• 18.5.18

    Mengunjungi Surga Kaktus di Lembang


    Hello lovely readers, siapa disini yang suka berkebun? Gardening is awesome, right? Berkebun bikin kita happy dan sehat, enggak percaya? Coba buktikan sendiri deh. Cita-cita saya dan Suami itu punya rumah yang luas agar bisa membangun studio untuk berkarya dan halaman untuk berkebun. Iya, saya itu enggak pernah dikasih bunga sama Suami, kecuali pas Wisuda tapi itu bukan masalah, karena saya lebih suka Suami memberi bunga (bagi hasil) Deposito syariah biar berkah, semoga bisa sampai taman syurga di Madinah aamiin.

    Oh ya, selain itu saya punya mimpi ingin mengunjungi taman bunga diseluruh dunia.  Untuk mewujudkan mimpi tersebut, Papi membuatkan taman bunga kecil-kecilan di rooftop garden kami,  so sweet kan? Apalagi kalau malam tamannya pakai lampu tumblr, tinggal BBQ aja deh hehe. Kebetulan Papi ingin menanam Bambu kuning dan ada kaktus yang mati nih, jadi saat ulang tahun Gen kemarin, kami jalan-jalan ke Lembang, setelah membeli bambu kuning, kami mampir ke Rumah Bunga Rizal.


    Sejarah yang tercantum dalam Website nya, Rumah Bunga Rizal adalah sebuah kebun produksi yang berlokasi di daerah Lembang, yang sudah berdiri sejak tahun 1978, bermula dari hobi yang akhirnya membudidayakan berbagai macam jenis anggrek, kaktus, serta tanaman hias lain. Pada tahun 2002, Rumah Bunga Rizal memutuskan untuk mengubah konsep kebun produksi menjadi kebun wisata. Rumah Bunga Rizal terbuka bagi pengunjung sejak jam 7 pagi hingga jam 4 sore setiap harinya, termasuk juga pada saat hari libur.

    Sebenarnya kami sudah sering lewat Rumah Bunga Rizal, meskipun tidak dilewati angkot, tapi lokasinya mudah ditemukan. Jika dari arah Bandung, setelah melewati alun-alun Lembang, ikuti jalan lurus melewati D'Ranch hingga arah Cibodas Maribaya, lokasinya bersebelahan dengan Kebun Bunga Begonia, sekarang di depan Rumah Rizal ada sebuah cafe kecil nan cantik bernama Kidang nyaring yang menyediakan hidangan kopi dan pizza. Tapi karena kami sudah kenyang sama Mie ayam Saerah 2 (enak banget) yang lokasinya dekat situ juga, jadi kapan-kapan mungkin nanti bisa ngopi senja bertiga di Kidang Nyaring.

    Memasuki area Rumah Bunga Rizal, kami harus parkir depan cafe, mana siang itu lagi panas banget dan Si Tukang Parkir minta Rp 5000 tanpa membantu apa-apa. Setelah jalan sedikit kami sampai di Rumah Bunga Rizal, tempatnya luas dan hijau, sebelah kiri Taman kaktus dan sebelah kanan Taman Anggrek, karena kami akan belanja kaktus jadi kami ke sebelah kiri.

    Sayangnya, sekarang Rumah Bunga Rizal seperti belum maksimal sebagai kebun wisata, meskipun masih bersih dan terawat sih, tapi tidak seperti kebun tetangga yang matre karena dibuat sengaja untuk wahana selfie haha. Kami bingung harus nanya ke siapa, apakah bayar atau tidak untuk masuk, ternyata gratis dan saat kesana memang ada beberapa pengunjung yang akan membeli, yasudah ikut berkeliling saja.






    Disini banyak sekali koleksi kaktus cantik dari berbagai spesies, tentunya saya mengincar kaktus berbunga yang unik dan belum ada di rumah. Harganya beragam, dari yang murah Rp 7500 hingga yang jutaan rupiah, asli ternyata ada kaktus yang harganya mahal banget, yang ukuran biasa saja bisa Rp 150.000 benar-benar hobi yang berbuah investasi, ya. Dulu kami membeli kaktus di Desa Bunga Cihideung, ternyata lebih komplit disini. 








    Ternyata hanya ada 3 orang petugas yang bekerja, kami kurang dilayani karena bukan Turis dari Jakarta, bahkan hingga siang hari kami menunggu belum juga ada uang kembalian, mungkin jika nanti kesini lagi, akan mampir ke Taman Anggrek dan Cafe di depan parkiran Rumah Bunga Rizal. Gen seneng sih diajak melihat kaktus, malah pengen pegang segala hehe. Saran dari saya, pelayanan dan fasilitas Rumah Bunga Rizal harus ditingkatkan lagi dan kalau kalian ngaku pecinta alam, enggak usah jauh-capek-repot mendaki gunung atau menyelami samudera, think global act local aja dulu, membantu petani lokal agar lebih sejahtera, membeli sayur nggak usah nawar mati-matian, yang suka selfie coba tanam bunga sendiri, kan lebih asyik! Sampai jumpa di jalan-jalan selanjutnya!. 

    RUMAH BUNGA RIZAL
    Jl. Raya Maribaya km. 2,4 Lembang

    6 comments:

    1. Gen udah setahun tapi belum ketemu-ketemu nih :')

      Keluarga ceu Sandra memang family goals banget ya, hehe

      ReplyDelete
    2. Ampun kaktus semuaaa, aku belum pernah kesini tp jd pgn kesini 😊 aku lg hobi melihara tanaman yg beginian, kecil unyu buat di taruh di pinggir jendela kamar. Harganya beragam ya

      ReplyDelete
    3. Banyak banget kaktusnya yaa. Sayang pelayanannya masih kurang. Btw aku penasaran sama rooftop gardennya nih

      ReplyDelete
    4. wahhh keren yaaa... biasanya kan adanya taman bunga,, sekarang ada taman kaktus yang kren banget yaa.. Ia kak Sandra harusnyamah mengutamakan pelayanan yaa.. Dan jangan sampai pengunjung kapok main kesana

      ReplyDelete
    5. Aku ikut mengaminkan kalimat terakhir di paragraf pertamanya mami. Aamiin. Duh, bayangin rooftop gardennya mami aku jadi kangen berkebun. Itu kalau malem-malem kebayang romantisnya.

      Makasih sharingnya teh, jadi tahu deh di Lembang ada kebun khusus kaktus. Semoga kapan-kapan aku bisa ke sana. Pengin beli kaktus yang unik juga :)

      ReplyDelete
    6. Wahh aku juga suka banget berkebun loh mom, makanya aku suka banget ngliat2 tanaman & bunga2 hias, lebih indah daripada sekedar ngemall rasanya hihihi

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES