Skip to main content

[Resensi] Buku Sudah Benarkah Shalatku?


Assalamualaykum readers, masih dalam rangka Hari buku sedunia dan peringatan Isra Mi'raj, saya ingin resensi buku religi karya Dr. Aam Amiruddin, M.Si lagi nih. Setelah review buku Doa Orang-orang Sukses dan Muliakan Ibumu, sekarang saya review bacaan yang cukup berat yaitu tentang amalan pertama yang dihisab di akhirat kelak yakni Shalat.


Kenapa Shalat begitu penting? Karena Shalat adalah pembeda antara Muslim dan Non Muslim, Shalat adalah tiang agama, Insya Allah jika Shalatnya benar, jalan hidup nya pun akan benar. Fungsi Shalat dapat mencegah kita dari perbuatan keji dan munkar. 

Saya tahu, Shalat saya belum benar, masih jauh dari sempurna makanya saya ingin belajar terus untuk memperbaiki kualitas Shalat saya. Saya merasa meskipun Shalat saya belum tumaninah tapi nikmat Tuhan tak terhingga dalam kehidupan saya. Tuhan tidak butuh Shalat kita tapi kita lah yang justru membutuhkan kasih sayang dan pertolongan Nya. 

Banyak orang menginginkan pasangan yang rajin Shalat nya tapi jodoh itu cerminan jiwa, saya sebelum menikah tidak pernah bertanya apakah calon Suami rajin Shalat? Ngaji nya bagus? Tapi waktu menjawabnya sendiri dengan mata saya sebagai saksinya. Sudah lama Suami membaca buku ini dari Adik Ipar. Alhamdulillah saya punya Suami yang Insya Allah Shalatnya tumaninah, karena beliau sering memberi tahu perihal ibadah ini. 

Shalat adalah ibadah paling utama sebagai umat Muslim yang sejujurnya kenapa tidak diajarkan secara detail saat di bangku sekolah? Atau jangan-jangan saya ini lalai, kemana saja? Kenapa baru tahu sekarang? Kenapa tidak mencari ilmu dengan benar? Hiks. 

Sekarang saya sedang hamil, harus banyak sujud karena sujud itu berbisik di bumi namun terdengar hingga ke langit, Subhanallah. Sujud bisa memperbaiki posisi janin dalam kandungan agar nanti baby bisa berada di posisi yang benar dan seharusnya saat dilahirkan aamiin, juga Sholat ini Ibadah yang sangat mendasar untuk diajarkan pada anak-anak kami nanti. 40% Kecerdasan anak dipengaruhi Ibunya sedangkan 70% sifat anak dipengaruhi Ayahnya. Maka dari itu, setiap Muslimah mencari Suami yang Shalih dan Laki-laki Muslim mencari Istri yang cerdas untuk melahirkan penyejuk hati yang berkualitas.

Buku ini dibeli dengan harga sekitar Rp 70.000, buku ini termasuk best seller dan edisi terbaru dilengkapi dengan bonus CD Panduan Sholat sehingga mempermudah kita dalam melihat praktik Sholat yang Sah dan benar sesuai dengan apa yang dicontohkan Rasulullah. Saya beli buku ini Rumah Buku Bandung, berikut adalah review nya...

1. Identitas buku
Judul buku: Sudah Benarkah Shalatku?

Penulis: Dr. Aam Amiruddin, M.Si

Penerbit: Khazanah Intelektual

Tahun terbit: Cetakan 17 tahun 2016

Jumlah halaman: 250 halaman

2. Jenis Buku: Rohani

3. Packaging: Buku ini tidak terlalu besar dan ringan sehingga mudah dibawa.

4. Bedah buku:
>> Berdasarkan organisasi buku, Buku ini terdiri dari 11 bagian yaitu Wudhu, Tayamum, Mandi, Najis, Azan & Iqamah, Masjid, Shalat, Ringanan, Shalat Berjamaah, Shalat Jumat, Sujud. Setiap bagian diselingi oleh pertanyaan dan bedah masalah sehingga kita tidak ragu lagi karena dijawab oleh keterangan ayat maupun Hadist yang shahih.

>> Berdasarkan isi buku, Buku ini perlu dibaca berulang kali, terdapat gambar dan CD panduan yang sangan memudahkan dalam belajar. Selain menghafalkan bacaan dan gerakan Shalat, juga untuk memahami esensi Shalat itu sendiri.




>> Bagian terfavorit adalah setelah membaca buku ini, kita belajar praktik langsung dengan CD panduan Sholat, pelan-pelan saja yang penting benar dan istiqomah.

>> Berdasarkan bahasa, mudah dipahami dan font nya juga enak dibaca.

5. Kesimpulan:
Ini adalah buku panduan Shalat yang wajib dimiliki setiap Muslim maupun Mualaf, supaya tidak ada lagi kesalahpahaman, perbedaan pendapat, memilih pendapat yang paling mendekati Shalat yang dicontohkan Rasulullah. Semoga kita senantiasa diberikan keistiqomahan dalam beribadah hingga akhir hayat. Semua ibadah diterima Allah swt dan semua dosa terampuni aamiin.

6. Nilai Buku: 10/10

Sekian review dari saya, semoga bermanfaat buat kalian yang hobi baca buku berkualitas! Wassalam.

Baca juga: 

Comments

  1. mantap ya beb bukunya.. Saya masih sering solat cepat-cepat gara2 sering nnton marimar awww itu loh mbak yang telenovela banget duhhhhhh...

    Thanks informasinya ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh Mbak, mari kita belajar Sholat untuk kebaikan dunia akhirat^^

      Delete
  2. Makasiih sharingnyaa mbaaak saan. . Harus terus memperbaiki kualitaas sholat kitaa. Tepat waktu dan tumakninah 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba aamiin, saya juga harus terus belajar

      Delete
  3. Makasih ya mba reviewnya...
    Jadi mikir udah bener blm yaa sholatku :(

    ReplyDelete
  4. Coba beli aja Mba biar ketauan^^

    ReplyDelete
  5. Ow pengarangnya Pak AAm, aku jadi pengen beli mba :) makasi reviewnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini best seller loh Mba^^

      Delete
  6. Wah bagus ya bukunya. Jadi bercermin ke diri sendiri nih, masih banyak yang salah kayaknya aku hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyaaa sama saya juga masih banyak salah nih, kok bisa-bisanya dulu Guru PAI main tes aja di Ujian praktik sholat, padahal beliau engga pernah ngasih tau saat belajar huhu

      Delete
  7. Keren bukunya, jadi pengen beli karena sholatku pun jauh dari sempurna :)

    ReplyDelete
  8. Saya punya buku ini, dan juga fans pak Aam wkwkwkw. Setelah baca buku ini, saya sadar bahwa selama ini banyak yang tidak saya pahami,

    ReplyDelete
  9. Terimakasih resensinya Mbak... saya merasa sholat saya memang belum benar...

    ReplyDelete

Post a Comment