• 12.7.19

    Main Angklung Interaktif Gratis, Mau?

    Turis internasional sedang bermain Angklung interaktif 

    Siapa yang mau main Angklung interaktif gratis? Jadi gini guys, kemarin-kemarin saya sempat membuat survey di Insta story, menanyakan kepada teman-teman apakah sudah pernah bermain Angklung? Ternyata 40% belum pernah main Angklung, baik yang berada di Provinsi Jawa Barat maupun yang diluar Provinsi Jawa Barat. Padahal dengan bermain Angklung, kita turut melestarikan budaya nusantara lho. 

    Seperti yang kita ketahui, Angklung adalah alat musik asli Indonesia yang berkembang dalam masyarakat suku Sunda di Pulau Jawa. Alat musik ini terbuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digetarkan. Kerennya tuh, Angklung sudah terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak 2010.

    Ternyata Angklung itu memiliki berbagai jenis yaitu:

    • Angklung Kanekes -Banten
    • Angklung Reyog -Ponorogo, Jawa Timur
    • Angklung Bayuwangi
    • Angklung Bali
    • Angklung Gubrag -Bogor
    • Angklung Badeng -Garut
    • Angklung Buncis -Arjasari, Bandung
    • Angklung Badud -Ciamis
    • Angklung Bungko -Indramayu
    • Angklung Ciusul -Banten
    • Angklung Dog dog Lojor -Sukabumi

    Pelajar sedang bermain Angklung interaktif 

    Kemudian ada Angklung Padaeng yang dikenal sekarang sebagai Angklung Nasional dengan tangga nada diatonis dan di era modern ini ada Angklung interaktif, yang merupakan suatu kegiatan seni Angklung, dimana seorang konduktor mengajak banyak orang, yang umumnya awam, untuk bermain angklung beramai-ramai. Kegiatan ini bisa dilakukan di tempat pariwisata atau acara ramah tamah. Pada para peserta akan dibagikan angklung-angklung yang sudah diberi nomor sesuai nadanya. Lalu, sang konduktor akan memimpin kegiatan Angklung interaktif. (sumber: Wikipedia)

    Manfaat bermain Angklung adalah sebagai media pendidikan seni budaya dan hiburan yang menyenangkan karena bunyinya nyaring tetapi tidak bising. Selain itu, Angklung juga mudah dimainkan, semua orang bisa bermain Angklung dan jika dimainkan oleh banyak orang akan semakin seru.

    Kepala sekolah SMA di Bandung Barat sedang berlatih Angklung 

    Nah, sekarang pertanyaannya apakah kalian, terutama yang belum pernah bermain Angklung, mau main Angklung interaktif gratis? Wait, nggak salah tuh, hari gini GRATIS? Iya bisa banget! Saya kasih tau ya caranya, kalau kalian lagi main ke Bandung, jangan hanya mengunjungi tempat wisata selfie dong, luangkanlah waktu untuk berkunjung ke tempat wisata seni, salah satu tempat wisata seni yang ada di Kabupaten Bandung Barat yaitu Bale Seni Barli yang terletak di Komplek Kota Baru Parahyangan. Akses nya sangat mudah sekali karena dekat dengan pintu Tol Padalarang.

    Jika kamu ingin berkunjung ke Bale Seni Barli, jangan sendirian ya, ajakin keluarga, sahabat atau murid-murid kamu. Caranya tinggal beli paket melukis mix media atau membatik, nanti sambil nunggu karya kamu kering (hasil karya bisa dibawa pulang), main Angklung interaktif deh sama instruktur Angklung yang juga Musisi Jazz Internasional, siapa lagi kalau bukan kang Ringga Hardika. Nanti pas main Angklung pakai lagu jadul ya? Eits kata siapa, mau lagu Dia yang bikin baper? lagu Bunda yang bikin termehek-mehek? Atau mau lagu Perfect yang lagi happening? Juga bisa! Angklung interaktif di Bale Seni Barli emang selalu up to date.

    Kegiatan seni di Bale Seni Barli

    Angklung lagu Bunda source YouTube 

    Buat kalian yang diluar kota, tenang-tenang kalian bisa mengundang kang Ringga untuk melatih angklung yang peserta nya bisa murid sekolah, murid sekolah luar biasa, karyawan kantor, pejabat, ormas bahkan turis internasional juga bisa! Sekalian Guru-guru nya juga belajar Angklung yuk, supaya ilmu melatih Angklung nggak berhenti di kang Ringga saja. Ilmu kan harus regenerasi, iya kan guys? Apalagi ini menyangkut alat musik kebanggaan tanah air tercinta, kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga Angklung? #saveangklung

    Jadi sekarang udah pada tau kan kalau mau main Angklung interaktif gratis hanya di Bale Seni Barli. Fyi, kalau mau memiliki Angklung untuk keperluan sekolah atau organisasi dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik, kalian bisa kunjungi Talaga Art & Music Shop yang menyediakan berbagai aksesoris seni dan alat musik. Ayo main Angklung minimal sekali seumur hidup. Kita udah, kamu kapan?

    Kang Ringga, Instruktur Angklung dari Bandung Barat

    Baca juga dong:

    4 comments:

    1. Anonymous12.7.19

      keren ya, saya sudah pernah main angklung konduktornya akang yang ini juga kalo gak salah bareng sama bupati dan chef Juna ikut bermain bersama. main alat musik tradisional angklung tapi rasanya modern banget, sesuai zaman.

      ReplyDelete
    2. Oh jadi ini yg nglatih papanya Gen ya mom, keren ya. Suamiku suka bgt musik angklung tp ga bisa mainnya hahahaha
      Kalau di greja kadang ada anak2 yg ngiriring lagu pake angklung, suamiku seneng bgt tuh, minta duduk di depan pasti hahaha

      ReplyDelete
    3. Seru banget kayaknya main angklung. Jaman saya sekolah dulu cuma dikasih pilihan gitar atau suling. Tetap aja nggak jago dua duanya, wkwkw. Semoga nanti bisa belajar angklung pas jalan-jalan ke Jabar. :D

      ReplyDelete
    4. wah aku masih hrs sabar ya ngajarin angklung anak2 nih

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES