• 8.7.21

    5 Trik Menciptakan Ruang Belajar yang Menyenangkan di Rumah

    Ruangbelajar

    5 Trik Menciptakan Ruang Belajar yang Menyenangkan di Rumah

    Halo sobat pintar, selama pandemi ini aktivitas pembelajaran lebih banyak dilakukan di rumah, hal tersebut menjadi PR tersendiri bukan hanya untuk peserta didik yang beradaptasi tapi juga para orang tua yang kini harus menambah skill baru dalam membimbing anak-anaknya selama belajar di rumah.

    Kebutuhan peserta didik zaman dulu dan sekarang tentu saja berbeda. Kalau zaman dahulu, peserta didik sangat patuh kepada Guru dan tidak terlalu aktif bertanya, sedangkan peserta didik zaman sekarang begitu aktif dan kreatif sehingga sebagai Guru ataupun Orang tua, kita harus ikut belajar dan belajar lagi.

    Aku sempat mengajar di tempat les dan sekolah sekitar 5 tahun, tapi saat memiliki anak sendiri, rasanya beda ya mengajar anak sendiri dan anak orang lain. Anak cenderung lebih mudah mendengarkan Gurunya ketimbang orang tuanya. Anakku saja, Gen yang masih usia Playgroup sering merasa insecure ketika hasil gambarnya tidak sebagus orang tuanya, aku memberikan pengertian bahwa jika kamu ingin mengambar yang bagus, kamu harus rajin latihan. Alih-alih mengikuti saranku, Gen malah mengambil alat gambarku, Gen pikir dengan mengambil media belajar yang sama hasilnya akan langsung bagus hahaha.

    Hari demi hari berlalu akhirnya Gen sadar dengan rajin latihan menggambar, dia bisa membuat karya yang lebih indah menurut pemikirannya. Sebagai orang tua, aku hanya bisa menyiapkan kebutuhan media pembelajaran terbaik dan membimbingnya selama proses belajar. Pantas saja orang tua yang sebaya denganku dengan anaknya yang masih SD mengeluhkan waktu 24 jam itu tidak cukup, apalagi semenjak ada program Pembelajaran Jarak Jauh alias PJJ. Mungkin jika anak SMP dan SMA, peserta didik bisa lebih mandiri, berbeda dengan anak SD yang masih butuh ektra bimbingan.

    Lalu bagaimana cara yang efektif belajar di rumah? Berdasarkan pengalaman para orang tua, akhirnya aku bisa berbagi tentang Ruang Belajar. Yang dimaksud Ruang Belajar disini bukanlah property ruangan khusus agar anak konsentrasi saat belajar, melainkan "isinya" atau proses belajarnya lah yang jauh lebih penting. Inilah 5 Trik Menciptakan Ruang Belajar yang Menyenangkan di Rumah...

    • Buatlah jadwal belajar yang teratur

    Seperti halnya sekolah, belajar di rumah juga memiliki jam yang teratur. Pastikan anak sudah mandi dan sarapan. Hindari jam anak mengantuk atau lapar karena bisa mengurangi konsentrasi dalam belajar

    • Buatlah suasana yang menyenangkan

    Selama belajar di rumah, buatlah ruang belajar yang kondusif misalnya belajar sambil bermain supaya materi lebih mudah diserap oleh anak, jangan lupa mengulang materi dan menemani anak membereskan tugas serta PR nya.

    • Biarkan anak belajar mandiri

    Saat belajar, biarkan anak mengeksplor seberapa jauh dia memahami materi, jika ada yang keliru atau materi yang belum dipahami, baru kita meluruskannya.

    • Ramah anak

    Anak masih kecil nggak usah dimarahi jika membuat kesalahan atau kekeliruan, namanya juga sedang belajar. Zaman kita masih kecil kalau nggak ngerti tinggal nanya pada Guru sedangkan anak zaman sekarang sangat membutuhkan bimbingan orang tua sebagai Guru di rumah.

    Ruangbelajar

    • Mengikuti Ruangbelajar by Ruangguru

    Siapa sih yang nggak kenal Ruangguru, kini Ruangguru hadir dengan inovasi baru yaitu Ruangbelajar yang merupakan  layanan belajar online terbaik saat ini belajar hanya materi pastilah snagat membosankan, dengan adanya Ruangbelajar for SD Orang tua yang memiliki anak SD terbantu dengan video animasi Dafa Lulu. Pokoknya infografisnya bagus dan seru jadi lebih menyenangkan, deh. 

    Apa sih yang akan didapatkan jika berlangganan Ruangbelajar?

    1. Puluhan ribu video belajar beranimasi. 
    2. Latihan soal. 
    3. Rangkuman infografis. 
    4. Bisa di-download dan diakses offline. 
    5. Fitur premium lainnya. 

    Ruangbelajar

    Ada fitur apa saja sih di ruangbelajar?

    • Ruangguru adventure
    Belajar di Ruangguru dilengkapi fitur gamification untuk membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Semakin rajin, semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan!
    • Adapto
    Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan demikian, siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri.
    • Bank soal
    ruangbelajar dilengkapi beragam fitur-fitur latihan seperti banksoal, Latihan Bab, Cek Kemampuan, dan Kuis untuk memastikan kamu sudah paham betul materi yang kamu pelajari!

    • Laporan belajar
    Para orangtua cukup ketik “Rapor Anak” ke WhatsApp Ruangguru di 081578200000 untuk dapatkan laporan belajar anak secara komprehensif. 

    • Rencana Belajar (Playlist Belajar)
    Fitur ini memudahkan user ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya), mereka sering terganggu dan harus berhenti belajar di Aplikasi Ruangguru, dan ingin melanjutkan materi tidak dari awal.

    • Subtitle Video
    Berdasarkan tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran global (khususnya pada konten yang telah direkam sebelumnya), transkrip adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu pembelajaran.

    • Fitur Pencarian
    Fungsi pencarian sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.
    • Pet Mission
    Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan.
    • Tes Minat Bakat
    Tes minat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC.

    Ruangbelajar

    Kenapa sih harus ikut Ruangbelajar by Ruangguru? Ini dia alasannya... 

    • 9.3/10 Tingkat kepuasan pengguna bimbel online ruangbelajar. 
    • 96% Menilai ruangbelajar lebih menarik dibandingkan pengajaran di sekolah. 
    • 98% menilai ruangbelajar sangat membantu pemahaman konsep. 
    • 96% pengguna langsung naik nilainya setelah 3 bulan berlangganan. 
    • 98% menilai ruangbelajar sangat membantu persiapan ujian. 

    Daripada orang tua keliru dalam memberikan jawaban atas pertanyaan yang sukar dijawab, lebih baik dibantu langsung olah ahlinya karena Ruangguru punya Guru-guru terbaik. Nah, bagaimana nih sobat pintar, pasti mau daftar Ruangbelajar sekarang, kan? Sekian 5 Trik Menciptakan Ruang Belajar yang Menyenangkan di Rumah, semoga bermanfaat, ya.

    Boleh banget dibaca:

    Sambut Tahun Ajaran Baru dengan Brain Academy by Ruangguru 


    9 comments:

    1. Makin ke sini support belajar untuk anak-anak makin banyak ya. Beruntung ada aplikasi Ruang Guru ini sangat membantu baik orang tua yang mendampngi maupun anak-anak yang jadi punya teman belajar

      ReplyDelete
    2. Wah, sangat membantu sekali kok ruang guru ini Mba. Terutama buat mereka yang anaknya lebih dari satu... hehehe

      ReplyDelete
    3. Jadi ingat waktu saya SMA mbak. dimana di kamar pribadi sering banget saya ubah ubah letaknya agar ga bosan belajar. Coba dulu ada ruangguru pasti belajar saya jadi lebih semangat

      ReplyDelete
    4. Inovasi dari Ruang Guru semakin hari makin hari menarik aja, nih. Saat awal pandemi dan harus PJJ, aku sudah mulai pake aplikasi ruang guru, karena membantu banget untuk bahan menjelaskan pelajaran ke anak. Nah, apalagi sekarang ditambah fitur ruang belajar ini, makin keren inovasinya. Makasih infonya Mbak...

      ReplyDelete
    5. Ruang guru emang top deh,selama ini ikutan pelatihan yang diadakan oleh ruang guru untuk guru, banyak banget manfaatnya.

      ReplyDelete
    6. dengan ruangbelajar ini anak jadi bisa lebih senang ya belajar meski dari rumah secara fitur-fitur Ruangbelajar dari Ruangguru lengkap banget. Penasaran dengan yang Adventure itu :)

      ReplyDelete
    7. Ruang Guru selalu berinovasi menciptakan aneka variasi pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. Tenaga pengajarnya juga masih muda ya, bikin anak tambah semangat belajarnya.

      ReplyDelete
    8. Ruangbelajar by Ruangguru ini dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan anak belajar saat PJJ. Materi lebih mudah dipahami, ada videonya juga, dan ortu juga bisa ikut memantau anak belajar.

      ReplyDelete
    9. Bener banget beb, ngajar anak sendiri itu pastinya lebih susah ya daripada ngajarin anak orang, aku jaman kuliah juga sering kasih les privat ke anak yg super duper gitulah karna anak broken home, tp aku bisa sabar banget loh ngadepin dia. Lha, skrg, bayiku rewel aja aku sering naik darah HAHAHA.

      Kayaknya kalau udah usia sekolah nanti akupun mau langganan aplikasi ruang guru ini, nanti dicari yg cocok sama kebutuhan anakku, aku nyerah kalau harus dampingin sendiri dia belajar hahaha.

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES