• 29.6.21

    Wujudkan Impian


    Aku percaya bahwa wanita yang sudah menikah tetap bisa menggapai impiannya. Hanya saja, semua butuh waktu dan kesabaran karena kini skala prioritasnya sudah berbeda. Ada rutinitas yang harus dikerjakan, melayani Suami dan mendidik anak dengan sepenuh hati. Impian paling realistis yang bisa aku usahakan sekarang adalah menjadi Blogger profesional dan Penulis buku sekaligus Ilustrator.

    Wah, apa nggak merepotkan tuh, San? Aku pernah membaca buku Steal Like an Artist karya Austin Kleon yang menyarankan agar tidak mengesampingkan kegiatan yang kita sukai, untuk mengantisipasi ketika jenuh menulis, aku bisa menggambar sejenak. Lalu ketika terkena Art block, aku bisa menulis blog, semua dijalani dengan happy dan bertanggung jawab. Lagi pula, aku merasa impian ini ada benang merahnya, karena sejak kecil aku sangat suka membaca, menulis, menggambar dan menonton film animasi. 

    Aku ingin menjadi Blogger Profesional 

    Setelah menikah, Suami membangkitkan semangat menulis dengan menyuruhku membuat blog. Idenya berhasil karena menulis blog bisa dilakukan dimana saja dan lebih cepat dibandingkan proses menulis buku. Dua tahun pertama aku nggak kenal siapa-siapa, tapi setelahnya aku mulai bertemu dengan teman-teman Blogger yang baik hati, mau berbagi dan bisa menjadi perantara rezeki. Pundi-pundi uang kian bertambah yang bisa aku gunakan untuk membeli barang yang aku inginkan tanpa harus mengganggu keuangan rumah tangga. 

    Selain pengalaman, teman baru dan uang, aku juga merasakan bahwa kegiatan menulis blog adalah me time sekaligus healing, aku nggak bisa membayangkan kalau aku nggak menulis blog, baby blues-ku pasti akan semakin parah. Tapi dengan berbagi kisah menjadi orang tua baru, justru aku bisa menyembuhkan luka di masa lalu dan bertemu dengan orang-orang yang senasib. Bahkan pembaca di luar circle Blogger sering mengirim email dan bertanya melalui DM tentang pengalaman yang pernah aku tulis di Blog. Tidak ada lagi kata insecure, aku bersyukur menjadi Ibu rumah tangga yang tetap bisa berkarya dari rumah. 

    Aku ingin menjadi Penulis Buku dan Ilustrator 

    "Ca, tolong edit naskah Teteh, dong." pintaku pada adik. 

    "Siap, Teh... yang penting fee-nya jangan lupa, hehehe..." balasnya. 

    "Dasar, emangnya siapa yang beliin laptop?"

    "Hehehe.."

    Begitulah balada kalau nggak punya laptop, ketika harus edit naskah buku sesuai format Microsoft word, membuka dokumen dan foto yang tidak bisa dibuka lewat handphone, pasti aku minta tolong sama adik. Sebenarnya aku pengen beli laptop dari tahun kemarin, tapi adik lebih membutuhkannya karena masih kuliah. Jadi, uang tabunganku digunakan untuk membeli laptop untuknya dulu. Sedangkan aku cukup bersabar menggunakan handphone untuk bekerja dan berkarya. 

    Jadi, ngeblog dan nulis naskah pakai apa, San? Pakai handphone lah, beb. Bahkan awal belajar menggambar digital pun, aku pakai handphone dulu huhu. Memang sih dulu aku mengetik pakai laptop Suami, sekarang laptopnya sudah rusak sehingga mau tidak mau aku mengandalkan handphone. Kemudian karena keseringan screen time alias menatap layar handphone yang kecil, aku jadi pakai kacamata karena sudah minus 2. Awalnya kaget dan sedih, karena merasa bersalah pada diri sendiri, kurang menjaga kesehatan mata yang merupakan amanah dari Tuhan, tapi akhirnya aku mencoba menerima kenyataan harus pakai kacamata dan harus lebih sayang sama mata. Selain mata perih, kebanyakan bekerja di handphone juga mengakibatkan sakit leher, sakit punggung dan tangan pegal serta kesemutan. Pokoknya nggak enak banget, deh! 

    Dampak negatif keseringan kerja pakaihandphone

    Berdasarkan beberapa penelitian, terdapat dampak negatif jika kita terlalu sering menatap layar handphone¹, yaitu:

    1. Terjadi ketegangan pada mata
    2. Menyebabkan mata kering
    3. Membuat penglihatan menjadi kabur
    4. Menyebabkan pusing
    5. Leher menjadi sakit
    6. Mengakibatkan sakit punggung
    7. Tangan menjadi sakit dan kaku

    Aku juga sering merepotkan orang-orang yang memberikan pekerjaan karena Surat Perjanjian Kerja belum ada tanda tangannya, padahal aku sudah edit dan menambahkan tanda tangan. Nggak terhitung pula teman-teman Blogger senior, mengirimkan foto event satu persatu karena handphone-ku tidak support. Untungnya mereka semua mengerti ketika aku bilang nggak punya laptop, aku malu campur sedih. Manajemen waktu, mengikuti kelas menulis dan menggambar digital ternyata ternyata belum cukup untuk meraih impian, aku harus punya perangkat lengkap yang bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja dan berkarya. 

    Aku ingin punya laptop yang canggih 

    Kesehatan adalah hal yang utama, sekarang aku sadar bahwa laptop sangat penting untuk menunjang kebutuhanku sebagai Blogger dan Penulis serta Ilustrator. Aku ingin laptop yang canggih, punya layar luas, ringan dan ramah kantong tentunya hehe. 

    ¹https://www.idntimes.com/health/fitness/amp/nena-zakiah-1/dampak-kesehatan-menatap-layar-gadget-terlalu-lama

    Karya seni asli dan infografis oleh Sandra Hamidah 

    29 comments:

    1. Wahh... sama kita, Mbak. Awal menulis dulu aku juga pakai HP untuk bikin artikel, nulis buku, dan ngeblog karena memang belum punya laptop.
      ASUS ini memang selalu bikin mupenggggg, mana harganya bervariasi pula. Soal kualitas dan ketahanan pun sudah tak perlu diragukan lagi.
      Semoga menang lombanya dan ASUS VivoBook 15 A516 jatuh ke pelukan Mbak Sandra, ya. :)

      ReplyDelete
    2. Memang asus ini recomended banget dari jaman aku kuliah pake asus, sampe nurun k adik aku masih awet ....

      ReplyDelete
    3. Jd pngen pnya laptob bruu🥰🥰🤭

      ReplyDelete
    4. wah mantab kali leptop asus yang tergress ini ya sand

      aku suka kalau yang bobotnya itu ga terlampau berat alias ringan..enak buat dibawa bawa...ga bikin pundak sakit

      btw makin betah kali ya kalau bisa gambar gambar lewat leptop ini...itu ada kata cocok buat animator juga hehehe

      ReplyDelete
    5. Laptop yg aku pakai skrg jg Asus beb, tp udah agak lama, perlu upgrade laptop nih, pengen juga Asus terbaru yg spesifikasinya mantul, yg layarnya lebih gede, RAM dan HDDnya gede pula.

      Udah gitu aku liat Asus yg baru ini bodynya lebih ramping & ringan, jadi ga berat kalau mau dibawa2. udah gitu port USBnya juga lebih lengkap, jadi enak bgt kalau mau konek ke byk device, duh mupeng pengen segera upgrade ke Asus ViviBook

      ReplyDelete
    6. Semoga kesampean ya mbak punya laptop idaman. Habis ngasih adek, nanti Allah yang ngasih, Mbak...hihi. Asus memang punya banyak tipe yang menggoda ya, terutama buat kita blogger dan penulis yang kerjanya depan layar mulu.

      ReplyDelete
    7. laptop adalah perangkat kerja wajib yg harus dimiliki oleh blogger ya mbak
      klo laptopnya sekece ini, ngeblog jadi makin produktif

      ReplyDelete
    8. Sayapun bermimpi punya laptop Asus VivoBook A516

      karena sangat mendukung kerjaan sebagai blogger,

      supaya leluasa ngoprek web, ikut webinar dll

      ReplyDelete
    9. Menulis lewat ponsel itu butuh kesabaran dan keteletian lebih ya, perjuangan jari dan mata harus benar2 maksimal.
      Semoga laptop idaman ini segera terwujud ya mba. Aku juga mupeng sama ASUS Vivo Book 15 ini.

      ReplyDelete
    10. Lengkap sekali ulasannya mbak. Jujur saya juga mengidamkan laptop ASUS VivoBook 15 A516 ini. Spesifikasi tinggi, dan desainnya bagus pula. Kayaknya ini laptop jadi laptop idaman sejuta umat yaa

      ReplyDelete
    11. Laptop yang satu ini melesat jadi idaman banyak orang ya. Banyak fitur plusnya dan memang mangakomodir kebutuhan user. Saya termasuk yang memimpikannya. Pengen punya laptop yang layarnya lebar tapi tetap enak dibawa ke mana-mana.

      ReplyDelete
    12. Ngeblog bisa lancar dan pekerjaan bisa dimaksimalkan dengan laptop Asus Vivo. Review spesefikasi laptop Asus kategori tinggi.

      ReplyDelete
    13. Laptop ASUS memang punya banyak kelebihan fitur-nya sehingga nyaman bila dipake buat bikin content. Semoga terwujud ya kak untuk memilikinya

      ReplyDelete
    14. VivoBook 15 (A516) merupakan sebuah laptop “all-round” yang dirancang untuk semua kalangan. Tampil dengan ukuran layar yang lebih besar, laptop ini ditujukan bagi pengguna yang menginginkan laptop serba bisa, namun tetap portabel dan mudah digunakan. Serba bisa di sini maksudnya bisa buat bekerja, belajar, bermain, dan hiburan.

      Keren banget!

      ReplyDelete
    15. Senengnya punya suami yang mendukung keingina istri untuk menulis ya mbak. Dan ASUS merupakan teman setianya para blogger maupun freelancer nih.

      ReplyDelete
    16. Laptop Asus dari dulu terkenal bagus banget kak. Punya teman saya sudah 10 tahun masih bagus. Jadi saya pengen punya laptop baru merk asus. Hehehe. Semoga menang kak.

      ReplyDelete
    17. Pakai laptop jadi memudahkan pekerjaan ya kak, apalagi memang ada yang bisa dilakukan dengan hp tapi gak bisa dengan hp kudu dengan laptop/PC

      ReplyDelete
    18. ASUS selalu mengeluarkan laptop yang kece sih, aku suka produknya, dari mulai laptop sampai hape semuanya ASUS haha.. Pas banget mau upgrade laptop, boleh juga rekomendasinya nih!

      ReplyDelete
    19. Teh Sandra, aku penggemar gambar-gambarnya loh. Ini juga infografisnya cantik-cantik. Asus Vivobook 15 A516 ini spesifikasi dan fiturnya Keren banget. Laptop impianku ini

      ReplyDelete
    20. Wah setelah membaca artikel ini kok jadi kepengen ganti laptop, soalnya leptop saya kalau di pakai ngeblog n bebarengan edit foto biasanya jadi lambat, suka ribet sih pekerjaan yg harusnya bisa selesai 5 menit karena laptop lambat jadi 10 menit.

      Sepertinya teknologinya sudah ketingalan jaman.

      ReplyDelete
    21. Wah keren ya laptop besutan Asus Vivobook A15 ini. Produk-produk ASUS memang luar biasa ya, jadi ngiler pengen punya laptop impian ini untuk memudahkan dalam proses pembelajaran di sekolah...

      ReplyDelete
    22. Wah, laptop impian banget ini, pake SSD dan layar lebih lebar.
      Laptop yang sekarang saya pake ini pun ASUS, tapi belum secanggih Vivobook 15 A516.
      Buat dapetin laptop dengan spesifikasi impian ini kayaknya saya harus nabung dulu, hehe.
      Makasih sharingnya Mbak. Semoga menang lombanya ya, jadi bisa lebih semangat berkarya bersama laptop Asus.

      ReplyDelete
    23. Setuju banet sih Asus Ini emang Laptop idaman enak digunakan untuk bekerja dan berkegiatan di dunia maya Andalan saya ini mah

      ReplyDelete
    24. Wah, mantap banget mba awal blog pakai hp. Aku pas nulis dong pakai hpnya, habis itu pindahin ke word sambil cek dan ricek EYD. Memang enaknya pakai laptop, apalagi punya Asus VivoBook impian banget sampai saat ini.

      ReplyDelete
    25. laptop idaman saya sejak lama, duh pengen banget deh dulu punya temen lihat, mungil dan ringan alias tipis cocok banget buat saya yang sangat mobile ini

      ReplyDelete
    26. Bener banget nih Mbak,,, kebanyakan lihat hp leher jadi tegang dan mata jd sepet yaa, nah kalau lihatnya laptop mending deh rasanya, apalagi kl laptop ASUS Vivobook A516 ini yaa

      ReplyDelete
    27. Laptop memang mendukung segala aktivitas menulis. Apalagi kalau laptopnya punya spesifikasi yang mantap kayak ASUS Vivobook A516 ini. Bikin kita makin nyaman saat beraktivitas di depannya deh.

      ReplyDelete
    28. Mataku juga udh minus gede gara2 keseringan liat gadget mba. Tapi mau gimana lagi, emang udh kerjaan juga.

      Aku tuh sampe skr blm bisa ngeblog dr hp. Kalo BW iya, tp update tulisan ga. Pusiiing langsung edit foto dllnya hahahah. Makanya khusus utk updar, pasti hrs lewat laptop :D

      ReplyDelete
    29. Sama nih kak, aku juga gitu suka mual dan sakit mata jika lama lama kerja pakai ponsel. Apalagi mataku minus, huhuhuhu

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES