Skip to main content

Integral Triton

Integral Triton adalah penemuan terbaru dalam era musik modern. Pada tahun 1940an-1950an, John William Coltrane merumuskan standar triton yaitu kebiasaan orang blues Amerika yang memainkan harmoni dan melodi pada gitar dan piano atau alat musik melodis lainnya seperti woodwind dan bass akustik.



Gambar Tritone Subtitution
credit https://en.wikipedia.org/wiki/Tritone_substitution

Kebiasaan blues tradisi adalah memainkan nada-nada pentatonic blues mayor dan blues minor adalah yang melahirkan musisi-musisi Dixieland. Tritone adalah blues minor atau blues modern, ini yang akhirnya dipakai dalam berbagai musik modern hingga sekarang seperti Lee Ritenour dan lain sebagainya.

Foto John Coltrane 
credit http://thekey.xpn.org/tag/john-coltrane/

Pada tahun 1997 Bayu Wirawan “King Jazz” di dalam Thesisnya pada saat merumuskan “Integral Triton” yaitu integrasi atau kesatuan dari rumus-rumus harmoni yang dihitung agar tercipta harmoni atau nada yang dapat mencapai puncak rasa atau dikenal dengan istilah “Orgasm = orjasm = jazm = jazz”. Itu sebabnya dikenal dengan jazz yaitu puncak pencapaian rasa dari improvisasi atau impromptu yang kemudian menjadi musik pop (baca=jazz standards).


Foto Bayu Wirawan “King Jazz”

Ada teknis dan skala-skala khusus dalam penggunaan atau penerapan integral triton pada saat memainkan jazz. Tidaklah memainkan jazz hanya dengan perasaan, sembarangan asal enak hingga melupakan unsur-unsur budaya dari jazz atau blues itu sendiri.

Mainkanlah jazz dari genetik, dari asal-usulnya sehingga pada akhirnya tercipta jazz standards. Memainkan atau men-transcribe jazz standards yang sudah ada bukanlah cara untuk memainkan dan menjadi jazz. Jazz adalah klimaks dari memainkan musik secara bebas dan terprogram.

Integral Triton Videos
https://youtu.be/CJQD64s7tlU
https://youtu.be/SXT2PmqVVBY
https://youtu.be/LsS83BcyjG0
https://youtu.be/lJ6MgVO04ps
https://youtu.be/oZl7Yev2Hcs

Sumber:
Ringga Hardika – Bassist/Producer/Educator

Comments

Post a Comment

Popular Posts

[Review] Vaseline Repairing Jelly Original

Pengalaman USG di Cimahi

[Review] Herborist Zaitun Shampoo

[Review] Sampo Natur: Aloe Vera Extract

[Review] Citra Spotless White Glow Facial Foam

[Review] Mineral Botanica Face Brightening Night Cream

[Review] Marina Body Scrub, Bright and Fresh

[Review] Kosmetik Inez

[Review] Vitamin E

Coretan Sore: Arisan Yay or Nay