• 28.1.18

    Sharing MPASI Baby Gentra 6-8 Bulan


    Hi Momies, yang sedang sibuk mempersiapkan MPASI Si Kecil, pasti lagi pada bingung kan mulai dari mana? Haha sama! Moms enggak sendirian kok, saya juga bingung banget awalnya tapi baca sana sini, konsultasi sana sini akhirnya jalanin aja deh tanpa berekspektasi terlalu tinggi. Mungkin Moms juga sudah baca teori per-MPASI-an kan ya. Secara praktiknya, saya memilih menerapkan saran dari WHO dan memberi makan secara konvensional atau disuapi sambil duduk di stroller. Karena no helper n Nanny, saya ingin MPASI yang halal, sehat, mudah dan murah. Apa saja sih persiapan MPASI? 


    Bahan makanan
    Saya membeli dari tukang sayur atau Supermarket, yang penting bahannya segar, mudah di dapat dan harganya murah. Gen di kondisikan makan umbi daripada tepung beras, proteinnya sering yang hewani, setiap hari juga makan sayur buah, ditambah minyak zaitun dan biji chia sebagai super food.




    Peralatan MPASI 
    Untung feeding set nya dapat dari kado, karena ingin menyajikan makanan sehat bergizi, saya membeli Baby Safe Steamer Cooker 250k  untuk memasak, mengukus dan menghangatkan makanan, panci kecil untuk masak oats atau gasol, saringan merek Lusty Bunny 50k, ice tray dengan tutup 10k beli di Borma buat nyimpen kaldu atau frozen foods dan Alhamdulillah dapat kesempatan mencoba Philips Avent Healthy Baby Food Maker seharga 1,6 juta. Oh ya, saya juga dikasih buku MPASI dari Teh Amy blogger sebagai referensi kalau bingung mau ngasih makan apa sama Gen. Oh ya jangan lupa tempat makan bayi di stroller dan sikat gigi bayi, saya beli merek Huki 20k. Sediakan juga talenan, pisau dan spons cuci terpisah. Sebenarnya alat bebas sih, yang penting SUMBER REZEKI nya jangan sampai ada harta haram masuk ke perut bayi kita. 



    Waktu memasak
    Biasanya saya memasak untuk baby sebelum memasak untuk kami di pagi hari, terkadang kalau riweuh ya masak Oats instan tambah buah-buahan hehe. Kira-kira jam 10 mengukus nah nanti siang jam 12 makan siang lanjut jam 4 makan sore sebelum Baby di seka. Berikut beberapa hasil kreasi sederhana masakan Mami Sandra untuk Gentra:








    Porsi dan tekstur makanan
    Porsinya sedikit dulu dua sendok tiga sendok dst sampai ditingkatkan sesuai usia. Tekstur awal masih buah-buahan yang mengandung banyak air tapi saya tidak pernah menambahkan ASI karena tidak punya ASIP, kemudian tekstur halus dan mulai ditingkatkan sesuai usia karena jika sejak awal bertekstur keras suka tersedak. Pokoknya 6-8 bulan kukus saring dulu deh bayi zaman now sehat ya hehe. Awal makan hanya pagi dan siang, setelah 7 bulan jadi 3 kali sehari, misalkan pagi jam 8 lalu siang jam 12 dan sore jam 4. Dua kali makan berat dan sekali snack buah, biasanya Gen makan buah pagi hehe. 


    Gen sudah coba makan apa saja? 
    Karbohidrat
    1. Kentang
    2. Gasol beras merah dan 5 grains atau kacang-kacangan, dia kurang suka emang kurang enak sih haha masaknya quick cooking, cocok sama buah pisang pakai keju dan chia. 
    3. Oats instant tapi lagi order yang quick cooking juga, oats cocok sama pisang, tambah bubuk coklat, EVOO dan chia. 
    4. Ubi merah yang yang murah meriah dan ubi ungu yang manis dan lezat cocok dengan aneka sayuran dan buah.
    Protein 
    Paling sering sih protein hewani seperti ayam, telur puyuh, keju Prochiz oles, tadinya mau no salt n sugar tapi masih dalam batas ya haha. Next order Abon bayi untuk usia 9 bulan buat toping nasi tim. Kenapa belum beli daging sapi? Karena mahal dan masaknya lama serta ribet aja beli secuil doang. Kalau ikan juga Mmai lagi malas bersihin nya, Salmon juga mahal harus ke Supermarket dulu jadi karena di endorse Snack Teri Rufani di tumbuk saja dan Gen suka banget, gizi nya tinggi dan praktis. Untuk protein nabati pernah dikasih tempe dan Gen kurang suka, kasihan juga rasanya enggak enak tapi dia makan semuanya sih, pas mau beli Tofu di supermarket ternyata itu Tahu mahal yang masih mengandung garam, yasudah next saja Tahu Mang Sayur bulan depan hehe.

    Sayuran
    Sayur yang pernah di konsumsi adalah wortel, brokoli, buncis, kacang panjang, kacang polong, bayam, kembang kol, labu siam kabocha atau labu merah.

    Buah
    Buah-buahan yang paling sering adalah pisang hehe kemudian mangga, melon, alpukat, buah naga, nanas, apel dan pir kukus.

    Nutrisi tambahan
    Saya beri Gen minyak zaitun sebagai lemak pengikat vitamin dan biji chia yang kaya manfaat sebagai super food. Saya enggak beli Unsalted butter karena sudah ada keju. 

    Makanan instan
    Saya sengaja enggak memberi bubur instan karena para working Moms saja membuat MPASI homemade, bukan kompetensi tapi karena saya suka masak dan bakal sampai gede masakin buat anak ya sudah makanan alami sebisa mungkin. Paling keju saja tapi tidak berpengaruh pada selera makan Gen. Sampai usia 8 bulan Gen sering ditinggal di stroller saat saya beraktifitas, dia aktif dan segala di makan, akhirnya saya beli biskuit Yummy bite, Heinz dan Promina yang dimakan sehari 1 keping dalam sebulan agar dia belajar menggenggam dan menggigit makanan.

    Karena biskuit mengandung gula meski sedikit saya takut dia ketagihan jadi biskuit untuk darurat saja deh soalnya, selama dua hari nafsu makan Gen berkurang lalu kami hentikan pemberian biskuit dan akan diganti dulu dengan timun, wortel atau buah yang hand friendly. Sekarang nafsu makan Gen sudah kembali. Selain itu saran dari teman kalau anak enggak nafsu makan kita nya jangan stress, jadikan kegiatan makan menjadi menyenangkan, tuh makanya jangan suka bikin Busui baper ya! Kalau ngomong tuh dijaga soalnya suasana hati Busui berpengaruh pada bayi. 

    Bagaimana hasilnya? 
    Sebelum genap 6 bulan, Gen sudah tertarik kalau melihat kami makan, seminggu sebelum MPASI dimulai, Gen icip-icip buah-buahan yang kami makan seperti Mangga, Melon dan Nanas. Saat MPASI dimulai, kami memberi pure buah Naga dengan cara cuci, kupas, potong, saring dan Alhamdulillah Gentra suka, sayangnya karena serat yang terlalu tinggi dia jadi mencret akhirnya besoknya diganti dengan kentang dan menu tunggal silih berganti selama dua minggu, kadang melon, mangga,  pepaya, pisang dll.

    Semuanya Gen suka dan tak sabar sebelum sesi makan dimulai, menangis setelah makan mungkin masih lapar dan rasanya enak karena selalu terbuat dari cinta Mami😍. Saat makan Gen juga suka explore acak-acak makanan dan sejak makan frekuensi menyusu nya berkurang, sehingga Mami bisa kencan sama Papi hehe.

    Setelah punya bayi saya juga merangkap sebagi analis pee n pup nya Gentra, kalau makan buah naga pupnya merah,  makan ubi ungu pup nya ungu, lucu ya. Alhamdulillah Gentra termasuk anak yang makannya lahap dan kenaikan berat badannya selama 2 bulan makan sudah 1,5 kg, padahal sebelum makan kenaikan berat badannya biasa saja.

    Kesimpulannya Mami suka masak homemade untuk Gentra tapi tidak selalu menu 4 bintang, Mami kan enggak tahu apakah mixing foods seperti itu bagus atau enggak kalau berlebihan karena terkadang ada zat makanan tertentu yang tidak boleh dicampur misalkan tahu dengan bayam, jadi Mami bikin semampunya yang penting Gentra suka, rasanya enak dan bergizi. InsyaAllah nanti dilanjutkan lagi ya Moms, semoga tulisan ini bermanfaat, jika ada saran dan informasi terbaru silakan tulis di kolom komentar, terima kasih 😊.

    Baca juga :

    17 comments:

    1. Bermanfaat banget nih, makasih sharingnya, Teh..
      Kalau disini banyak belajar tentang bayi nih..

      ReplyDelete
    2. Wah baby g makananya penuh dengan gizi, semoga dede sehat selalu y sayaaang

      ReplyDelete
    3. Jadi ingat anakku mulai umur 8 bulan sudah mulai susah makan. Waktu itu menunya sudah 4 bintang dan no gulgar. Dia nggak terlalu doyan kayaknya. Akhirnya umur 11 bulan kukasih gulgar ke mpasinya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hha sama, seleranya lagi berkurang oh gt ya, tfs mba

        Delete
    4. Gen pasti seneng makanan buatan Mamanya yang enak dan menyehatkan. Mamanya rajin dan pintar, kelak harus sayang terus sama Mama ya Baby G

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hihi makasih Teh Enchie😊

        Delete
    5. Mamanya hebat... aku ga sempat bikin2 gini. Langsung we nasi sayur hehe...

      ReplyDelete
    6. cocok buat keponakan rara nih teh

      ReplyDelete
    7. Rajin banget Sandra.. sehat-sehat ya Gentra. Memang seru kalau udah MPASI gini, paling puyeng kalau lagi GTM.

      ReplyDelete
    8. Jadi kangen bikin Mpasi hehehe

      ReplyDelete
    9. Meskipun agak repot, tapi puas ya Teh kalau bikin MPASI sendiri 😍

      ReplyDelete
    10. Aku juga banyak belajar lagi nih meski anak udah 3 tapi lupa lagi jeda bbrp tahun juga. soal MP-ASI ini terutama beberapa makanan yg gak boleh di mixing gitu kan kita gak mungkin uji coba ke baby ya. Aaah itu mupeng banget Philips AVENT baby food maker nya cuma emang lumayan harganya. Huhuuu ��

      Semoga segera ada rezeky nya deh ya buat baby Layla. Hehe Aamiin

      ReplyDelete
    11. Waktu Kalki dan Kavin MPASI saya juga punya jurnal khusus menu makanan apa yang udah saya berikan ke mereka hihihi dan mengamati pupnya juga.
      Macem-macem ya yang sudah gentra maem. Jadi pengen beli chia seed buat super food, saya belum pernah coba tuh.

      ReplyDelete
    12. Geen, Mama kamu pinter bangeeett siih...
      Jaman anakku dulu rasanya gak ada Chia sama EVOO. Hiihii...((akunya yang kudet,maksudnya))

      Boleh incipin makananmu gak, Gen??

      ReplyDelete
    13. Makasih sharingnya

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES