• 6.2.20

    4 Tips Asyik Menggambar Bagi Pemula

    4 Tips Asyik Menggambar Bagi Pemula

    Hello Artmate, kali ini saya mau berbagi 4 tips asyik menggambar bagi pemula. Tips ini soal pengalaman saya saja sih, jadi bukan masalah teknis ya karena setiap orang punya artstyle yang berbeda pula. Btw siapa sih elo San? Berani-beraninya ngasih tips sama pemula, belum jadi Maestro juga! Haha biarin lah wakaf ilmu, semoga tips ini bermanfaat buat kamu yang haus berkarya namun masih bingung mulai dari mana...

    1. Fokus
    Berhentilah bertanya pada orang-orang mereka pake alat gambar apa (kecuali para Artist itu emang menunjukkan alat apa yang mereka pakai). Sekali-sekali boleh lah nanya, pakai pensil apa? Kertas apa? Cat apa? Merek apa? Aplikasi apa? Tapi kalau semua Artist ditanya kayak gitu, kapan kamu mau mulainya? Soalnya dulu saya gitu, suka nanya sebelum beli... Eh taunya nggak kepake karena stress sendiri hasil karya tidak sesuai ekspektasi haha. Ternyata bukan alatnya yang jadi jaminan, tapi tangan kita sendiri, jam terbang kerasnya latihan menggambar. Semakin rajin berlatih, skill kita akan meningkat, nggak usah membandingkan karya kita dengan ketekunan orang lain ya gaes! Saya bicara gini supaya kalian tidak mengikuti kesalahan saya di masa lalu 😘 Kalau perlu nggak usah kepo sama kehidupan orang lain supaya kamu fokus sama hidup kamu, skill kamu dan karya terbaik kamu.

    2. Konsisten
    Motto hidup 2020 ala saya adalah SEDIKIT BICARA BANYAK BERKARYA. Ketika kita tahu hal yang dibicarakan kurang baik mending tinggalin aja, dikurangi-kurangilah keluhan, hujatan, ngomongin orang di sosial media. Tekunlah berlatih SETIAP HARI. Jika kamu belum pede upload hasil karya di sosial media, sebaiknya ubah mindset tersebut karena menggambar bukan soal bagus tidak bagus, menggambar soal mau atau tidak, bukan bakat lagi karena hal apapun di dunia ini bisa dilakukan jika konsisten berlatih. Luangkan waktu dalam sehari untuk menggambar, jangan gantungkan pada mood saja, kita sudah dewasa tidak perlu baperan, habiskan energi kita untuk karya di masa depan.

    3. Sabar
    Tunjukkan progress kamu lewat sosial media, itulah yang saya dapatkan setelah membaca buku-buku Austin Kleon. Jika karya kamu tidak mendapat panyak like dan komen padahal kamu sudah begadang untuk menggambar, santuy saja.. Do it for yourself, jangan lakukan demi orang lain, jangan gantungkan kebahagian kamu lewat love button dari orang lain. Tenanglah, algorithma sosial media juga perkara SELERA, yang satu selera akan diperlihatkan, yang satu ENERGI akan dipertemukan, iya kan? Lagian zaman sekarang kita bisa Promote Karya di Instagram mulai Rp 20.000/ hari supaya karya kita lebih luas dilihat orang. Bukankah pameran tidak harus di Hotel berbintang atau Galeri Seni saja? Sosial media kita, Instagram kita, adalah pameran untuk pamer-pamer karya kita, let's show your work!

    4. Ikhlas
    Jika kamu sudah rajin berlatih, upload karya di Instagram namun belum ada yang tertarik bekerja sama maupun membeli karya kamu.. Ikhlaskan semua itu dan tetaplah semangat berkarya. Teman-teman kita tidak menekan love button bukan berarti mereka tidak suka, tapi mereka tidak mau saja menekan love buttonnya. Tapi saya yakin mereka melihatnya kok dan tahu kalau kamu BISA menggambar. Tidak banyak orang yang punya gairah untuk berkarya, jadilah orang-orang terpilih yang memaksimalkan panca indera yang diberikan Tuhan. Jadilah orang yang senang melihat orang lain senang, biarkan karya kamu yang berbicara, biarkan karya kamu menemukan takdirnya sendiri.

    Kesimpulan 4 tips asyik menggambar bagi pemula adalah menggambar itu bisa dilakukan semua orang, pakai alat yang ada, jika alatmu sudah tidak bisa menandingi skill menggambar mu, baru kamu bisa beli alat yang lebih bagus atau mahal. Tunjukkan karya kamu lewat sosial media tapi jangan berharap pada love button dari manusia. Kemudian jangan malu memperlihatkan karya kamu, justru nanti kamu akan lihat perbedaan karya kamu yang lama dengan yang baru. Biarkan karya kamu menuntun kamu menuju masa depan gemilang sesuai impian kamu selama ini. Mungkin sekian tips dari saya, jangan lupa follow Instagram art_sense ya dan bagikan tulisan ini pada orang-orang yang hobi menggambar! Terima kasih.

    Silakan baca ini:

    4 comments:

    1. Kata-kata yang sungguh memotivasi untuk terus berkarya. Memang untuk terus berkarya dibutuhkan selalu semangat dan konsisten dalam menjalaninya yaa. Semangat selalu mbak!

      ReplyDelete
    2. Ada temenku yg memang jago gambar, mau pake pulpen biasa aja hasilnya bagus banget :p. Jd bener sih, bukan alatnya yg penting, tp skill nya yg utama :D. Aku sendiri pgn bgt bisa menggambar gini. Tp mostly semua hasil LBH banyak abstraknya :p

      ReplyDelete
    3. Nice tips mbak. Menggambar memang menngasikkan tapi sedih lihat hasilnya. Hahaha

      ReplyDelete
    4. terimakasih mbak sandra, tulisan mbak selalu membuat motivasi baru pada diri saya. sukses selalu..

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES