Skip to main content

Alasan kenapa harus nikah tanpa hutang!


Sesungguhnya artikel ini udah pernah aku kirimkan ke redaksi tapi mungkin karena terlalu social issues yang udah mendarah daging bagi rakyat Indonesia, terlalu frontal serta antimainstream jadi gak dimuat, so aku publish sendiri aja. siapain mental ya!

edit: udah di posting nih udah ribuan anak muda Indonesia yang share HIPWEE


Hi Guys bosen ditanya : kapan nikah? Secara kamu udah siap secara fisik, mental, financial, spiritual trus apalagi? Kuliah udah? Kerja juga udah? Pasangan juga udah nunggu-nunggu tuh kapan dilamar hehe hmmm “kawin sih gampang tapi biaya resepsi pernikahan nya itu loh pake duit bukan pake daun!” jawabanmu mungkin gitu, Iya kan?



Baca juga:
Honeymoon ke 1
Honeymoon ke 2
Honeymoon ke 3

Pernah denger gak cerita peraktisi keuangan di TV nasional tentang ortu yang kehilangan rumahnya karena punya hutang resepsi pernikahan anaknya, padahal anaknya yang resepsi megah tuh udah punya 2 anak, gila kan dalam jangka waktu yang cukup lama tapi itu hutang nikah gak kelar-kelar. Sekarang juga banyak suami yang diusir karena gak mampu bayar hutang, pokonya hutang udah kayak buaya dimana rumah tangga itu seperti perahu nya.

 Stop, no offense ya tulisan ini cuma ingin menginspirasi anak muda biar nikah tanpa hutang, bukannya gak boleh nikah mewah tapi kalo gak mampu kenapa mesti dipaksain sih? Sekarang itu harga-harga makin mahal, apa kalian mau uang yang kalian dan pasangan tabung bertaun-taun habis dalam sehari hanya untuk resepsi? Hanya untuk menjamu tamu-tamu yang gak semua kalian kenal dekat? Uang jutaan, puluhan bahkan ratusan juta itu hanya untuk makan? Habis dalam hitungan jam? Apa gak cape tuh?

“Tapi…aku ingin pernikahan aku berkesan, lagian kan pernikahan itu sekali seumur hidup, masa sih gak dirayain?” Dirayain pake hutang mah aku yakin semua agama juga nyuruh rayain simple dan semampunya aja. Justru karena menikah itu sekali dalam seumur hidup, kamu harus pikirin hari-hari setelah hari pernikahan itu sendiri. Mau dikasih makan apa istri dan anak kamu?

“Tapi….ini udah tradisi budaya keluarga aku, apalagi aku udah punya gelar mentereng di balik nama aku…semuanya harus nikah mewah dan gede-gedean walau sebenernya pinjem sana sini yang penting harus pesta!”aku ketawa pas denger tagline sebuah Radio: mau hidup gaya tapi banyak utang atau mau hidup tenang banyak tabungan? Kalo kamu orang cerdas dan berpendidikan harusnya pasti bisa mikir mau pilih yang mana cmiiw.

“Tapi…aku anak perempuan satu-satunya, aku anak bungsu, aku anak orang terpandang, tapiii…” udah jangan banyak tapi.. no excuse just try it!

Kenapa sih kalian harus mempersulit diri kalian sendiri dengan biaya resepsi? Kenapa gak kamu coba lobby ortu kamu, inget ortu kamu dan ortu pasangan kamu aja ya, sodara dan keluarga besar kamu cuma penonton dan komentator aja. Restu yang paling penting ada di ortu kalian. Coba pake komunikasi yang bagus, tunjukin usaha kamu kalo hidup kalian tetep bisa hepi walau tanpa resepsi gede-gedean. Nih ya aku kasi alesan kenapa kamu harus nikah tanpa hutang:

1.        Hidup kamu tenang
Buat yang pernah punya hutang, cicilan, kreditan pasti nightmare kan kalo liat tanggal gajian soalnya itu gaji yang cape-cape kamu usahain cuma lewat rekening kamu doang. Masih mending kalo cicilan rumah, kendaraan atau barang lah ini, pestanya udah lewat tapi hutangnya bertahun-tahun uhuk!

Tempat belajar seni di Cimahi & Bandung Barat

2.       Banyak tabungan
Nikah tanpa hutang bisa bikin kamu punya kelebihan duit yang bisa kamu simpen buat rencana masa depan kamu misalnya buat beli rumah atau biaya anak sekolah.

3.       Bisa fokus honeymoon
Karena cuma acara akad dan makan-makan bersama keluarga dan sahabat terdekat, kamu gakan kecapean dan bisa langsung traveling bersama pasangan. Ayo nikah tanpa hutang, daripada uangnya dihambur-hamburin buat pujian dari manusia lebih baik pilih mau menghabiskan malam pertama dimana? Bandung, Jogja, Bali, Lombok, Singapore atau honeymoon ke Eropa? Seru banget kan! Selain berduaan pasti bakal banyak banget ilmu dan pengalaman yang akan kamu dapet selama bulan madu bersama orang yang kamu cinta.

4.       Makan enak
Baca juga : badan langsing rekening gendut
Karena kamu ga punya hutang nikah, kamu bisa ajak pasangan kamu buat makan di luar yang selama pacaran kamu pengen banget makan di tempat itu tapi bekamum kesampean, dengan nikah tanpa hutang kamu juga bakal punya anggaran dapur lebih banyak buat masak yang enak-enak dan sehat!

5.       Tidur nyenyak
Orang yang gak punya hutang pasti bikin bobo nyenyak dan gak dihinggapi mimpi buruk dikejar Debt Collector.

6.        Segalanya akan terasa lebih mudah
Karena gak punya beban di masa lalu, kamu bisa bahagiain pasangan misalnya istri kamu bisa tetep nyalon dan shopping walaupun istri kamu udah resign dari kerjaannya dan kamu pun masih punya budget buat hobby dan passion kamu yang selama ini pasti ada kan yang pengen kamu beli dan belum kesampean. Jadi karena nikah tanpa hutang kamu masih bisa senang-senang beli barang kesayangan.

7.       Bebas stress
Kalo kamu atau pasangan kamu hamil, kalian pasti bakal lebih mempersiapkan segalanya lebih matang dan terencana tentang kebutuhan Bumil dan Baby, kalian akan merasa lebih rileks santai dan bebas stress selama menjalani kehamilan karena bebas dari hutang nikah.

8.       Masih bisa ngasih rejeki ke ortu atau orang lain
Yang tadinya ortu kecewa karena keputusan kalian nikah tanpa hutang, ortu pasti bakal terharu dan bahagia karena walaupun kalian udah nikah tapi masih bisa memberikan rejeki sama ortu, gak melulu soal duit tapi kamu bisa kasih makanan kesukaannya dan dijamin kamu bakal jadi menantu kesayangan dan gak ngerepotin hihi

Sekali lagi, nikah meriah itu gak dilarang kok selama kita mampu, menikah tanpa hutang akan bikin hidup kamu penuh berkah karena kamu bisa fokus buat masa depan keluarga kecil kamu, kalo udah ngerasa tersindir dan sakit hati itu artinya mindset kamu udah mau move on dan anti mainstream, berani gak nikah tanpa hutang? Lifestyle kok ngutang, kalo gak mampu gausah banyak gaya haha

Mungkin di agama lain juga ada, tapi ini saya kutip dari Hadits:


Berhati-hatilah kamu dalam berhutang, sesungguhnya hutang itu mendatangkan kerisauan di malam hari dan menyebabkan kehinaan di siang hari.”



(Riwayat al-Baihaqi)

Comments

  1. nah itu dia, dulu aku sih sederhana saja, malah aku minat uangnya untuk aku tabung saja. nah,masalahnya sekarang lagi model, pihak wanita suka minta uang dalam jumlah banyak. Tetanggaku saat melamar oleh pihak wanita diminta uang 100 juta. Padahal tetanggaku pensiunan. Kebayang gak sih, dia akhirnya sampai jual mobilnya. karena gak mau pernikahan anaknay gagal karena anaknay ini telat nikah. Dan banyak pengalaman teman lain begitu juga. jadi aku takut banget. Anak laki-lakiku sudah memperkenalkan calonnya. Aku terbayang gimana nanti kalau calon besan minta uang banyak ya. Aneh ya, dulu jaman aku mah, ibuku hanay minta semampunya calon suamiku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Bu Tira, begitu banyak fakta di sekitar saya dimana hutang nikah baru lunas 20 tahun kemudian, sangat seram sekali. Padahal Agama menyuruh kita untuk hidup sederhana. Saya sangat menghormati pemikiran Ibu karena tidak semua orang tua berpandangan seperti itu :)

      Delete
  2. Haha bener banget. Justru paling seru itu ngerancang pernikahan impian dengan budget yang kita punya XD *pengalaman pribadi*. Meski ga bener2 terwujud 100% tapi seru bin puas dan jd ajang belajar ngelola keuangan sblm nikah hehee

    ReplyDelete
  3. Hihi iya dong, sebenernya gak masalah hajat mewah kalo ortunya mampu tapi jangan sampe maksain biar dipandang orang tapi menangisi hidup susah setelah menikah :)

    ReplyDelete
  4. Temanku ada yng mau menikah tapi untuk lamaran aza hutang bank.sebagai teman aku sudah menasihati tapi malah dia marah...kasian juga dengan gaji pegawai pabrik harus membayar angsuran 1.3juta selama 3ahun...tidak bisa membayangkan klo sudah menikah apa istrinya mau selama 3thn hanya dikasih 500ribu.

    ReplyDelete
  5. Temanku ada yng mau menikah tapi untuk lamaran aza hutang bank.sebagai teman aku sudah menasihati tapi malah dia marah...kasian juga dengan gaji pegawai pabrik harus membayar angsuran 1.3juta selama 3ahun...tidak bisa membayangkan klo sudah menikah apa istrinya mau selama 3thn hanya dikasih 500ribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga jadi pelajaran untuk kita semua bahwa kehidupan sesuangguhnya adalah setelah hari pernikahan

      Delete

Post a Comment