• 8.6.18

    Bukber Dari Masa ke Masa


    Assalamualaykum good reader, wah nggak kerasa ya bulan Ramadhan segera berakhir dan kita siap menyambut hari kemenangan nanti. Ada perasaan sedih dan rindu mendalam jika sudah meninggalkan bulan suci penuh ampunan ini. Bagi saya Ramadhan tidak sekedar detoksifikasi tubuh tapi menjaga semuanya agar lebih tenang, bersih dan tidak berlebihan. Karena jika yang menahan lapar dan haus saja bisa masuk Surga, seharusnya anak-anak yang kelaparan hingga tulang rusuknya terlihat yang bisa masuk Surga terlebih dahulu.

    Sejak menikah dengan Suami, Ramadhan menjadi lebih hemat karena saya yakin Tuhan itu tidak suka pada hamba yang berlebihan, buka puada di luar kalau nggak sempat masak hehe. Nah, tradisi di Indonesia ada yang namanya Bubar (Buka Bareng) atau Bukber (Buka Bersama). Tujuannya sih bagus, bertemu teman atau saudara yang jarang ketemu agar silaturahmi di dunia nyata tetap terasa lebih berarti dan berbagi rezeki pada tempat yang bisa dijadikan acara Buka Puasa Bersama.

    Saya ingat awal mula Bukber sama teman terutama itu sekitar tahun 2006, saat masih kelas 1 SMK. Semangat banget lah Bukber sama teman SD, SMP apalagi teman SMK. Tempatnya di Cafe atau Mall, pulangnya ke Studio foto atau era kejayaan Foto Box. Saat kuliah malah saya nggak pernah ikut Bukber, saat udah lulus kuliah pun nggak bisa  karena jauh, padahal udah naik level, Bukbernga di Hotel, bisa resevasi jadi nggak takut kehabisan tempat duduk. Gimana ya, teman kuliah yang sampai detik ini masih deket tinggal 1, kasian ya saya haha itupun jarang banget ketemu, seringnya chat via WA karena beda kota, sekarang pun beliau sibuk ngurus anak sambil S2 dan bisnis keluarga. Devi ini teman yang paling royal dan ngajarin saya jadi orang baik dan dermawan. 


    Saat kerja di Bandung juga Bukber di Hotel sama Boss dan teman kantor, begitu pula saat pindah kerja ke Bandung Barat, Bukber di Hotel kantor bareng Suami pula, asyik! Jadi, makin kesini makin jarang Bukber sama teman-teman, kalau diingat sih kayaknya paling sering sama Genk SMK ya siapa lagi kalau bukan Noenoe dan Venon, kita udah temenan lebih dari 10 tahun, apalagi sama Ismu, temenan dari SD artinya udah 20 tahun, wagelaseh. Sama mereka saya udah nggak jaim, mau ledek-ledekan, ngomong Sunda kasar, tapi tetap ya manggilnya Bebeb haha. Sekarang mereka sudah expert jadi Ibu, makanya Mamskie suka minta advice sama mereka.









    Alhamdulillah nya banget sekarang saya juga sedang menikmati persahabatan baru, the real friends banget lah, kita tetanggaan jadi gampang banget kalau mau ketemu, hampir tiap hari main malah haha. Kenapa seneng banget? Karena mereka itu Support System setelah Suami dan keluarga. Teh Muti Bumil solehat dan Neng Gina Ibu Salon sekaligus Paraji tercantik se-Indonesia bantu saya banget dengan ikhlas, kapanpun saya butuh bantuan mereka suka nawarin duluan. Dari mulai zumba bareng, ngidam pengen Mie Ayam, Salon-salonan, Ngasuh Baby G pokoknya banyak banget lah, apalagi kalau Busui lagi sakit, duh terharu! Kadang saya pengen suatu hari kalau punya rumah ingin tetanggaan lagi, aamiin. Jajan sama mereka mah gampang, mau di tempat mahal dan murah nggak gengsian. Kayak kemarin nih, Bukber dadakan di Ongkog Lohor, seru banget pada bawa anak haha.





    Satu lagi nih sobat Blogger yang belum Bukber, doi lagi hamil juga nih siapa lagi kalau Vika Si Ratu Tips, semoga lebaran bisa ketemu ya Beb. Menurut saya Bukber bisa dimana saja sih, di rumah juga jadi, nggak perlu jauh, nggak desek-desekan, bisa sholat Magrib dulu tanpa kekhawatiran kehabisan makanan, pulangnya juga nggak larut, Busui nggak kecapean hehe.

    Intinya setelah punya anak itu Bukber ya bawa anak, gantian makan, untung kemarin Suami juga ikut. Berangkat setelah sholat Magrib karena Sholat lebih utama dari Puasa dalam Rukun Islam, jadi sedih kan kalau Bukber diisi sama orang yang nggak berpuasa dan pas orang berpuasa selesai Sholat eh kehabisan makanan sama yang sengaja nggak puasa. Makin kesini males Bukber jauh-jauh apalagi kalau ada bukber keramat pasti macet, lebih baik menolak ikut daripada terpaksa dan akhirnya repot sendiri. So, kalian Bukber juga nggak nih? Sebenarnya lebih seneng Bukber dimana? Di rumah atau di luar? Terima kasih banyak telah membaca ya semoga kita semua semakin sehat lahir dan batin.

    Eh, baca juga dong! 

    14 comments:

    1. Alhamdulilah mamie,, kayanya kalau bukber agak sulit waktunya ya mami, palingan nanti lebaran kita meet ups yahhhhh hihihi,, kangen baby Gen yang dulu masih merah sekarang udah jadi bocah cilik guanteng xixixix miss u dari ontyyy xixiix

      ReplyDelete
      Replies
      1. Miss u too bebskii😂❤️

        Delete
    2. Wahhh ada bumil cantik ratu tips juga hahahaha,
      aku kemaren mau bukber (padahal aku g puasa tp seneng banget ngajakin tmn2 bukber) ke mall tp rame bgt jd akhirnya beli makan sendiri2 makan bareng2 di kntr, itu cuma yg single doang, yg udh berumah tangga lebih milih bukber sm keluarga dirumah dong ya hehehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah kak Meta sangat toleransi ya, enak kak hemat dan yang penting kebersamaan ya😂

        Delete
    3. Wadah, gitu ya kalo para mahmud lagi bukber, btw papa2nya kemana ini??

      ReplyDelete
    4. Bukber memang asik dan seru ya mba :D

      ReplyDelete
    5. Iya bukber lbh enak di rmh, santai, salat jg nyaman....
      Mkn di hotel all you can eat seru, tp klo buka puasa mah asa gmn gt hehe...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Asa riweuh teu puguh apalagi Busui hehehu

        Delete
    6. sekarang mah, bukber teh level nya di hotel teh. dan sha mikir sayang banget uangnya. jadi gak ikutan hahaha sekali makan bisa buat makan berkali2 di hari biasa :P

      ReplyDelete
      Replies
      1. Boleh di Hotel kalo ditanggung kantor ya soalnya sekarang paling Bukber ama kantor yaa hehhe

        Delete
    7. ketemu temen kalo gak bukber yah kondangan :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah kondangan juga jarang nih kalo gak deket deket amat mz

        Delete
    8. Aku kalau bukber sambil reunian entah kenapa males banget sekarang soalnya sambil pamer kekayaan sih haha, dulu tiap-tiap bukber pasti aku yang urusin dan sekarang nggak ada yang urusin jadi pada nggak pada bukber :))

      ReplyDelete
      Replies
      1. Best comment! Parkir dimana beb? Ribanya berapa tahun? Gajinya berapa? Udah nikah belum? Kok belum punya anak? Bukannya ngomongin bisnis malah pamer wkwkw

        Delete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES