• 1.10.18

    Petualangan Gentra Berendam di Tirta Gangga


    Dear Travelmate, akhir pekan dua minggu yang lalu, kami medapat rezeki berkesempatan mengajak Gen keluar kota untuk pertama kalinya yeay! Nggak jauh-jauh sih, ke Garut saja tapi saya senang, semangat dan excited banget hehe. Membawa anak bepergian keluar kota merupakan pengalaman sekaligus tantangan bagi kami sebagai orang tua. Sepertinya generasi Bolang masih terus berlanjut ya karena Orang Tua millenials hobinya traveling haha. Jadi, kami mau berendam di Hotel Tirta Gangga Jl. Raya Cipanas 130, Kabupaten Garut Jawa Barat.

    Perjalanan di mulai sebelum Shubuh, jadi sekitar 2 jam perjalanan, kami mulai memasuki kawasan wisata Cipanas Garut, kami melewati Hotel dan kolam renang air panas sebelum akhirnya sampai ke Hotel Tirta Gangga. Ternyata bangunan Hotel nya sudah tua ya, first impression diluar kumuh karena banyak warung yang tak beraturan. Tirta Gangga memang membuka kolam renangnya untuk umum dan saat kami kesana, pengunjung sudah ramai. Setelah membayar tiket masuk Rp 30.000 kalau tidak salah dan Gen masih gratis.

    Di dekat loket terdapat papan bertuliskan larangan merokok di kawasan terapi sehat, faktanya banyak sekali Bapak-bapak yang merokok, apakah ini terapi sehat untuk para perokok, sampai saya pura-pura batuk pun beliau masih tetap merokok padahal kan maksud saya please deh jangan merokok dekat bayi, tapi ya mereka kan empatinya rendah, jadi bebas mau merokok dimana saja, belum pernah ke luar negeri sih! 



    Kolam renang yang ada di Tirta itu ada dua, yang dangkal untuk anak kecil dan aquatic 2,25m untuk orang dewasa. Selain kolam renang, tersedia pancuran air panas yang biasanya digunakan para lansia dan kolam rendam berupa kamar-kamar, sayang sekali kolam rendam laki-laki dan perempuan itu berhadapan dipisah gang sempit, sering disalahgunakan sebagai tempat bilas dan mandi yang sering penuh. Oh ya, kita harus menjaga anak dan barang sendiri jika kehabisan loker karena pihak hotel tidak menyediakan petugas pengawas.




    Gen senang sekali melihat kolam besar, apalagi kalau nanti dibawa ke pantai dan laut ya hehe. Setelah memakai kaos tak berlengan dan clodi tanpa insert, Gen berenang di kolam dangkal bersama Papi. Ketika ada air yang masuk ke hidung dan mulut, Gen panik tapi Papi bisa mengatasinya. Gen sudah nyaman belajar berenang tapi matahari pagi itu terik banget, badanya sampai berubah merah, jadi kami pindah ke kolam yang dalamnya 2,25m. Memang sih air hangat yang agak panas bercampur dengan teriknya matahari jadi membuat suasana berenang kurang nyaman.

    Sayang sebelum berangkat saya haid jadi tidak bisa ikut berenang bersama Gen dan papi, padahal saya kangen banget main air haha. Tirta Gangga adalah hotel terbagus dari sejajaran penginapan dan kolam renang air hangat lainnya, jadi tolong pihak manajemen lebih meningkatkan lagi service excelent nya, karena Turis yang datang bukan orang Garut saja, lho. 

    Sekitar pukul 10 kami bilas, mandi dan beberes, beranjak ke destinasi selanjutnya yaitu oleh-oleh untuk orang rumah dan kantor Papi. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Mesjid Iqro untuk sholat dan makan siang, mesjid unik yang berada di Jl. Raya Leles Garut, mesjidnya bersih dan bagus dan istimewanya adalah ada kolam ikan untuk terapi mengangkat sel kulit mati. Saya sih geli banget tapi Papi dan Gen semangat, lucunya nih nggak ada ikan yang nyamperin kaki Gen, namanya juga bayi, kaki bersih masih banyak kolagen nya ya.


    Setelah selesai Sholat dan makan, kami pulang ke Bandung dengan hati riang gembira, ternyata bawa anak keluar kota sukses juga ya. Oke, sekian petualangan kami keluar kota, tunggu kisah kami di luar negeri ya, aamiin.

    Baca juga dong:


    20 comments:

    1. Kalo dengar kata garut saya ingetnya selalu Dodol Garut hehehe....
      Btw anak2 biasanya emang senang kalo diajak renang, seperti waktu anak2 saya masih kecil.

      ReplyDelete
    2. Aih senengnya... Lala mah belum pernah renang nih gen jalan2 agak jauh juga belum pernah. Hehehehe asyik gen

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ayo mama lala ajak lala n the genk jalan-jalan

        Delete
    3. Ih sebel ama bapa2 yg ngerokok, aq mah suka sengaja kibas-kibas asepnya da apalagi klo ada tulisan larangan ngerokok. :(

      Btw bisa jadi referensi kalo liburan ke garut, tfs teh :)

      ReplyDelete
    4. wah pastinya asyik ay bisa jalan2 bareng keluarga

      ReplyDelete
    5. Dulu waktu tinggal di Garut saya sering banget ke Tirta Gangga ini, sekarang mah udah banyak sih yang lebih bagus kayak DAnau Dariza tuh oke

      ReplyDelete
    6. Sering denger nih Tirta Gangga tapi belum oerper ke sana

      ReplyDelete
    7. Wah, sayang ya, kayanya tempatnya asik dan menarik. Tapi, petugasnya ga tegas ngingetin perokok, jadi seenaknya aja ngerokok dikawasan ga boleh menorokok. Orang kita sering banget ngabaikan aturan, kesadaannya kurang gitu jadinya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya aneh soalnya kan ini terapi sehat

        Delete
    8. Wah seru ya...kalau ke Garut palingan ke Cipanas nya aja hehe..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tirta Gangga juga di Cipanas buk

        Delete
    9. Senengnya berenang sekeluarga. Seru dan berkesan pastinya 😍

      ReplyDelete
    10. Wah serunya yang ke Tirta Gangga. Jadi kangen ingin ke sana lagi.

      ReplyDelete
    11. Perokok ndableg emang ngeselin ya mba, lagian apalagi kalau ditempat2 yg harusnya bebas asap, rasanya pingin nyodorin kresek ke mereka, biar ngerokoknya di dalam kresek.

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES