Skip to main content

Rasakan Serunya Belajar di Ruangguru

Hello readers, ternyata teknologi yang semakin berkembang di dunia pendidikan ini membuat perusahaan start-up asal Indonesia telah meluncurkan inovasi terbarunya, lho. Ruangguru sebagai perusahaan karya anak bangsa yang baru saja memenangkan kompetisi MIT SOLVE di New York Amerika Serikat, menciptakan aplikasi belajar online yang sangat menarik. Ada berbagai fitur diantaranya yaitu; ruangbelajar, Ruangguru Digitalbootcamp, ruangles, ruanglesonline, juga ruanguji. Karena banyak sekali fiturnya, pembahasan kali ini akan fokus pada ruangbelajar saja ya, readers.

Melalui program ruangbelajar, siswa akan lebih mudah memahami materi pelajaran dengan mengikuti misi belajar bersama master teacher (guru/tutor). Pada ruangbelajar tersedia berbagai macam video dengan animasi yang akan membahas materi pelajaran sesuai kurikulum terbaru. Kemudian, siswa akan menonton video materi dengan durasi rata-rata 10 menit. Videonya sangat menarik, sehingga siswa akan mudah memahaminya. Selain itu, terdapat pula kuis, latihan soal, dan juga siswa bisa membaca rangkumannya.

Hal-hal yang kreatif dan inovatif seperti inilah yang mendorong semangat siswa belajar. Dengan demikian, siswa jadi lebih terpacu menuntut ilmu bukan? Ngga ada lagi deh anggapan bahwa belajar itu membosankan. Karena Ruangguru melalui program ruangbelajar-nya mampu menciptakan sistem belajar online yang tepat dan menyenangkan. Bagi siswa yang malas baca pun bisa menyerap pelajaran melalui rangkuman singkat yang sudah disediakan di akhir video. Ada juga fitur catatan sahabat Ruangguru yang fungsinya bisa saling bertukar catatan antar pengguna ruangbelajar, sehingga harapannya materi pelajaran jadi komplit dan mudah dipahami setiap siswa.


Sistem belajar di Ruangguru menurut saya sangat mudah, siswa tinggal membuka aplikasi Ruangguru, lalu klik ruangbelajar, kemudian pilih jenjang kelas yang sesuai. Sebagai contoh kelas, ada kelas XII IPA yang di dalamnya terdapat empat mata pelajaran seperti: Matematika, Kimia, Biologi, dan Fisika. Lalu siswa coba pilih pelajaran Fisika, maka akan dihadapkan dengan berbagai macam bab, dan ikuti misinya (journey) yang telah disediakan.


Biaya berlangganan untuk ruangbelajar juga sangat terjangkau, dengan fitur canggih yang disediakan rasanya tak sebanding dengan harga yang ditentukan. Untuk 30 hari berlangganan hanya dikenakan biaya Rp 175 ribu, sedangkan paket 1 tahun ajaran dibandrol dengan harga cuma Rp 675 ribu. Terjangkau banget kan ya? Permasalahan biaya untuk tambahan jam belajar pun enggak perlu dipusingkan.

Hal ini memang sesuai banget dengan visinya Ruangguru, mampu melakukan pemerataan pendidikan di seluruh daerah di Indonesia. Wow! Mengingat rapor merah memang masih diberikan kepada sistem pendidikan di negara kita. Semoga saja jaringan internet semakin merata ya, agar semua anak Indonesia dapat mengakses Ruangguru.

Pelajar zaman now seharusnya tidak usah bermalas-malasan dalam mengisi kemerdekaan ya, karena masa depan bangsa ada di tangan pelajar Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat ya, salam.

Comments

  1. Enak bener ya belajar tinggal on internet udah deh jalan ya... jadi mau ikutan ruangguru

    ReplyDelete
  2. Kids zaman now udah banyak bange difasilitasi sama les online gini kak. Kalo masih gak bisa juga, sentil aja dah hehehe

    ReplyDelete
  3. Ini bagus apikasi edukasi buat pelajar supaya lebih kreatif dengan bantuan apl ini good job.

    ReplyDelete
  4. aku pernah jadi guru di sana juga, tapi trus ga pede onlenan, ahahha

    ReplyDelete
  5. Andai zamanku sekolah dulu ada aplikasi kyk gini pasti aku akan lebih rajin belajar #alesyan haha
    TFS infonya mbak :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts

[Review] Vaseline Repairing Jelly Original

[Review] Sampo Natur: Aloe Vera Extract

[Review] Kosmetik Inez

Pengalaman USG di Cimahi

[Review] Herborist Zaitun Shampoo

[Review] Mineral Botanica Face Brightening Night Cream

Wisata unik dan mendidik : Wisata Seni ke Bale Seni Barli

[Review] Citra Spotless White Glow Facial Foam

[Review] Marina Body Scrub, Bright and Fresh

[Review] Sisir Pelurus Rambut