• 19.2.18

    Cerita Tentang Imunisasi Dasar Lengkap



    Dear smart parents, jumpa lagi dengan rubrik Mom & Kids hehe. Kali ini saya mau sharing tentang pengalaman pemberian Imunisasi Dasar Lengkap pada Bayi saya. 

    Vaksin atau sering disebut Imunisasi adalah suatu produk yang menghasilkan kekebalan terhadap penyakit dan dapat diberikan melalui jarum suntik, kulit, atau diberikan dengan penyemprotan. Vaksinasi adalah tindakan penyuntikan organisme yang mati atau dilemahkan, selanjutnya akan menghasilkan kekebalan tubuh terhadap organisme tersebut (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

    Untuk teori imunisasi jenis apa saja dan kapan diberikan serta alasan kenapa harus di imunisasi, silakan baca buku pink Ibu dan anak yang diberikan pemerintah lewat lembaga kesehatan saat hamil Si buah hati.


    Baby G imunisasi dimana? Seringnya di Bidan Wisdyana tempat melahirkan dulu, biayanya sekitar 40-50 ribu. Saat Baby G berusia 5 bulan, imunisasi nya dilakukan di Puskesmas, bertepatan dengan pekan terakhir imunisasi MR sehingga suasana kurang kondusif dan saya dimarahi karena tidak segera ke ruangan padahal saya sedang menyusui Baby G. Sedih rasanya dengan kualitas pelayanan petugas kesehatan disana yang stress karena harus bertemu dengan ratusan orang, kondisi ruangan imunisasi pun kurang bersih untungnya Baby G sangat sehat dan ceria.


    Kemarin saat Baby G berusia 9 bulan, melengkapi imunisasi dasar lengkap, nanti disuntik imunisasi lagi Insya Allah di saat usianya setahun setengah dan usia dua tahun, lalu ada pengulangan lagi saat SD. Setelah imunisasi biasanya bayi agak rewel dan demam tapi berdasarkan pengalaman saya tidak seseram cerita orang. Jadi jangan takut imunisasi di Bidan karena selain harganya terjangkau, juga berasal dari vaksin lokal terpercaya milik pemerintah yaitu Bio Farma.


    Nanti mau imunisasi tambahan di Dokter Spesialis Anak? Mendengar biaya yang lumayan, saya dan Suami lebih memilih mengalokasikan biaya vaksin ratusan ribu tersebut untuk MPASI homemade yang sehat karena penyakit kan banyak yang berasal dari perut atau usus. Berdoa juga supaya tidak ada setetes pun makanan dari sumber rezeki haram masuk ke perut anak. Kecuali jika nanti ada himbauan dari pemerintah tentang imunisasi wajib tambahan dan pastinya gratis. 

    Saat ini banyak beredar hoax dan kubu Antivaksin yaitu orang tua yang tidak memperbolehkan anaknya di vaksin, jadi kalau misal anaknya sekolah, kemudian ada pekan/bulan imunisasi nasional seperti MR tahun lalu, nah orangtua yang Antivak harus memberikan surat keterangan tidak mengizinkan anaknya di vaksin.

    Buat orangtua Antivak, lebih baik diam saja sih ya kalau mau masing-masing enggak usah nyinyir di sosmed apalagi saat ada kasus vaksin palsu di sebuah rumah sakit. Si Antivak itu malah ngetawain para anak yang terkena vaksin palsu, padahal apa bedanya dengan mereka yang antivak karena logika nya para korban tersebut sama dengan Antivak, sama-sama belum di vaksin.

    Jika teman-teman pengen tahu berita yang benar lebih baik kunjungi web terpercaya yang dikeluarkan oleh pemerintah. Vaksinasi pada anak adalah upaya ikhtiar kita sebagai orang tua karena zaman sekarang sudah berbeda dengan zaman dulu, bahkan dalam kitab suci saja dijelaskan bahwa kita tidak boleh meninggalkan generasi yang lemah. Sekian sharing kali ini semoga bermanfaat ya! Semoga kita dan keluarga sehat selalu. Terima kasih. 

    Baca juga:


    12 comments:

    1. mba San murah yah di bidan 40-50rb jauh bener sama DSA hahaha..aku pun ah ntar mah ke bidan aja :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalo di Bidan, vaksin nya dari pemerintah, Bio Farma poenya, kualitas ekspor ๐Ÿ˜€

        Delete
    2. Terakhir vaksin rashya kmarin, dokternya curhat soal antivak heuheu...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah saya belum pernah vaksiv di Dokter nih

        Delete
    3. Alhamdulillah adik saya juga di antivaksin ini, ternyata bener" penting ya mba terutama untuk kesehatan

      ReplyDelete
    4. Alhamdulillah DuoNaj imunisasi lengkap semua. Untuk Najwa beberapa kali di bidan, begitu masuk DPT, neneknya minta ke dokter. kalau najib full di bidan (irit) hehehe, malahan ada yang di posyandu. Insya Allah saya selalu mencari informasi dari sumber yang terpercaya terkait perkembangan anak-anak. Sehat-sehat ya, Baby G .

      ReplyDelete
      Replies
      1. Makasih sharingnya Mba Damar๐ŸŒธ๐Ÿ˜Š

        Delete
    5. Bekal penting buat calon ibu seperti saya nih hehee

      ReplyDelete
      Replies
      1. Semoha berfaedah๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜ณ

        Delete
    6. Baca lagi ini lamat - lamat, bentar lagi ada baby. Udah agak lupa soalnya soal imunisasi ehehhee. Makasih teh share nya

      ReplyDelete
    7. wah cukup terjangkau ya sis Sandraaaa,, penting banget informasinya nih,, nunggu dede bayinya lahiran dulu xiixx

      ReplyDelete
    8. Pas banget, aku paling suka baca baca tentang perbayian sekarang, maklum mom newby hihi
      Kemaren anak baru dpt 2, terus yg ini alhamdulilah ga demam
      Nah paling yg tambahannya aku nambahin selain wajib yakni pcv dan rotavirus buat jaga2 aja
      Sehat2 ya beby gentra

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES