• 14.5.18

    Coretan sore: Mana Foto Anakmu, San?

    Ini tulisan lama yang kelupaan mau di publish karena ada yang nanya kenapa wajah anak ditutupin mulu dan ternyata gak kerasa udah setahun nggak nyebarin foto anak dengan jelas, lebij baik cetak album, beres! 

    Perlukah show up kehamilan dan foto anak di sosmed? Tulisan ini dibuat saat saya hamil dan diedit kemarin :) enjoy.

    Hallo smart parents! seneng ya rasanya ketika tahu Istri hamil, rasanya pengen seluruh dunia tau... Salah satu caranya adalah melalui sosmed, nantinya bakal banyak doa dan ucapan selamat yang membanjiri status WA, BBM, Facebook, Twitter, Path bahkan Instagram ;) gatel rasanya pengen pamer kebahagian ini.
    Dulu saya pernah minta rekan kerja kirimin foto anaknya yang baru lahir, setelah dikirim, beliau bilang: "San, jangan di upload ke Sosmed ya :)", "Oke kak, Sandra ngerti dan Sandra juga kalo punya anak bakal lindungi privacy nya". Itu sebelum nikah loh mikirnya ;) eh Suami juga sepemikiran!.


    Makanya pas tahu hamil, saya mantap untuk menikmati kebahagiaan ini dengan cara: nanti dulu deh show up nya, nanti dulu deh publish blognya, keep in the draft dulu deh, posting nanti aja. Saya pengen kayak temen-temen yang lain, jarang update, jarang ngeluh, tau-tau brojol lah anaknya hehe..Alhamdulillah ngerasain happy ending.

    Hidup saya dan suami terlanjur antimainstream: Nikah tanpa hutang, sederhana sampai dikira hamil duluan kali ya hehe makanya kita pacaran dulu lah, ke Jogja dulu, ke Bali dulu, puas-puasin honeymoon berulang-ulang.

    Yaudah pas hamil cuma ngabarin keluarga inti, temen yang masih care suka chat dan temen yang lagi hamil buat sharing. yang lain nanti juga tahu kok kabar bahagia ini. Takutnya udah heboh eh keguguran, makanya upload fotonya pas udah fix USG, lihat deh pengumuman saya hamil di Instagram, unik kan? Haha.

    Sudah beberapa kali saya melihat timeline sosmed seperti teman yang sudah lama pengen kehadiran buah hati, kasus keguguran sampai sang bayi yang meninggal saat melahirkan, bayi nya masih harus dirawat di RS, bayangkan kalau kita di posisi mereka, enggak stress gimana coba, hal-hal yang awalnya membahagiakan tiba-tiba Tuhan uji dengan hal tak terduga, orang kan cuma bilang: sabar yah shay.

    Meskipun banyak pula yang saking gembiranya hamil dan punya anak, sering update berlebihan tapi tetep punya anak yang manis dan lucu. Pun demikian ketika Baby G lahir, teman-teman penasaran lihat wajahnya, ya kalau sahabat dekat datang ke rumah, ngasih kado pasti tahu betapa gantengnya baby G hehe. Tapi kalau teman selewat yang enggak ngucapin enggak apalah tetiba minta foto anak saya, hmm maaf ya ortu kami pun dilarang upload sembarangan :)

    Alasan saya dan suami untuk tidak terlalu show up kehidupan pribadi yang menyangkut buah hati adalah karena:
    1. Saya harus dewasa dan bijaksana, agama saya mengajarkan untuk tidak berlebihan dan tidak melampaui batas.
    2. Kita enggak pernah tahu apa yang akan terjadi pada kehamilan dan kondisi anak kita, berdoa dan berusaha pasti yang terbaik ya tapi mungkin itu alasan orang tua jaman dulu bilang: belanja keperluan baby nanti aja udah 7 bulan ya, karena posisi kepala baby di bawah, 8 bulan keatas lagi dan 9 bulan kebawah lagi. Sekarangmah jangankan 7 bulan, tespek positif upload, usg burem upload, ngidam upload, morning sickness upload, beli baju upload, kontraksi upload, anak baru 2 menit upload, aqiqah tak sesuai sunnah upload, sagala weh di upload heeheu abis gemez sih pengen pamer anak kita udah bisa apa saja ;) biarin atuh San, daripada menuhin memori hp, iya mangga :).
    3. Terkadang kalo timeline yang monoton, meskipun soal baby paling ganteng, cantik lucu versi emak bapaknya ya lama-lama orang bisa bosan dan terganggu. 
    4. Menyangkut privacy anak, udah tau kan di US ada anak yang menuntut ortunya karena fotonya tersebar di internet? Di Perancis udah enggak boleh loh posting sembarangan karena melanggar privacy anak, takutnya malah mengundang para pedofil, sindikat penjualan bayi di Instagram, hingga kasus penculikan karena si penjahat udah tahu kebiasaan Ibu korban lewat sosmed tadi. Saya pun hati-hati posting foto murid, lebih baik fokus sama aktifitasnya, bukan wajahnya.
    5. Empati sama temen yang belum punya baby ;).
    6. Sudah ada Blogger yang sadar untuk menghapus semua foto anaknya kecuali foto bersama yang susah di crop, adapula yang tidak pernah sama sekali upload foto anak dan tidak menyebutkan nama lengkap sang anak.
    7. Anak itu bukan hasil karya kita tapi titipan tanggung jawab dari Tuhan yang harus dijaga. Kami Artist, anak kami bukan anak selebritis yang hidupnya selalu diintai jurnalis, ada juga sih beberapa Public figure seperti Nadia Hutagalung yang jarang memperlihatkan wajah jelas anak-anaknya, awalnya Jedar juga gitu ya heheh.
    8. Kata Pak Aam, anak itu bukan lucu-lucuan, tapi tanggung jawab dunia akhirat. Percaya deh betapa enggak mudahnya ngurus anak dibanding berseloroh kapan atuh punya anak (lagi)? Camkan.
    9. Karena kami Seniman, lebih baik show up karya ;) meskipun edan-edanan berkarya likes dan komen tidak sebanyak foto bayi yang lucu tapi kami ingin anak kami berkembang sehat, so jangan nyalahin anak merebut hp Anda, kecanduan gadget karena setiap hari lihat Ibunya update mulu, main hape mulu, sehingga enggak mau ngajak main, ngajak ngobrol anak dan malah memberikannya gadget supaya diem :) toh kerjaan rumah tangga enggak pernah berhenti kan? Lagian masih banyak alternatif mainan lain daripada gadget. efeknya tahu kan? Motorik terganggu, speech delay (jangan bandingkan dengan Einstein kecil ya karena Einstein nggak main hp), kecil-kecil tau gif sex, bahkan kurang empati pada sesama (asli parah bamget kids zaman now udah cuek bebek kalau ada Ortu).

    Saya nulis gini karena sudah pernah jadi Guru yang sering mendapati curhatan orang tua supaya anaknya belajar gambar untuk membantu memperbaiki motoriknya akibat kecanduan gadget, itupun atas saran Psikolog. Saya juga tidak melarang hak Anda sebagai orang tua untuk melakukan apa saja yang masih "wajar" pada anak Anda di sosmed tapi alangkah lebih baiknya jika Anda mau bijaksana, menghargai hak dan privacy buah hati demi keamanan dan keselamatannya di masa depan ;).

    So, perlukah pamer kehamilan dan foto anak? Boleh tapi jangan berlebihan. Kalo saya sih pamernya di blog saja biar puas, tapi yang manfaat gitu lebih mencurahkan perasaan lewat tulisan kayak hamil sehat dan menyenangkan! Isinya tips doang, foto dari pixabay dkk heheu.


    Jangan emosi dulu Buibu, saya cuma suka sedih kalau ada foto anak telanjang memperlihatkan kelamin di sosmed. Kalau mau upload ya jangan live, tunda dulu, jangan mengumbar identitas anak dengan detail demi keamanan. Kemudian dimana lagi tempat yang lebih aman? Saya sering memanfaatkan status WA sih, tapi itu juga foto baby enggak close up. Menurut saya lebih safety dibanding Instastory karena Instagram saya sudah masuk bisnis jadi enggak bisa di private lagi. Sedangkan kontak WA insya Allah semua kenal dan bisa di setting. Atau boleh lah ngasih tahu prestasi: anak saya nih usia 3 tahun udah jago main piano ;) dapet Grammy pula hehe.

    Mana foto anak kamu? wani piro bayar anak saya tampil di sosmed? Kecuali ada endorsement kali ya atau jadi bintang iklan *duitnya buat pendidikan anak* :). Think before sharing smart parents! You are what you share!


    No comments:

    Post a Comment

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES