunci ganda dan meletakkan motor di tempat yang aman. Semoga bermanfaat.

    1 comment:

    1. Huhuhu jangan sampai deh ngalamin kehilangan kendaraan. Tapi tipsnya bermanfaat nih mba untuk jaga-jaga.

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES