Skip to main content

Alasan Mengapa Perjalanan Mudik Lebaran Dengan Kereta Butuh Waktu Yang Lama


Hello readers, siapa nih yang punya kampung halaman? Sebentar lagi mudik dong? Ya, salah satu tradisi di Indonesia saat merayakan Idul Fitri atau Lebaran adalah berkumpul dengan keluarga besar dan sanak saudara. Selama satu tahun bekerja di luar kota, tentunya membuat hati rindu untuk merayakan lebaran bersama. Saat pulang kampung, ada beberapa alternatif moda transportasi yang dapat digunakan, seperti kendaraan pribadi maupun umum, baik lewat jalur darat, laut bahkan udara. 

Setiap tahun, berita yang masih menjadi primadona angkutan mudik adalah Kereta Api, terutama bagi mereka yang tinggal di Pulau Jawa. Selama perjalanan mudik di dalam Kereta Api, mungkin Anda akan merasa bosan dan jenuh karena perjalanan yang panjang. Anda harus melakukan kegiatan seperti membaca buku, mendengarkan musik atau melihat pemandangan di luar jendela. Perjalanan tersebut mungkin akan terasa lama terlebih saat musim mudik lebaran.


Sebenarnya lama perjalanan Mudik dengan kereta api, disebabkan oleh beberapa alasan berikut ini:

1. Jumlah Stasiun
Dikenal sebagai transportasi yang cepat akan tetapi untuk sampai di stasiun tujuan maka Kereta Api harus melalui beberapa stasiun terlebih dahulu. Semakin banyak jumlah stasiun maka semakin lama perjalanannya. Biasanya setiap Kereta Api membutuhkan waktu 5 menit untuk singgah di setiap stasiun. Selain itu biasanya saat kereta berhenti banyak penumpang yang naik atau turun sesuai dengan tiket kereta lebaran mereka.

2. Jarak yang ditempuh
Sudah bukan menjadi rahasia umum jika semakin jauh jarak tempuh maka semakin lama durasi waktu yang dibutuhkan. Perlu Anda ketahui bahwa kecepatan tempuh Kereta Api tidak bisa diubah di tengah perjalanan sehingga kecepatannya lebih stabil.

3. Kecepatan Kereta
Kereta Api memiliki kecepatan yang stabil karena tidak bisa berubah kecepatannya. Sistem perjalanan Kereta Api sudah memiliki jadwal dan sistem yang tersusun rapi. Adanya sistem ini membuat Kereta Api tidak bertabrakan.

4. Gangguan lainnya
Meskipun telah menggunakan teknologi yang canggih, akan tetapi tak menutup kemungkinan bisa terjadi gangguan pada kereta api. Gangguan yang terjadi diantaranya rel yang lepas, gangguan signal, kurangnya bahan bakar dan berbagai jenis gangguan lainnya. Gangguan ini wajar terjadi saat perjalanan Kereta Api dan bahkan tak bisa diprediksi.

Meskipun mudik pakai Kereta Api terkadang membosankan tapi berkumpul bersama keluarga akan mengobati segalanya. Saya jadi ingat sama teman SMA yang setiap tahun mudik ke Jawa, Orang Tua beliau harus berburu tiket kereta lebaran, menunggu lama sebelum kereta berangkat supaya kebagian tempat duduk, tapi itu dulu, sekarang Kereta Api sudah jauh lebih nyaman dan aman, bahkan saat Honeymoon dua tahun lalu, saya menggunakan jasa Kereta Api untuk menuju Yogyakarta.

PT. KAI terus berbenah dan menerapkan kebijakan agar penumpang bisa merasakan berbagai fasilitas lengkap terutama saat musim mudik lebaran. Sebagai salah satu transportasi yang banyak diminati, maka tak heran jika tiket kereta lebaran menjadi rebutan calon penumpang yang akan mudik dan ketika tiket bisa Anda peroleh maka akan timbul rasa kepuasan tersendiri dalam diri Anda. 

Kemajuan zaman juga memudahkan calon penumpang untuk mendapatkan tiket kereta lebaran sekarang juga tanpa harus mengantri di Stasiun dan terjebak Calo. Mudik Pakai Kereta Api? Siapa takut! Semoga info ini dapat bermanfaat ya, selamat mudik! 

Comments

  1. Bermanfaat banget sist.. Mau beli tiket kereta dari sekarang.. Thanks informasinya Mrs. Sandra

    ReplyDelete
  2. tadi malem aku dari solo mba ke bandung nek kereta deh iya siy krn lewatn bnyk staisun berhenti dulu jd lama tp so far aku nyaman apalagi td mlm pke dikasi selimut segala *lah emang prosedurnya keles hahaha

    ReplyDelete
  3. iya sekarang mesen tiket kereta udah mudah dan nyaman banget. sekarang kondekturnya juga udah serba online. way to go PT KAI!

    ReplyDelete
  4. aku ga dapet nih tiket kereta ke solo utk lebaran mba.. jd sepertinya thn ini bakal di jkt aja... biasanya thn2 lalu kalo g dpt tket kita bakal naik mobil.... tp krn skr ada si bayi, aku ga mau lah naik mobil saat lebaran... gila aja, pernah ngalamin 30 jam mba sampe solo dr jkt ;p hahahahah.... untung g ada bayi... kalo ada bayi, aku nyerah... mnding ga balik mudik saja :D

    ReplyDelete
  5. Jd dimaklumin lah yah mbkmkalok lama,
    Mudik bsok insyaAllah aju jg naik kereta, lama jg sih, 8 jaman,
    Semangaaattt

    ReplyDelete
  6. tapi sekarang kereta api sdh nyaman ya termasuk yg ekonomi gak desak2 desakan lagi gak ada penjual yg naik kereta. krn aku mudik ke puncak mknya gak pernah pakaikereta

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts

[Review] Vaseline Repairing Jelly Original

[Review] Sampo Natur: Aloe Vera Extract

[Review] Kosmetik Inez

[Review] Herborist Zaitun Shampoo

Pengalaman USG di Cimahi

[Review] Mineral Botanica Face Brightening Night Cream

Wisata unik dan mendidik : Wisata Seni ke Bale Seni Barli

Hadiah Untuk Ibu Menyusui

[Review] Sisir Pelurus Rambut

[Review] Marina Body Scrub, Bright and Fresh