• 22.1.19

    Inilah Cara Mengabadikan Momen Liburan Supaya Lebih Berkesan


    Dear Travelmate, di tengah kesibukan pekerjaan sehari-hari, liburan bisa dijadikan sebagai salah satu kegiatan refreshing melepas penat supaya me-recharge semangat beraktivitas dalam meraih goals selanjutnya. Nah, di zaman sekarang, supaya liburan semakin berkesan, tak ada salahnya jika kita mengabadikan berbagai cara untuk mengabadikan momen tersebut, apa saja kah itu? Yuk cari tahu lebih lanjut...

    Berfoto
    Hal pertama yang diingat pasti berfoto. Kebanyakan orang menganggap mengambil foto sebanyak-banyaknya, cekrek kemudian edit lalu mengunggah ke berbagai sosial media dengan hashtag populer dan caption menarik merupakan kewajiban saat liburan. Sebenarnya tanpa liburan pun, aktivitas berfoto sudah menjadi hal yang lumrah di era digital saat ini, akan tetapi perlu diingat juga ya, berfoto sewajarnya dan menikmati moment saat berlibur jauh lebih penting daripada malu kalau ditanya nggak tahu apa-apa. Kan sayang, sudah pergi jauh tapi tidak mendapatkan value


    Berinteraksi dengan lingkungan sekitar
    Living in the moment selanjutnya adalah menghirup udara, memejamkan mata, mencari tahu ada apa saja di tempat liburan tersebut dengan berkenalan dengan penduduk asli. Saya yakin akan beda sekali rasanya jika kita hanya mendengarkan informasi dari travel versus informasi dari tour guide lokal. Dengan mengetahui sejarah, budaya, makanan dan kebiasaan penduduk lokal, kita akan membawa cerita manis yang tak terlupakan.

    Blogging 
    Bagi seorang Blogger, tanpa disuruh pun mereka akan menuliskan kisah perjalanan selama liburan. Selain menyenangkan, cara tersebut juga dapat bermanfaat bagi orang-orang yang hendak berwisata ke tempat tersebut.


    Vlogging
    Kini banyak sekali Travel Vlogger yang berlibur sambil merekam video perjalanan. Setelah selesai liburan biasanya mereka akan mengedit dan mengunggahnya ke Channel video masing-masing. Mungkin bagi yang bukan Vlogger, cukup merekam di Stories tapi saat berlibur juga harus diperhatikan lho kenyamanan dan keamanannya, apalagi jika liburan bersama keluarga membawa serta anak-anak.

    Journaling
    Beberapa tahun terakhir Bullet Journal begitu digemari, sebenarnya Bullet Journal berasal dari kebiasaan menulis buku harian, namun sekarang tulisan di jurnal pribadi dibuat artistik dan tak segan di sebar ke sosial media. Bagi Ibu menyusui seperti saya, menulis jurnal biasa saja sudah cukup, tidak harus mengikuti kaidah Bullet Journal. Menulis jurnal banyak sekali manfaatnya, kita bisa merasakan sensasi menulis tangan, mencatat kebutuhan selama liburan, rencana di tempat wisata maupun pengalaman paling berkesan agar bisa diingat sepanjang masa.

    Membeli kenang-kenangan 
    Jika orang-orang mengetahui kita akan liburan atau sedang berada di tempat wisata, biasanya akan muncul pesan atau komentar: "Jangan lupa ya, oleh-olehnya!". Tentu saja jika kita sudah terlampau sibuk menikmati liburan, celotehan tersebut tidak perlu menjadi beban. Belilah buah tangan atau cinderamata asli sewajarnya sebagai kenangan untuk orang rumah atau hanya sebuah pajangan untuk dipajang di rumah.

    Mencetak foto
    Sebelum memori telepon genggam penuh, ada baiknya setelah liburan, foto dan video di unggah, baik setelan private maupun public. Selain itu, segera mencetak foto liburan di album kenangan juga akan menghindarkan kejadian tak terduga seperti kehilangan data foto.


    Melukis
    Bagi beberapa Seniman, bepergian adalah salah satu mencari inspirasi untuk berkarya. Ingatan mengenai tempat yang indah tentunya akan dituangkan dalam goresan kanvas sehingga karya akan semakin hidup dan penuh arti. 

    Ngomong-ngomong soal liburan, kini liburan bukan hanya milik kaum jetset saja. Selama ada niat dan biaya, kita bisa tetap mendapatkan liburan yang berkesan. Cara menghemat liburan adalah dengan memanfaatkan promo menarik, baik tiket perjalanan maupun tempat menginap di aplikasi traveling Pegipegi.


    Saat membuka aplikasi Pegipegi, saya langsung disuguhi berbagai promo di bulan Januari. Nah, karena saya merencanakan ingin liburan keluarga ke Lombok, maka saya mencoba booking tiket pesawat ke Lombok melalui aplikasi PegiPegi. Enaknya tuh, saat booking tiket pesawat, kita akan diberi tahu harga tiket di hari-hari selanjutnya sehingga memudahkan kita jika ingin mendapatkan harga tiket pesawat termurah, tinggal ganti tanggal liburan saja.


    Maklum, biaya tiket pesawat memang menyita budget paling banyak sehingga kita harus cerdas. Yuk, download aplikasi Pegipegi di App Store dan Play Store. Selamat berlibur bersama orang-orang tercinta, ya! 

    42 comments:

    1. Foto2 kayaknya udah jadi hal wajib ya beb, padahal waktu aku kecil dan belum kenal kamera aku lebih suka berinteraksi sm alam & orang sekitar kalau liburan. Jaman berubah kebiasanpun berubah hahaha

      ReplyDelete
    2. Foto-foto pas traveling udah wajib banget. Rasanya hampa kalo apes lupa bawa kamera pas liburan. Soalnya pernah ke Bandung 3 hari 2 malam, terus lupa bawa kamera ): tapi positifnya saya jadi lebih menikmati tripnya sih, gak sibuk foto-foto untuk konten blog. Karena memang terkadang sibuk foto lupa untuk benar-benar menikmati pemandangannya, momen berharganya dll.

      ReplyDelete
    3. kalau saya suka kalau ada guidenya dan bisa mendapat abnyak hal dari ceritanya

      ReplyDelete
    4. Yang gak terpikirkan oleh orang kebanyakan adalah melukis tempat wisata atau kenangan sehabis liburan ya Mbak. Kalau buat yg suka seni kayak Mbak Sandra mungkin bisa langsung melukis pantai ya Mbak. Asyik bangeet.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Mungkin klo anak udah gede bisa santai melukis dintempat wisata ya hahah

        Delete
    5. Wiiii tetiba ingin liburan, lagi, dan lagi :)

      ReplyDelete
    6. Keren, melukis.

      Foto dan blogging untukku sudah cukup mengabadikan momen liburan.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Yup yang penting ada kenangan ya mom

        Delete
    7. Banyak promo ya di Pegi-pegi aku abis booked juga kemarin pas staycation pakai Pegi-pegi lumayan banget diksonnya 10%

      ReplyDelete
    8. Kalau sama keluarga, kesmepatan foto tuh lewat gitu aja. Karena sibuk ngejar Altaz, wkwkwk. TFS, info yang menarik.

      Btw, lukisannya keren <3

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya sama kejar2 anak, foto seadanya heheh thx

        Delete
    9. Waaw bikin mupeng aja, hihihi... Iya pegi2 keren ya, banyak diskon dan variatif...

      ReplyDelete
    10. Saya juga senang mengabadikan momen kebahagiaan bersama keluarga. Kalau enggak berfoto ria, buat video dan tentu saja menuliskannya di blog. Bisa jadi catatan sejarah juga ya...hihihi

      ReplyDelete
    11. kecuali melukis nih yang aku gak bisa. Hehehehe... liburan memang tak terlupakan ya kalo melakukan hal-hal itu. Berkesannya jadi lebih lama. Duh.. ingin liburan lagi weh saya :)))

      ReplyDelete
    12. Wah file foto2ku pada numpuk dan jarang ada yang diprint nih Teh hehehe.

      Paling asyik emang kalo mau liburan mah booking2nya di pegipegi aja, praktis bener mana banyak promo pulak :))

      ReplyDelete
    13. Aku sekarang jadi nambah satu nih mengabadikan momennya bikin bullet journal. Seru banget ternyata. Btw, ajarin aku melukis dong Mamski, bagus banget lukisannya huhu

      ReplyDelete
      Replies
      1. Lanjutkan sis, hayuk belajar bareng

        Delete
    14. Iya banget yaa jangan sampai esensinya malah jadi ga liburan krn fokus videoin atau foto 😂

      ReplyDelete
    15. Pakai lebih mudah ya San cari tiketnya :D . Kalau saya foto2 liburan jarnag di cetak, habisnya setelah dicetak, cuma disimpan di laci aja hehe.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Soalnya foto di hp pernah ilang huhu

        Delete
    16. kalau saya belum ngebujo dan melukis, gak bisaeun heuheu

      ReplyDelete
    17. Ciyus? Jadi pengen download euy.

      ReplyDelete
    18. Paling asyik kalau liburan gak pake beban jadi bisa menikmati quality time dg pasangan yg selalu jadi teman jalan 😇

      ReplyDelete
    19. Jarang banget pergi-pergian pake pesawat dan baru jalan lagi pake peswat itu Maret nanti. Emang seneng banget kalau nemu tiket yang harganya murah, buru-buru booking. Selisih estimasi harganya bisa dialokasiin buat pos lain hihihi...

      ReplyDelete
    20. Wii keren banget mamy sandraa.. semoga dengan adanya aplikasi pegipegi memudahkan kita untuk liburan yaa.. salfok sama lukisannya keren bangettt

      ReplyDelete
    21. Untuk sementara swip dulu pergi2an naik pesawat, mungkin naik kereta bisa lebih memudahkan kalau ukuran budgetnya lagi ga cocok, huhuhu mahalnya ya..

      ReplyDelete
    22. Iya, Teh. Harga tiket bikin puyeng. Cobain Pegipegi ah....
      Btw, mengabadikan perjalanan dengan dituliskan ke blog itu seru. Bisa dibaca lagi sambil mengenang.

      ReplyDelete
    23. Kayaknya aku udah jarang banget nyetak foto hehe

      ReplyDelete
    24. jujur ada kalanya kangen liburan tanpa terlalu sibuk sama sosmed. hehhee. Biar bener bener enjoy. Tapi stuju sih mba nyetak foto juga penting soalnya kalo data digital aja suka takut ilang misal kena virus atau gadgetnya ilang (amit amit) hehe

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES