• 2.12.19

    Selain Layanan Kesehatan, Inilah 5 Cara Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

    Layanan Kesehatan

    Hi gaes, nggak kerasa ya kini kita sudah berada di bulan Desember lagi, jangan lupa jaga kesehatan, soalnya sekarang sudah mulai masuk musim penghujan. Btw kalian tau nggak kalo sebulan kemarin jagat Instagram dikejutkan dengan permintaan maaf seorang Beauty Influencer alias Selebgram yang meminta maaf kepada masyarakat karena keluhannya soal layanan kesehatan yang terlanjur mengundang debat Nakes dan Netizen. Memang ya, layanan kesehatan penting sekali bagi semua pihak karena kesehatan adalah nikmat Tuhan yang paling utama.

    Sebagai seorang Ibu, tentunya kita semua tau bahwa Ibu itu nggak boleh sakit. Kalau anak dan Suami kurang sehat, Ibu yang merawatnya, akan tetapi jika Ibu yang sakit siapa sih yang bisa merawat? Apalagi ketika dulu masih menyusui, masuk angin aja rasanya kayak sakit apa aja gitu. Awal tahun lalu juga Suami dirawat di rumah sakit. Ternyata beliau harus rawat inap, masalahnya kamar pasien semuanya penuh jadi kami harus mencari rumah sakit lain yang ternyata juga sudah penuh. Rasa kalut dan lelah malam itu harus ditelan dengan merawat Suami di rumah. Barulah keesokan harinya Suami mendapat kamar di rumah sakit dekat kantor.

    Selain layanan kesehatan yang harus mumpuni, berikut adalah 5 cara meningkatkan kesehatan masyarakat yang menjadi tanggung jawab kita semua :
    1. Edukasi kesehatan
    Sebelum berobat, sebaiknya pihak terkait melakukan penyuluhan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan. Kegiatan ini harus rutin dan gratis supaya masyarakat tergerak untuk mendapatkan pedoman gaya hidup sehat. Edukasi kesehatan bisa dimulai dari rt/rw, sekolah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

    2. Iklan kesehatan
    Saat ini semua orang sibuk jadi iklan tentang kesehatan harus masuk ke dalam kegiatan masyarakat millenial yang cenderung dekat dengan sosial media. Dengan melibatkan para Influencer positif, masyarakat bisa terpengaruh agar tetap menjaga kesehatannya.

    3. Sarana menjaga kesehatan
    Olahraga dapat menjadi salah satu cara dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Apalagi jika kita hidup di kota besar, selain sibuk bekerja juga harua meluangkan waktu untuk berolahraga. Syukurlah saat ini mulai banyak sarana olahraga gratis seperti tempat jogging dan fitnes di taman-taman kota.

    4. Ketersediaan bahan makanan sehat
    Saat ini pedoman 4 sehat 5 sempurna telah diganti dengan gizi seimbang yang mengutamakan bahan makanan sehat, murah dan mudah didapat. Diharapkan masyarakat tidak tergoda jajanan yang merugikan kesehatan dan lebih memilih makanan alami yang menyehatkan.

    5. Kesadaran diri
    Ini penting sekali disadari sebelum mengajak keluarga dan orang lain dalam menjalani gaya hidup sehat. Kesadaran diri ini tidak harus menunggu sakit kan? Mulailah dengan minum air putih, makan bergizi, istirahat yang cukup, hindari stress dan toxic people, olahraga teratur dan jangan merokok.

    Bagaimana gaes, apakah kamu sudah siap menjadi agen perubahab dalam hal kesehatan masyarakat? Selain fokus pada layanan kesehatan, mari kita lakukan 5 cara meningkatkan kesehatan masyarakat diatas demi masa depan yang lebih baik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, semoga bermanfaat! 

    No comments:

    Post a Comment

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES