• 15.5.19

    Cara Meminimalisir Anggaran Belanja Bulanan Industri


    Dalam menjalankan industri di bidang apapun, meski pada skala kecil haruslah memiliki rincian pengeluaran maupun pemasukan yang jelas agar target-target industri bisa dicapai dengan baik. Selain untuk mencapai target industri, kejelasan keuangan dapat dijadikan tolok ukur sejauh mana industri telah berkembang dan hal apa saja yang perlu ditingkatkan, atau ditiadakan selama proses produksi.

    Pengeluaran belanja bulanan industri seringkali terletak pada pembayaran gaji bulanan karyawan, pembelian bahan baku, perawatan rutin mesin-mesin produksi, hingga pembayaran tagihan listrik bulanan. Seluruh pengeluaran tersebut memang tidak bisa ditiadakan, namun masih bisa ditekan seefisien mungkin.

    Untuk penggajian karyawan, besarannya sebisa mungkin mengikuti peraturan yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga industri Anda tak sedikitpun mengurangi hak-hak karyawan, mengingat kemajuan industri banyak disokong oleh kinerja baik para karyawan. Cara menekan pengeluaran di lingkup penggajian adalah dengan mempertahankan karyawan-karyawan yang memiliki etos kerja yang baik, dan mengganti karyawan yang seringkali tidak produktif yang memberikan hasil produksi terlampau jauh dari target harian industri, terlebih jika karyawan tersebut telah melewati masa pelatihannya.

    Sedangkan untuk menekan pembelian bahan baku bisa dengan menghitung biaya transportasi selama pengambilan bahan baku. Perhatikan jalur-jalur yang dilewati oleh kendaraan, serta jaminan keamanan bahan baku selama dalam perjalanan. Jangan sampai karena medan yang dilewati menyebabkan rusaknya bahan baku. Perhatikan juga apakah mobil pengangkut mudah untuk dibuka tutup oleh pencuri jalanan atau bajing lompat yang kian hari kian berani melakukan aksi jalanannya.

    Menekan pengeluaran industri yang selanjutnya adalah pada perawatan mesin industri yang seringkali setali dengan pengeluaran tagihan listrik bulanan. Pastikan pasokan daya listrik yang tersedia di tempat produksi cukup untuk menjalankan seluruh mesin-mesin industri, agar mesin bisa beroperasi secara stabil, tanpa adanya resiko mati mendadak akibat daya listrik tak cukup besar menopang konsumsi daya mesin. Mesin yang sering mati mendadak dapat mempercepat kerusakan dan memperpendek usia mesin. Tak perlu ragu menaikkan pasokan daya listrik tempat produksi, karena kini telah banyak alat penghemat listrik terbaik yang memang dirancang khusus memberikan solusi listrik untuk industri yang mampu membantu menekan biaya tagihan listrik bulanan industri Anda. Bagaimana? Sudah tidak pusing lagi kan mengatur anggaran belanja indutri? 

    2 comments:

    1. Sulitnya jadi pengusaha industri ya, harus pintar-pintar mengelola operational cost.

      ReplyDelete
    2. Biaya operasional biasanya yang paling tinggi, kudu dihemat2 ya bagi industri. Karyawan2 juga jadi dipilah-[ilih mana yang mempunyai SDm yang bagus dan mana yang ga. Makin bersaing aja nih dlm hal pekerjaan.

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES