• 23.3.18

    IndiHome: Top of Mind Internet Service Brand

    Hello good people, di era serba internet saat ini, siapa yang belum pernah mendengar IndiHome? Produk berupa layanan internet dari PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. alias Telkom tersebut sukses memasarkan produknya hingga ke daerah-daerah yang belum terlayani oleh penyedia internet lainnya. Karena itu, tidak heran jika sejak kemunculannya yang belum genap berusia lima tahun, produk ini telah memenangkan banyak penghargaan. Yuk, simak ulasan mengenai Indi Home!

    Sejarah

    IndiHome merupakan singkatan dari Indonesia Digital Home. Melalui nama ini, Telkom ingin menyalurkan visinya untuk menghadirkan layanan digital maksimal kepada masyarakat Indonesia melalui layanan data (internet), telepon dan televisi interaktif. Dengan demikian, setiap pelanggan akan mendapatkan sebuah saluran yang dapat digunakan untuk tiga layanan sekaligus: internet dengan kecepatan tinggi (high speed internet), telepon rumah, dan televisi masa kini berbasis IP alias IPTV (USeeeTV).

    Terobosan layanan 3 in 1 ini belum pernah dilakukan oleh penyedia internet lainnya di Indonesia. Sebelumnya, Telkom telah mengeluarkan layanan internet yang menjadi pionir internet rumahan di Indonesia dengan label Speedy. Namun, untuk mewujudkan salah satu proyek utama Telkom yang bertajuk Indonesia Digital Network, BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi ini akhirnya meluncurkan IndiHome di tahun 2015. Dan saat ini, pembayaran tagihan IndiHome juga tersedia di website Traveloka.

    Perkembangan


    Bersama dengan sejumlah pengembang di bidang teknologi telekomunikasi, Telkom terus berinovasi untuk membangun rumah berkonsep digital. Untuk jumlah pengguna IndiHome sendiri, Telkom mengklaim bahwa hingga awal tahun 2018 telah lebih dari 3 juta titik yang telah berlangganan dan menikmati layanan ini.

    Menurut Vice President Marketing Management Telkom, Jemy Cofindo, target pelanggan di tahun 2018 yang akan dicapai berada di angka 4 juta. Optimisme ini bukannya tanpa alasan. Di akhir 2017 kemarin, peningkatan yang cukup signifikan telah dicapai. Jika sebelumnya pada akhir tahun 2016 jumlah pengguna berada di angka 1,3 juta, maka dalam jangka waktu setahun terjadi peningkatan sebanyak 1,6 juta.

    Untuk itulah, perusahaan dengan logo lingkaran dan jari ini tidak gentar memasang target tersebut. Sebagai strategi, penggelaran infrastruktur fiber optic terus dilakukan menuju daerah-daerah yang belum tersentuh di berbagai pelosok negeri. Saat ini, sebaran jumlah pelanggan sudah berada di lebih dari 160 kota di Indonesia meski dominasi masih berada di Pulau Jawa.

    Sebagai catatan, produk ini dapat dinikmati oleh pelanggan dengan dua jenis media transmisi, yakni fiber optic dan tembaga. Tentu saja, layanan dengan fiber optic terasa lebih memuaskan karena karakter serat kaca yang lebih mumpuni dibandingkan tembaga. Hingga sekarang, komposisi pelanggan yang masih menggunakan kabel tembaga adalah sekitar 1 juta.

    Daftar Produk
    Layanan High Speed Internet

    High Speed Internet – Youtube

    Pelanggan IndiHome Fiber dapat menikmati cepatnya koneksi internet dengan bandwith mulai 10 hingga 100 Mbps. Adapun pilihan bandwith yang tersedia yakni 10, 20, 30, 40, 50 dan 100 Mbps.

    USeeTV

    Layanan ini merupakan layanan TV interaktif yang pertama kali ada di Indonesia. Tidak seperti layanan saluran televisi lainnya, pengguna USeeTV dapat menggunakan berbagai fitur untuk kenyamanan menonton seperti pause and rewind, video recording, video on demand,dan lain-lain. 

    Saluran televisi yang disajikan pun cukup banyak. Untuk paket basic saja, pengguna akan mendapatkan 43 channel terbaik yang meliputi local channel, news national, home shopping, religion, sports, music, movies, lifestyle, kids, knowledge, FTA national, news international dan general entertainment and TV series.

    Add On

    Selain dua layanan utama tersebut, IndiHome juga menyediakan paket Add On yang bersifat opsional sebagai berikut: Movin

    Movin adalah mobile app berbasis Android yang memungkinkan pelanggan untuk mengelola internet, UseeTV, dan telepon rumah dari mana saja dan kapan saja. Melalui berbagai fitur berikut, pengguna dapat mengatur sendiri layanan triple play bahkan saat tidak berada di rumah sekalipun. Berikut adalah fitur-fitur yang tersedia:

    A. My Internet
    Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan akses koneksi seamless melalui WiFi IndiHome di rumah dan ratusan ribu hotspot WiFi.ID yang tersebar di seluruh Indonesia.

    B. My Entertainment
    Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola sendiri UseeTV melalui smartphone dari mana saja dan kapan saja. Pengguna dapat menonton acara dan film kesukaan dengan lebih mudah dan menyenangkan.

    C. My Phone
    Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan masuk dan keluar menggunakan nomor telepon rumah melalui perangkat smartphone selagi berada di dalam jaringan IndiHome rumah. Tagihan telepon akan dibebankan dalam abonemen.

    D. My Home Solution
    Fitur ini memudahkan pengguna untuk melakukan pengecekan tagihan bulanan.
    WiFi.ID Seamless

    Dengan menambah biaya sebesar Rp10.000,00 setiap bulan untuk tiap perangkat, pelanggan bisa menikmati akses internet di seluruh jaringan WiFi.ID yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

    Selain beberapa produk di atas, masih ada banyak layanan menarik lainnya. Bekerja sama dengan Traveloka, kini masyarakat juga bisa mendapatkan info terbaru produk ini dengan lebih mudah. Info tentang IndiHome di Traveloka juga dapat diakses langsung dari aplikasi yang sudah terpasang di smartphone.

    Penghargaan
    Di usianya yang masih sangat muda, IndiHome telah membuktikan kualitasnya dengan mengantongi berbagai macam penghargaan. Yang paling baru, layanan Triple Play meraih Top Brand Award 2018. Itu berarti, selama tiga tahun berturut-turut produk ini berhasil mendapatkan penghargaan yang sama.

    Top Brand sendiri merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada merek-merek produk yang berhasil memantapkan ekuitasnya. Penghargaan ini diberikan oleh majalah Marketing dan Frontier Consultant dengan riset yang aktual. 

    Untuk mendapatkan nama-nama pemenang, Frontier Consulting Group melakukan survei yang melibatkan 14 ribu responden di berbagai wilayah seperti wilayah: Pekanbaru, Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin dan Manado.

    Riset yang dilakukan tidak hanya berupa kuisioner, tetapi juga termasuk face to face interview. Hasil ini membuktikan bahwa IndiHome merupakan produk yang menjadi top of mind brand. Tentu saja, untuk mewujudkannya, kualitas produk menjadi syarat yang tidak dapat diabaikan, setuju? Semoga artikel ini bermanfaat, thank's for reading! Selamat beraktifitas

    20 comments:

    1. Terimakasih reviewnya mba, indihome memang top, tapi sayangnya saya belum punya, hehe
      Pengin punya udh lama cuma belum nyampe" yang biat pasangnya :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Semoga segera bisa pasang IndiHome

        Delete
    2. wah Jambi nggak diikutkan ya, padahal saya pengguna indihome lho :D

      ReplyDelete
    3. wwaaaaa murah banget kak Sandra,, kebetulan aku lagi nyari kak Sandraa buat pasang internetan di rumah... tapi dapat kaya tv kabel juga ga kak Sandra apa cuma internetan aja?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah coba hubungi cs ya untuk update terbaru😊

        Delete
    4. Anonymous23.3.18

      Kalo pasang indihome internetnya aja bisa ga san? Harganya kira-kira berapa ya?

      ReplyDelete
    5. aku udah pake 3 tahun alhamdulilah puas banget sama Indihome :)

      ReplyDelete
    6. Saya udah 2 bulan ini pake Indihome yang 20 mbps.
      Sebelumnya udah lebih dari 8thn pake Speedy.
      CUma berhubung Speedy makin kesini lelet banget, jadinya beralih ke Indihome ini.
      So far sih gak ada masalah :D

      ReplyDelete
    7. Bayarnya bisa di traveloka, aku baru tahu hehee

      ReplyDelete
    8. wah indihome bisa jadi rekemenadasi nich untuk dirumah, tidak mahal juga harganya

      ReplyDelete
    9. IndiHome pas banget buat nonton film di Youtube, nggak kuatir kehabisan kuota.

      ReplyDelete
    10. Iya nih kebetulan udah tau IndiHome, karena kami sempat menikmati asyiknya fasilitas TV terintegrasi dengan internet di rumah ortu saya, kalki aja sampai seneng bisa milih channel you tube di Usee TV.

      Kalau saya sempat tuh manfaatin rewind acara TV seminggu lalu akibat ketinggalan episode drama di stasiun TV Nasional. Jadi kejar nonton episode yang ketinggalan, kalau nggak salah cuma sampai 2 minggu sebelumnya aja yang bisa dikejar dengan rewind. Karena marathon nontonnya, untung bisa di pause untuk ke toilet hihihihi...

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES