• 26.10.17

    Antara Ruangguru dan Quipper: Manakah yang Paling Unggul?

    Dear parents, kali ini saya mau mengulas tentang dua bimbel online bernama Ruangguru dan Quipper. Kira-kira apa saja ya bedanya? Mana sih yang sebenarnya lebih unggul? Simak yuk!

    Perbedaan pertama, Ruangguru merupakan perusahaan berasal dari Indonesia sedangkan Quipper perusahaan berasal dari London.

    Perbedaan kedua, Ruangguru perusahaan start-up, sedangkan Quipper merupakan perusahaan yang sudah stabil.

    Perbedaan ketiga, fitur-fitur yang tersedia di kedua perusahaan ini berbeda. Ruangguru memiliki fitur yang lebih bervariasi dibanding Quipper yang hanya memiliki fitur video belajar, rangkuman soal dan latihan soal. Sedangkan, Ruangguru memiliki beberapa fitur seperti ruangles, ruanglesonline, ruangbelajar, Ruangguru Digitalbootcamp, LINE Academy dan ruangkelas. 


    Ruang les merupakan fitur pencarian guru privat yang disediakan oleh Ruangguru. Pada fitur ini tersedia untuk dua pengguna, baik guru maupun siswa. Guru bisa mendaftar sebagai guru privat, menentukan biaya per jam dan menentukan jadwal. Guru juga memberikan deskripsi pengalaman mengajarnya. Sedangkan siswa bisa memilih guru sesuai dengan kriteria yang diinginkan untuk menjadi guru privatnya.

    Kemudian perbedaan keempat, ada yang namanya Ruang les online. Fitur penyedia layanan bagi siswa untuk menghubungi guru standby lewat chatting di App Ruangguru untuk bertanya mengenai PR.  Selain itu, ada Ruangguru digitalbootcamp yang merupakan program bimbel online, melalui grup chat di Line. Fasilitasnya: grup chat berdasarkan mata pelajaran, konsultasi belajar dan jurusan kuliah, modul berupa e-book dan guru yang standby. Dalam hal ini, Quipper tidak memiliki fitur seperti yang dimiliki Ruangguru. Memang Quipper memiliki fasilitas konsultasi belajar online, akan tetapi konsultasi tersebut tidak se-standby yang disediakan oleh Ruangguru. Selain itu, Quipper juga memberikan pelayanan konsultasi melalui panggilan video call. Jadwal untuk konsultasi pun, pihak Quipper yang menentukan. Sedangkan kalau di Ruangguru, proses konsultasi lewat chat dan telepon plus waktunya lebih fleksibel. Perbedaan tipe konsultasi ini menjadi perbedaan keempat antara Ruangguru dan Quipper. 


    Perbedaan kelima, terdapat pada bentuk video belajarnya. Quipper memiliki bentuk video guru yang menerangkan mata pelajaran tertentu. Terkadang menerangkannya sambil menulis di papan tulis. Sedangkan Ruangguru memiliki bentuk video yang memadukan guru yang sedang memberi penjelasan dengan ilustrasi animasi. Jadi pada video belajar Ruangguru, siswa tidak monoton melihat guru saja, tetapi juga melihat objek animasi yang mendukung penjelasan mata pelajaran. Meski demikian, kedua video belajar baik dari Ruangguru maupun Quipper sama-sama memiliki rangkuman belajar dan latihan soal.


    Ruangguru juga memiliki fitur catatan sahabat sebagai media bertukar catatan pribadi siwa yang dirangkum dari hasil menonton video belajar. Sedangkan, Quipper tidak memiliki fasilitas ini. Fasilitas bertukar rangkuman pribadi menjadi perbedaan keenam antara Ruangguru dan Quipper.

    Perbedaan keenam, terdapat waktu berlangganan. Di Ruangguru, siswa bisa memilih berlangganan per bulan atau langsung satu tahun ajaran. Sedangkan di Quipper siswa tidak bisa memilih, karena hanya ada langganan video belajar langsung per tahun. Jadi, kira-kira mana yang orangtua pilihkan untuk anak? Sampai jumpa di artikel selanjutnya, maju terus pendidikan Indonesia!

    Baca juga:
    Show Up Your Imagination With Faber-Castell Colour to Life

    11 comments:

    1. Enak ruang guru siii... semoga aja anak anak Indonesia semakin pintar dengan adanya ruang guru yaaa sist

      ReplyDelete
    2. Quipper enaknya itu ngeliat modelnya doang. Fiturnya mah kalah sama Ruangguru, ada les online nya itu lho yang menarik

      ReplyDelete
    3. Utk pembayaran guru les nya gimana yaa? Apa ke 1 rek penampungan dulu? Mungkin bakal aku pake kalo anakku udh mulai sekolah nanti :D. Klo baca featuresnya, lbh bgs ruangguru sih sepertinya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Oh pembayaran produk ruangguru itu melalui atm / transfer kak setelah registrasi nanti akan diarahkan ke halaman payment. Beberapa bank swasta juga sudah bekerjasama dengan ruangguru kak.

        Delete
    4. Aku pakai ruang guru untuk belajar tips dan trik mengajar, disitu banyak kok ulasan tekniknya, gratis lagi! Tinggal kunjungi aja blog ruang guru ;)

      ReplyDelete
      Replies
      1. ruang guru enaknya segalanya bisa belajar via online ya di rumah dan ga harus datang ke tempat lesnya..

        Delete
    5. Ruang guru atau Quipper videona bisa di download engg?

      ReplyDelete
    6. Anonymous26.7.18

      kalau langganan di ruang guru bisa dapet materi dari kelas 10 - 12 nggak kak ? aku anak ipa nih tapi pengen kuliah IPS bisa dapet materinya juga ? untuk penggunaannya lebih user friendly yang mana yak ?

      ReplyDelete
    7. Bahasanya mudahan quipper atau ruang guru ya, lalu mahalan mana

      ReplyDelete
      Replies
      1. Anonymous11.8.18

        Kalo untuk mahal yah mahal ruangguru 1,9jt per tahun dan quipper 790rb per tahun mana yang lebih praktis ruangguru lebih menang soalnya lebih jelas dan mudah dimengerti

        Delete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES