Skip to main content

[Resensi] Buku Melahirkan Tanpa Rasa Sakit


Hola Bumil cantiks, sekarang saya mau review bacaan selama kehamilan lagi. Sebenarnya buku ini banyak digunakan untuk kehamilan Trimester 3 atau menjelang persalinan tapi saya sudah beli dan baca sejak Trimester 1, ya lebih cepat lebih baik kan? Lebih banyak latihan lebih baik, lebih banyak tahu lebih tenang dalam mempersiapkan persalinan.

1. Identitas buku
Judul buku: Melahirkan Tanpa Rasa Sakit dengan Metode Relaksasi Hypnobirthing (edisi revisi)

Penulis: Evariny Andriana

Penerbit: Bhuana Ilmu Komputer

Tahun terbit: Cetakan keempatbelas Januari 2016

Jumlah halaman: 134 halaman

2. Jenis Buku: Kesehatan/ kehamilan dan persalinan

3. Packaging:
Cover nya sangat feminin sekali karena di bernuansa warna ungu dan pink, buku ini tidak terlalu tebal sehingga mudah dibawa.

4. Bedah buku:
>> Berdasarkan organisasi buku: Buku ini diawali dengan sambutan Ibu Lanny Kuswandi, seorang pakar Hypnotherapist dan pengalaman penulis dari masa kehamilan hingga melahirkan. 

Bab pertama membahas tentang cara menyambut kelahiran buah hati mulai dari trimester 3, persiapan persalinan, proses persalinan, kontraksi palsu, CTG, cara mengurangi sakit secara medis, bedah caesar, perubahan emosi pasca persalinan.

Bab 2 mengulas latar belakang metode Hypnobirthing, bab 3 adalah pembahasan mengenai body, mind, spirit, relaksasi dan seni bernafas saat bersalin. Kemudian di Bab 4 Penulis membahas tentang Hipnosis dan Hipnoterapi, Bab 5 adalah Praktik Hypnobirthing.

Buku ini ditutup dengan pengalaman Hypnobirthing, kisah persalinan, kalimat afirmasi dalam relaksasi Hypnobirthing, catatan untuk pembaca serta daftar pustaka.

>> Berdasarkan isi buku, Buku ini difokuskan untuk persiapan persalinan dengan metode relaksasi Hypnobirthing supaya calon Ibu, calon Ayah dan Buah hati dapat menjalani proses persalinan dengan penuh kedamaian dan cinta kasih.

Baca juga: Melahirkan sambil tersenyum

Manfaat Hypnobirthing sangat banyak diantaranya:
  1. Meminimalkan ketegangan selama persalinan dan setelahnya
  2. Meminimalkan penggunaan obat bius
  3. Mempersingkar fase awal persalinan
  4. Menghilangkan keletihan
  5. Mengurangi hiperventilasi (pernapasan cepat dan pendek)
  6. Mempercepat proses pemulihan
  7. Membuat kelahiran alami menjadi sesuatu yang indah dan tidak traumatis
  8. Mempercepat ikatan batin antara Ibu, ayah dan bayi

>> Bagian terfavorit adalah saat Mendengarkan CD panduan Hypnobirthing dari suara lembut Ibu Lanny Kuswandi, saya, suami dan baby saya lebih tenang, bahkan sampai suka ketiduran nih saking enaknya. Lumayan bisa tidur nyenyak dan tidak terganggu oleh keinginan ingin buang air kecil di malam hari.

>> Berdasarkan bahasa, buku ini lumayan mudah dipahami, untuk instruksi praktik memang harus ada partner atau ikut kelas Hypnobirthing supaya hasilnya lebih maksimal.

7. Nilai Buku: 8,5/10

8. Kesimpulan: Sebelum hamil, saya memang sudah mengincar buku ini karena saya ingin mencatatkan persalinan yang menakjubkan dan indah dalam hidup saya. Judul buku ini sangat bagus sekali, judulnya saja sudah menghipnotis kita untuk menghapus alam bawah sadar yang selama ini tertanam tentang persalinan yang penuh drama dan trauma. Kita diajak untuk membuat memori dan keyakinan baru bahwa melahirkan adalah sesuatu yang alami dan menyenangkan, bahkan metode Hypnobirthing juga bisa dipakai saat proses bedah caesar.

Buku ini dibeli di Gramedia dengan harga Rp 39.500 tapi saya beli gratis karena dapat dari voucher Sodexo . Semoga kita menjalani kehamilan minim drama dan minim trauma ya Bu Ibu. Semoga nanti dimudahkan dalam persalinan, seluruh ilmu dan latihan bisa di praktikkan selama menjalani persalinan yang ramah jiwa aamiin.

Sekian review dari saya, semoga bermanfaat buat Bumil yang bingung mau baca buku apa, See you...

Mungkin Bumil mau baca juga:

Comments

  1. Terlepas dari semua tips melahirkan diatas, aku doain persalinan kamu lancar ya say, mau normal or caesar yang penting keduanya sehat. Aamiin :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, aamiin makasih banyak ya doanya shay^^

      Delete
  2. sebenarnya sih ga ada rasa sakit yang bener2 bisa hilang.. yg ada meminimalisir rasa cemas dan sakit. lagian kalau rasa sakitnya hilang, experiencenya ga wah lagi donk..

    judulnya nih biar gimana gitu kali ya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh judulnya emang harus marketable banget biar semakin banyak Bumil yang mau memberdayakan diri, terlepas nanti melahirkan dengan proses apa hehe

      Delete
  3. makasih reviewnay , berguna bagi bumil

    ReplyDelete
  4. Sehat sehat saat melahirkan . Aku melahirkan caesar dan alhamdulillah tak skait sebelum maupun setelahnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aamiin Mba, mungkin Mba nya udah persiapan maksimal ya jadi happy deh^^

      Delete
  5. Hi mbak sandra.. pengen banget yaa mbak melahirkan tanpa rasa sakit.. Mungkin saya pun harus membeli bukunya untuk menambah ilmu agar tidak merasa sakit saat melahirkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya rasa sakit melahirkan itu hanya sementara karena itu sinyal bahwa sebentar lagi kita akan bertemu baby tercinta, aamiin semoga melahirkannya lancar jaya dan indah ya Mba^^

      Delete
  6. Dulu pas aku beli buku ini, malah diketawain sama nyokap hihihi, nyokap bilang mana ada ngelahirin ngga sakit XD Sehat2 buat kehamilan & kelahirannya nanti mba, rasa sakitnya menurut aku ilang (dikit) pas ngeliat bayi yg udah ditungu2 9 bulan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya Mba, selama bertahun tahun dan turun temurun kita dimasuki sugesti kurang enak tentang hamil dan melahirkan ya^^ aamiin makasih banyak doanya ya, iya nih pasti seneng banget ketemu belahan jiwa^^

      Delete
  7. Baru kali ini aku tau ada kontraksi palsu
    Judul seperti ini emang cukup persuasif ya mak, berani ngubah paradigma. Karena alasan aku gk mau nikah, punya anak ya salah satunya takut sakit. Tfs ya mak Sandra :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woaaa menikah itu enak dan nikmat loh Mak Des^^ tenang aja semuanya ada solusinya termasuk cara melahirkan minim drama dan trauma, semangat!

      Delete
  8. Waktu hamil pertama, saya baca buku ini jg... Hamil yg sekarang belum sempet disentuh lg bukunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena sudah pengalaman enak banget ya persalinannya Teh^^

      Delete
  9. Aku belum pernah baca buku ini.
    Dulu waktu hamil dihypno sama suami sendiri.
    btw, Ngelahirin tuh enaknya pas mengejan. Terus pas bayi keluar, lupa semua rasa sakit. hihi

    Semoga lancar dan sehat yaa bumil :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyaaaa samaaa, saya juga suka di hypnosis sama Suami tercinta hehe, Alhamdulillah senangnya semoga saya juga bisa sehat selalu dan melahirkan dengan mudah ya aamiin makasih doanya Tetehhh

      Delete

Post a Comment