Skip to main content

Periksa kehamilan di Bidan atau Dokter?

Sandraartsense.com - Berdasarkan pengalaman, setelah hasil tespek positif, saya meminta rujukan pemeriksaan kandungan ke Dokter Umum Klinik Faskes 1 Izzati Padasuka Cimahi, beliau menyarankan : "Kalau hamil enggak ada keluhan periksanya ke Bidan saja, jika ada keluhan nanti di rujuk ke Dokter Spesialis Kandungan (Obgyn)".

Baca juga: Melahirkan sambil tersenyum


Menurut saya, sama saja mau periksa di Bidan atau Dokter, beliau kan sekolahnya sama, ilmu nya sama, Guru nya sama, bedanya hanya di penyampaiannya saja. Ada Nakes yang riweuh adapula yang santai, up to date dan enak diajak konsultasi.

Periksa kandungan di Bidan:
❤Kita akan lebih leluasa konsultasi (((curhat))) karena sama-sama perempuan, tapi enggak semua Bidan enak diajak konsul loh, ada juga Bidan yang jadul, kurang update penelitian medis terbaru, ya kalau Ibu-ibu yang enggak melek internet dan enggak suka baca buku pasti nurut iya-iya saja mau di gunting mau di larang ini-itu, tapi bagi generasi yang memberdayakan diri pasti akan mencari info sebanyak-banyaknya, bukan untuk sok tahu tapi lebih ke konfirmasi teori dan praktiknya seperti apa. Sekarang ini semakin banyak Bidan yang Up to date, sampai tahu Artis-artis yang melahirkan secara Gentle Birth

❤Pemeriksaan kandungan di Bidan juga tidak akan mengantri seperti di Dokter, Bidan bisa lebih fleksibel dan biasanya jaraknya dekat dengan rumah, biaya periksa dan biaya melahirkan murah namun Bidan tidak mendapat izin USG.

❤Kalau saya periksa di Bidan muda yang up to date dan pro gentle birth banget, sehingga semesta mendukung lah. Bidan yang usianya masih muda, biasanya masih idealis dan bisa diajak kompromi hehe. Mau konsul tinggal sms/WA hehe, jika Bidan Senior tentunya pengalaman udah banyak banget ya, saking sibuk dan terbatas waktu praktiknya, kadang kita diperiksa sama Mahasiswa nya,  agak segan kalau mau diskusi karena udah populer kan.

Pemeriksaan kandungan di Dokter :
❤Tentunya disarankan apabila Bumil memiliki keluhan yang mengganggu aktifitas Bumil, seperti mual muntah sepanjang hari.

❤Periksa di Dokter biasanya ngantrinya lama dan periksanya sebentar, Teman saya pernah cerita ada Obgyn favorit Ibu-ibu karena ganteng, ramah, komunikatif, detail dan periksa nya lama bisa ngantri sampai jam 12 malam loh. Saya juga pengen diperiksa sama seorang Dokter tapi sampai sekarang belum sempat bertemu, kembali lagi yang penting saya dan baby sehat ya.

Biaya periksa di Dokter lebih mahal dari Bidan. Saya sering membaca blog Bumil di Bandung, biaya periksa kehamilan 300rb sampai 500rb dengan obat dan vitamin bahkan waktu USG 4D baru ada, biayanya bisa mencapai 1,3 juta.

Alhamdulillah kami sabar menanti kehamilan, jadi tidak pernah periksa kehamilan semahal itu. 

❤Dokter ada fasilitas USG dan Operasi Bedah S-Caesar.

Kemudian pertanyaan Obgyn Laki-laki atau perempuan? Saya dan Suami tidak mempermasalahkan sih karena memang belum pernah ketemu dengan Obgyn perempuan, di Cimahi cuma ada 1 kayaknya dan jadwalnya belum cocok. Lagipula USG kan periksa luar dan ada Suami serta perawat perempuan setiap melakukan USG, mungkin untuk periksa dalam saya juga agak risih dan lebih baik di Bidan.

Alhamdulillah Saya selalu mendapatkan Nakes terbaik dan tidak banyak pantangan/obat selama hamil. Saya selalu berdoa agar nanti saya dan Bumil lainnya bisa melahirkan secara normal, alami dan gentle birth. Baby sehat sempurna lahir batin, rupawan, cerdas, ceria, menjadi penyejuk hati Orang tuanya dan bisa memberi manfaat bagi agama, bangsa dan alam semesta aamiin.

Artikel terkait:
Sekian pengalaman saya periksa kehamilan, Insya Allah nanti akan saya ceritakan lebih detail tentang pengalaman periksa kehamilan di Bidan dan USG di Dokter.

Kalau Mom periksa kehamilan di Bidan atau Dokter? Mau periksa di Bidan atau Dokter yang penting nyaman, Mom dan baby sehat lahir batin ya.

Comments

  1. Kalau bidan punya alat usg harus punya ijin dulu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu Bidan menyampaikan kalau Bidan tidak punya izin USG karena pernah ada kasus salah diagnosis, hanya Obgyn yang bisa USG mbak^^

      Delete
  2. Aku pengen banget kalau hamil lagi bisa periksa di bidan cuma pasti susah soale ada riwayat obstetrik nggak bagus. Bahkan kadang malah harus ke fetomaternal segala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sehat selalu ya Mbak^^ memang saat USG kedua, saya juga dapat Dokter spesialis fetomaternal, Alhamdulillah semuanya normal^^

      Delete
  3. Aku dulu periksa dua-duanya mbak...tapi lebih sering ke Bidan. Ke Dokter paling cuma tiga kali aja selama hamil. Ketiga anakku lahirnya juga di Bidan semua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Alhamdulillah senangnya bisa lahiran normal, saya juga ke Dokter pas USG aja, semoga kita sehat selalu ya^^

      Delete
  4. aku periksa ke dokter dan ke bidan juga. dokter pastinya buat lihat dede bayi lewat usg. bidan pas dekat-dekat lahiran

    ReplyDelete
  5. Aamiin. Kalau saya sih pengennya gentle birth juga nantinya mba. Sekarang mah mohon doanya biar hamil dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih ya doanya, semoga Mba juga bisa hamil yang menyenangkan dan ramah jiwa^^

      Delete
  6. saya lebih suka ke dokter buat periksa rutin, tapi kl buat cek mendadak ke bidan lebih enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah baca Mba, salam kenal^^

      Delete
  7. salam kenal mba,,mba ada rekomendasi bidan yang pro gentle birth di wilayah cimahi?makasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, setahu saya di Cimahi Bidan Deni Jl. Padasuka dan kalo di Ngamprah Bidan yang bantu saya lahiran namanya Bidan Wisdy Jl. Haji Gofur SMK Tunas Bangsa^^

      Delete
    2. Makasih ya mba atas informasinya..ada kontak bidan Wisdy ga mba?kira2 pro VBAC tdk?mksh yaaaa

      Delete
    3. 085861121214 semoga bisa VBAC ya aamiin

      Delete

Post a Comment

Popular Posts

[Review] Vaseline Repairing Jelly Original

[Review] Sampo Natur: Aloe Vera Extract

[Review] Kosmetik Inez

[Review] Herborist Zaitun Shampoo

Pengalaman USG di Cimahi

[Review] Mineral Botanica Face Brightening Night Cream

Wisata unik dan mendidik : Wisata Seni ke Bale Seni Barli

Hadiah Untuk Ibu Menyusui

[Review] Sisir Pelurus Rambut

[Review] Marina Body Scrub, Bright and Fresh