• 14.8.23

    Tips Belajar Menggambar Untuk Pemula

    Tips Belajar Menggambar Untuk Pemula

    Tips belajar menggambar untuk pemula

    Dear artmate, akhir-akhir ini aku sering banget dapat komen positif sampai DM yang bikin terharu. Pernah suatu hari ada yang nanya kenapa akun instagram saya melesat banget followersnya. Aku jawab aja sebelum punya followers 250k lebih, aku udah ngonten di instagram selama 10 tahun guys! Bayangkan apa yang terjadi selama 10 tahun itu, saya menikah, hamil, melahirkan, punya anak, mengurus anak, jadi macam ternak, jadi pengurus POMG hingga ngajar gambar lagi kayak sekarang. Yang follow aku sejak dulu pasti tahu lah, drama kumbara perjalanan seni aku kayak gimana. Saya pernah ngalamin art block, insecure karena follower artis lain lebih banyak, iri karena gadget artis lain lebih mahal dan lain sebagainya. 


    Ternyata media berkarya juga rezeki ya, kalau udah cocok eh malah hasilnya bisa memuaskan dan tentu saja aku bahagia karena kehidupan semakin mudah dan lancar. Kalau dulu aku nyerah nggak mau ngonten lagi, aku nggak kayaknya nggak akan menikmati momen ini. Bukan sekedar jumlah followers, tapi kesempatan kerjasama dengan brand, ketemu orang-orang tulus dan konten yang paling penting aku bisa jadi padang pahala amal jariyah, ya apalagi atuh tujuan hidup di dunia ini selain numpuk-numpuk pahala dan berbagi ilmu yang bermanfaat buat orang lain , terutama ibu-ibu yang sedang menemani anaknya belajar menggambar dan mewarnai. Passion aku emang berbagi sih, kayak udah panggilan jiwa aja gitu. Dengan berbagi saya merasa menjadi orang yang beruntung, berkelimpahan dan bermanfaat bagi semesta. Berbagi tidak akan mengurangi kan, justru akan menambah rasa syukur atas apa yang kita miliki. Makanya aku nggak mau pelit ilmu, karena ilmu juga energi yang harusnya diamalkan dan dialirkan sebanyak-banyaknya. Jadi, kali ini saya mau berbagi. 


    Tips Belajar Menggambar Untuk Pemula

    1. Mulai menggambar dari hal yang kita suka

    Sesuatu yang kita sukai tentu akan membuat kita lebih semangat. Ada orang yang senang menggambar hewan peliharaan, pemandangan, alat kendaraan, buah-buahan, bunga dan lain sebagainya. Dengan mengetahui apa yang kamu suka terlebih dahulu, bisa mempermudah proses belajar kamu! 


    2. Pakai media yang ada dulu

    Sering banget teman-teman di instagram tanya aku pakai krayon apa, pensil apa, kertas apa dan seterusnya. Padahal menggambar nggak usah dibikin pusing dan mahal. Tambahkan kalian pakai apa yang dimiliki di rumah, percuma mau pakai gear semahal apapun kalau jarang latihan, hasilnya tidak akan sesuai ekspetasi atau gunakan kalian. 


    3. Cari referensi gambar yang mudah

    Pasti kamu pernah mengidolakan artis di Instagram, sampai kamu mengikuti media yang dia pake tapi hasilnya zonk. Kalau pelan-pelan saja, jangan buru-buru saat belajar, santuy ya semua akan indah pada waktunya. Makanya aku @art_sense ini cocok buat referensi menggambar mudah yang ramah ibu dan anak hehe. 


    4. Ikuti workshop bila perlu

    Saat ingin meraih kesuksesan kita butuh mentor, cara mendapatkan mentor itu biasanya lewat kelas atau workshop. Nah, kalau ada budget daripada dipakai jajan nggak jelas, lebih baik uangnya dipakai untuk mengikuti workshop supaya ilmu dan pengalaman kamu bertambah. 


    5. Latihan, latihan dan latihan

    Mungkin waktu kecil kita pernah diejek karena menggambarnya tidak mirip, out of the box atau nggak presisi. Tenang, nggak usah berkecil hati, menggambar tidak mengenal usia, yang penting terus berlatih karena dengan latihan kamu bisa meningkatkan skill seni kamu.


    Dulu pas anakku masih bayi, lihat orang menggambar di sosmed atau lihat lukisan orang pameran, hatiku rasanya menangis 😭 wkwk tapi setelah aku jalani, melakukan kewajiban satu-persatu, beresin... aku sampai juga di level kerja ikhlas dan itu nikmat banget rasanya. Semangat ya ibu-ibu semua nya, punya anak bukan berarti kalian berhenti berkarya, sabar aja nanti juga ada waktunya, nurut aja sama Tuhan, kalau Tuhan udah berkehendak, semua jalan akan buka lebar 🙏 apalagi cuma menggambar yang semua orang juga bisa asal mau latihan 💖🤗

    Scarlett serum


    Ngomongin soal usia, tahu nggak sih aku udah kepala 3 dan lagi males banget skincare-an. Alhasil kulit wajahku jadi kerasa kering kerontang. Apalagi aku sering ngonten kan,meskipun di rumah aja tapi meja kerja aku depan kaca jendela besar supaya terang kena cahaya matahari. Lama-lama aku sadar, kalau aku nggak mau dong sibuk ngonten tapi lupa merawat diri. Untungnya sekarang saya tahu cara mengatasinya dengan Scarlett face serum terbaru! Aku punya Scarlett Niacinamide 5% + Beta Glucan & 7 Phyto Extract Serum dan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum. Keduanya dikemas dalam botol kaca cantik berisi serum 5ml. Kalau niacinamide yang ungu sedangkan retinol yang biru. Yuk bahas satu persatu.... 

    Scarlett serum


    Scarlett Niacinamide 5% + Beta Glucan &
    7 phyto extract Serum


    Scarlett serum


    Serum ini diperkaya 7 phyto extract bermanfaat membantu merawat skin barrier dan mencerahkan kulit wajah. Power ingredients yang ada di serum ini adalah:


    Beta glucan 

    membantu melindungi kulit dari penuaan dini yang disebabkan oleh efek buruk sinar UV 


    Nianamide 5% 

    membantu merawat penghalang kulit 

    membantu mencerahkan kulit secara merata 

    membantu menyamarkan noda gelap pada wajah 


    Creatine

    membantu menyejukkan dan melembabkan kulit 


    Allantoin 

    melembabkan kulit dan membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan 


    Triple Ceremide Complex

    membantu melembabkan kulit dan membantu merawat kekencangan kulit 

    Scarlett serum


    Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

    Serum ini Berfungsi memperbaiki skin barrier, menghaluskan kulit dan memproduksi kolagen, membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini serta membantu menghidrasi kulit wajah dan menghaluskan kulit. Kandungan utamanya adalah:


    Encapsulated Retinol

    membantu menyamarkan garis-garis halus membantu mengangkat sel kulit mati membantu merawat kekencangan kulit 


    Pomegranate extract

    membantu melindungi kulit dari efek buruk Sinar UV

    membantu melawan bakteri penyebab jerawat 


    Hexapeptide-8 

    Membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini membantu menghidrasi kulit membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan 


    Allantoin

    membantu menghidrasi kulit 

    menghaluskan kulit 


    Cara pemakaiannya gampang banget, tinggal teteskan perlahan, pijat merata sampai serum meresap, biarkan beberapa saat sebelum menggunakan tahapan skincare berikutnya.




    Kedua serumnya bertektur kental dan berwarna bening (yang niacinamide ungu) dan putih (yang retinol biru). Meskipun serumnya ini ada dua, jangan dicampur ya guys pakai nya hehe, niacinamide dipakai dipagi hari sebelum sunscreen serum retinol dipakai dimalam hari

    asiknya serum ini mudah meresap jadi enak dipakai sebelum sunscreen atau krim malam.  btw kulit aku jadi terasa lebih lembab, halus nggak kasar lagi yeayyyy. 


    Jadi ritual pagi aku setelah menyiapkan anak sekolah dan suami ke kantor, aku biasanya beres-beres rumah dulu terus mandi biar seger, baru deh skincare an pakai serum Scarlett ini, lanjut ngonten hehe. Soalnya meskipun di rumah aja tetap harus jaga penampilan dan kesehatan kulit, biar nanti kalau diundang talkshow atau ke event tuh wajah tetap glowing bercahaya hehe. 

    Serum Scarlett


    Hasil bisa berbeda pada setiap jenis kulit ya. Aku udah sering pakai produk Scarlett karena halal dan aman, khusus untuk serum ini bukan untuk wanita hamil ya. Jangan lupa checkout disini dan cek keaslian produk disini


    Terima kasih sudah membaca artikel Tips Belajar Menggambar Untuk Pemula, sampai jumpa di review lainnya ya. Semoga bermanfaat buat kamu yang suka menggambar tapi pengen tetap cantik awet muda.

    7 comments:

    1. Lebih glowing ya pake Scarlett ini. Mantap banget hasilnya dan sangat direkomendasikan

      ReplyDelete
    2. Sejak mba Sandra bikin tutorial gambar yg mudah, aku jadi suka coba2 menggambar bareng anakku. Dia pun jadi LBH paham cara membuat gambar yg kliatannya susah, ternyata jadi mudah kalo ikutin cara mba ❤️. Thank you sangaaat mba

      Kalo ttg skincare wajah, retinol memang wajiiib sih dicoba, apalagi kalo udah 20an ke atas. Biar kulit lebih lama kencangnya.

      Aku sendiri pakai mba, tapi brand lain yaa . Soalnya Krn udh agak lama pakai retinol, aku butuh yg lebih kuat kandungannya. Kalo Scarlett LBH cocok utk pemula yg baru pakai retinol sih

      ReplyDelete
    3. Wah, belum pernah coba dua produk serum ini Mbak. Btw, Scarlett skincare ini selalu berinovasi terus ya.

      ReplyDelete
    4. MasyaAllah, Mbak Sandra menginspirasi banget. Butuh perjuangan dan perjalanan panjang untuk hasil ngonten yang fantastis. Selain itu, lebih terasa bahagia kalau penuh manfaat. Apalagi ditambah pakai Scarlett, bahagia karena kulit jadi terawat dan bonus glowing ya, Mbak

      ReplyDelete
    5. wah keren nih mbak sandra ternyata sekarang sudah fokus di menggambar ya ig-nya. pas banget nih kayaknya buat anakku yang lagi belajar menggambar IGnya

      ReplyDelete
    6. Mbak Sanda sih keren banget itu konten Instagramnya. Edukatif informatif. Jadi wajar kalau banyak yang suka dan jadi followernya. Termasuk kebiasaan merawat wajah ini juga bisa diikuti ya. Review seseorang yang udah pernah nyobain bisa jadi pertimbangan mengunakannya. Sukses selalu mbak Sandra

      ReplyDelete
    7. Mba Sandra,aku padamu,bagus2 isi kontennya menginspiratif banyak orang,aku jadi semangat buat bwrkarya di dunia tulis menulis lagi.

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES