Skip to main content

[Resensi] Buku Gentle Birth Balance


Hola Bumil cantiks, sekarang saya mau review salah satu buku yang wajib dibaca Bumil, Calon Ayah, Dokter, Bidan, Doula, Praktisi kesehatan lainnya dan semua yang peduli pada persalinan indah calon penerus bangsa.

Baca juga: Melahirkan sambil tersenyum

Mau cerita dulu ya, butuh perjuangan banget buat baca buku ini hehe. Tiga tahun yang lalu setelah menikah, saya mulai mencari informasi kehamilan sampai akhirnya saya menemukan dan mengenal "Gentle Birth" di Website Ibu Yesie alias www.Bidankita.com dan Facebook Gentle Birth Untuk Semua

Sebelum hamil, buku Gentle Birth Balance karya beliau ini mudah ditemukan di Toko Buku. Tapi saat saya hamil, saya sangat kesulitan sekali mendapat buku ini, setiap bulan saya mencari ke Toko-toko buku di Bandung, bahkan uang transfer pun di kembalikan olshop karena buku nya sold out, karena saya merasa punya hutang budi atas ilmu dan kebaikan Ibu Yesie, akhirnya saat kontrol kehamilan 8 bulan, saya iseng nanya ke Bidan kesayangan yang Pro Gentle Birth juga, namanya Teh Wisdyana, M.Kes. (kapan-kapan saya review tentang beliau yang juga adik kelas dari Bidandari gentle birth paling terkenal di Bandung yaitu Bidan Okke di Bumi Ambu, ah semesta mendukung ya^^) apakah punya buku ini? Alhamdulillah beliau punya dan meminjamkan buku ini pada saya hihi. 

1. Identitas buku:
Judul buku: Gentle Birth Balance: Persalinan Holistik Mind, Body and Soul

Penulis: Yesie Aprillia, S.Si.T., M.Kes.

Penerbit: Qanita Mizan

Tahun terbit: Cetakan 1, Mei 2014

Jumlah halaman:  293 halaman

2. Jenis Buku: Kesehatan/ kehamilan dan persalinan

3. Packaging:
Cover nya feminin dengan model calon Ayah dan Bunda (kirain saya itu Ibu Penulis lho hehe), ada sentuhan warna favorit saya yaitu fuschia dan tosca dengan huruf timbul berwana gold di bagian judul.

4. Bedah buku:
>> Berdasarkan organisasi buku: Buku ini diawali dengan apresiasi orang-orang yang satu energi dengan Penulis, pesan dari Penulis, Kata Pengantar, Ajakan pemberdayaan diri, Surat dari Penulis dan Cara menggunakan buku ini.

Bab pertama membahas tentang kehamilan yang sehat dan sadar, pembahasan tentang perubahan fisik dan kemungkinan keluhan yang dialami Ibu Hamil beserta soslusinya, ajakan menulis Diary kehamilan, Mendengarkan janin, Berkomunikasi dengan janin

Bab 2 mengulas tentang Art and Science dalam persalinan dimulai dari membangun perspektif baru dalam persalinan, persiapan batin, mengenal alam bawah sadar dan hormon kehamilan, proses terjadinya persalinan, memahami kontraksi atau gelombang cinta/pijatan rahim saat persalinan, berkenalan dengan panggul, berbagai posisi melahirkan, melahirkan dengan aktif dan tanpa mengejan.

 Bab 3 adalah pembahasan mengenai takut dan nyeri dalam persalinan yaitu:
Haruskan melahirkan itu sakit dan nyeri?
Berdamai dengan nyeri dan rasa takut
Bersiap menikmati persalinan

Kemudian di Bab 4 Penulis membahas tentang teknik bernafas untuk rahim, sedangkan  Bab 5 berisi tentang Hypnobirthing dan meditasi. Bab 6 Penulis mengajak Bumil untuk berlatih Prenatal Yoga dan Bab 7 adalah Praktik Gentle Birth Balance yaitu komitmen berlatih nafas, relaksasi, meditasi, yoga, hypnobirthing dan tetap aktif bergerak dengan kesadaran yang terhubung tubuh dan bayi.




Buku ini ditutup dengan rangkuman pemberdayaan diri dalam gentle birth balance, catatan penting dari Penulis, lampiran berupa persiapan melahirkan di RS, Birth Plan dan kalender program gentle birth balance serta daftar pustaka.

>> Berdasarkan isi buku, Buku ini sangat artistik, realistis, ilmiah dan memotivasi Ibu hamil untuk membuka mata bahwa kehamilan dan persalinan adalah salah satu anugrah yang harus di syukuri dan disambut dengan suka cita.

Gentle Birth adalah proses persalinan yang menuntut kita untuk kembali merunduk ke alam, memercayai kekuatan tubuh yang memang didesain untuk melakukan tugasnya yaitu melahirkan keturunan.

Sedangkan Gentle Birth Balance adalah metode yang dibuat Penulis untuk memberi petunjuk dan panduan yang menyeluruh (holistik) sehingga kita Bumil bisa mendapatkan kualitas dan pengalaman persalinan yang luar biasa.

>> Bagian terfavorit adalah Membaca pengalaman Ibu-ibu klien Bidan kita, bahkan ada yang sukses melahirkan secara normal padahal sebelumnya melahirkan secara bedah caesar loh, saya suka motivasi Bidan Yesie dan rangkuman Gentle Birth di bagian akhir buku.

>> Berdasarkan bahasa, buku ini mudah dipahami dan "saya dan suami banget" soalnya diawali dengan persiapan kehamilan dan konsepsi dengan penuh kesadaran, selama hamil suka lihat yang indah-indah, menggambar, menari, bermusik, berkarya bersama baby. Terkadang Bu Yesie "curhat" soal rekan sejawatnya yang mencibir soal pemikirannya bahwa melahirkan itu enggak perlu sakit, yang harus diobati itu trauma klien sebelum hamil dan melahirkan bahkan trauma para nakes itu sendiri. Untuk Yoga dan meditasi saya belum terbiasa karena lebih menyukai senam hamil yang lebih kompilt, secara udah 9 tahun aerobic hehe. Sedangkan instruksi praktik Hypnobirthing dan Gentle Birth Balance memang harus ada partner atau ikut kelasnya supaya hasilnya lebih maksimal. Jadi kalau ada yang masih meremehkan gentle birth nya belum berhasil atau belum sempurna, mungkin kurang latihan dan hatinya kurang ikhlas dalam menerima takdir Tuhan.

7. Nilai Buku: 9,5/10

8. Kesimpulan: 
Semoga kita menjalani kehamilan minim drama dan minim trauma, dimudahkan dalam persalinan, seluruh ilmu dan latihan bisa di praktikkan selama menjalani persalinan yang ramah jiwa, ramah kantong dan ramah lingkungan hehe.

Semoga Ibu Yessi dan Bidan penggiat Gentle birth selalu sehat dan sukses selalu ya^^ fyi  Bu Yessi tuh pas lahiran anak nya belasan tahun silam enggak merasakan sakit loh, soalnya mungkin beliau tuh orangnya baik hati, gemar membantu sesama dan tidak pelit berbagi ilmu jadi setelah menari lagu-lagu Bollywood dari film Shah Rukh Khan , malamnya beliau melahirkan dengan sangat cepat dan mudah, Subhanallah ya... 

Tuh kan, jadi kalau ada seleb/public figure hamil menyenangkan dan melahirkan dengan indah jangan iri dengki sama kebahagiaan mereka dan ngajakin orang-orang benci sampe ditulis di blog segala, introspeksi diri aja ya dan baca buku ini soalnya masih ada saja oknum yang salah kaprah tentang gentle birth, padahal gentle birth bukan melahirkan tanpa intervensi medis tapi pemberdayaan diri supaya persalinan berjalan lancar dan tidak menimbulkan trauma, jika sudah berusaha maksimal namun harus berujung di meja operasi, kesadaran dan keikhlasan akan membuat kita tetap tenang dan lebih cepat pulih. Sehingga mau melahirkan di darat, laut, udara, di rumah, di Bidan, di Dokter, dimanapun semesta akan menyambut kelahiran buah hati kita dengan penuh kedamaian.

Yuk ah teman-teman, apalagi Ibu hamil, daripada follow akun gosip nyinyirs lebih baik follow akun-akun yang bermanfaat^^ seperti akun instagram @bidankita, @lannykuswandi @robinlim See you...

Mungkin Bumil mau baca juga:

Comments

  1. Hai Mbak, bukunya menarik banget karena lengkap ya pembahasannya. Menjalani kehamilan memang perlu dan patut banget untuk disadari bahwa diri berubah. Menulis perubahan dalam kehamilan, waktu demi waktu sembari menunggu persalinan juga sangat melegakan perasaan, menurutku. Ach rekomended banet nih buku,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya buku ini lagi langka banget, saya setiap minggu mencatat diary kehamilan agar suatu saat sang baby bisa baca ketika dia dewasa aamiin^^

      Delete

Post a Comment

Popular Posts

[Review] Vaseline Repairing Jelly Original

[Review] Sampo Natur: Aloe Vera Extract

[Review] Kosmetik Inez

[Review] Herborist Zaitun Shampoo

Pengalaman USG di Cimahi

[Review] Mineral Botanica Face Brightening Night Cream

Wisata unik dan mendidik : Wisata Seni ke Bale Seni Barli

Hadiah Untuk Ibu Menyusui

[Review] Sisir Pelurus Rambut

[Review] Marina Body Scrub, Bright and Fresh