Skip to main content

[Sinopsis & Review] Film SRK : F A N

Namaste bollywood lovers! Especially to Rukhster mania, akhirnya film yang ditunggu-tunggu hadir juga di bioskop tanah air. Sayang sekali kali ini aku dan rekan kerja ada program ngajar hari minggu jadi enggak bisa ikut nobar sama SRKFCI hari minggu kemarin.Kemarin siang aku, Bu syn dan Bu Anna janjian di CGV Blitz BEC Bandung buat nonton film Shah Rukh Khan yang baru di 2016 ini, yup Film FAN. 



Berikut adalah sinopsis film Fan:
Fan adalah film thriller India yang dirilis pada 15 April 2016, disutradarai oleh Maneesh Sharma dan menampilkan Shah Rukh Khan sebagai pemeran utama. Film ini diproduksi oleh Aditya Chopra di bawah bendera Yash Raj Films.

Gaurav Chandna (Shah Rukh Khan) adalah pemuda kelas menengah dari Delhi yang mempunyai wajah mirip superstar Bollywood idolanya Aryan Khanna (juga Shah Rukh Khan). Gaurav berkali-kali menang kontes mrirp artis di festival kotanya karena dia sangat lihai meniru gaya dan acting pujaannya. Saat Aryan Khanna akan berulang tahun, ia memutuskan untuk pergi bertemu Aryan. Pada saat sampai di Mumbai, Gaurav bersama ribuan fans berkumpul di depan rumah Aryan. Kesulitan bertemu idola akhirnya menghasilkan ide bagi Gurav agar tetap bisa bertemu Aryan. Saat itu sesama actor Bollywood Sid Kapoor memberikan pernyataan keras terhadap Aryan di media, yang membuat marah Gaurav. Akhirnya Gaurav memaksa Sid untuk meminta maaf kepada Aryan sehingga video terebut tersebar secara viral. Mengharapkan Aryan untuk memuji perbuatannya, Aryan justru mengirimkan dua polisi untuk menangkap Gaurav. Kemudian, Aryan memperingatkan dia bahwa apa yang telah dilakukan adalah kejahatan dan ia harus kembali ke rumah. Merasa patah hati, Gaurav menjual tokonya. membakar poster Aryan yang tertempel di kamarnya dan memutuskan untuk membalas dendam dengan menghancurkan reputasi sang bintang.

Setahun kemudian, ketika Aryan di London, Gaurav memasuki museum Madame Tussauds. Gaurav menyamar sebagai Aryan dan menciptakan skandal yang membuat Aryan ditangkap. Kemudian saat Aryan sedang dalam perjalanan ke Dubrovnik untuk tampil di pernikahan seorang miliarder, Gaurav meminta dia untuk meminta maaf di depan umum untuk perilaku buruknya pada Gaurav, jika tidak Gaurav akan meredupkan karir bintang nya. Aryan menolak dan Gaurav menyelinap ke dalam pesta dan menyamar sebagai Aryan. Aryan mencoba untuk menangkapnya tapi Gaurav berhasil lolos. Kasus Aryan menjadi berita di seluruh dunia, sehingga aksil boikot melawan Aryan datang dari para penggemarnya. Aryan kemudian mengumumkan dalam konferensi pers bahwa seorang penipu ada di balik semua insiden ini.

Kembali di India, Gaurav memasuki rumah Aryan dan menghancurkan koleksi trofi sang idola. Aryan lalu pergi ke rumah Gaurav dan menceritakan pada orang tuanya, namun justru Gaurav mengancam dan meminta Aryan untuk menemuinya di festival lokal malam berikutnya. Aryan juga mencari bantuan dari Neha (Shriya Pilgaonkar). Dalam festival itu, Aryan menyamar sebagai Gaurav. Merasa diprovokasi, Gaurav mencoba untuk menembak Aryan, kemudian Aryan mengejar Gaurav dan akhirnya menangkapnya. Aryan mencoba untuk bernegosiasi dengan Gaurav dan mengatakan kepadanya bahwa tidak ada perbedaan di antara mereka. Dia meminta Gaurav untuk berhenti melakukan kejahatan ini dan menciptakan identitasnya sendiri bukan sebagai “Aryan Khanna Junior”. Memang ketika kita mengidolakan sesorang apalagi selebritis, yang harus ditiru adalah kerja kerasnya dalam menggapai kesuksesan, bukan gaya hidupnya yang glamour.

Review:





Pada saat video clip Ost. Fan yang berjudul Jabra Fan di Youtube, aku agak under estimate film ini enggak akan serame Dilwale. Dalam klip tersebut Aku melihat ada aktor yang mirip sama King Khan, aku mikir, terus nanti si orang itu bakal ngetop juga dong, tapi pasti gak akan bisa menyaingi kepopuleran SRK. Ternyata aku salah besar, orang yang mirip SRK (versi KW nya) adalah SRK sendiri, ya di film Fan ini, Shah Rukh Khan memang berperan menjadi 2 orang sekaligus, namun bedanya dengan film SRK terdahulu adalah totalitas akting SRK itu sendiri.

Sebagai fans fanatiknya, beberapa tahun ini aku sendiri kurang puas dengan film-film SRK karena munculnya beberapa pemain pendukung yang membuat space SRK di film tersebut menjadi berkurang, di film Fan ini hanya ada Shah Rukh Khan, the one and only King Khan. Tidak ada pemain pendukung terkenal, sehingga aku sangat puas karena bisa menikmati peran yang SRK mainkan.

Dari segi cerita, Film Fan sangat sederhana karena kejadian klise ini sering terjadi di dunia nyata. Kalian ingat ketika John Lennon Vokalis band Legendaris The Beattles yang tewas ditembak fans nya sendiri? Nah duel antara Superstar dan Fans inilah yang dikemas apik dalam film ini. Disini SRK memerankan dua tokoh yang dari segi usia saja sudah sangat jauh, sehingga SRK junior terlihat sangat flawless (efek makeup artist jenius dari ollywood Gregg Cannom dan scanning 3D) tapi SRK senior tetap keliatan macho dan ganteng. Untuk make up aku sangat suka, karena meskipun mirip tapi aku tahu itu bukan SRK tapi terkadang aku sampai terkecoh dibuatnya haha. Adegan yang paling aku suka adalah saat Aryan Khanna pertama kali berhadapan langsung dengan Gaurav di kantor polisi, selain efek the power of make up yang membuat hidung ciri khas SRK dengan tiruannya sangat berbeda tentunya, adalah kemampuan akting SRK yang bikin geregetan.

Pasti sangat banyak sekali penggemar obsesif  yang sangat mencintai SRK, dalam film Fan seolah SRK ingin bercerita bahwa tidak semua Fan dapat ia temui, tak semuanya dapat perhatian dari sang mega bintang. Namun kekurangan dalam film ini adalah terlalu lamanya scene kejar-kejaran antara Gaurav dan Aryanan di Dubrovnik, Kroasia. Mungkin karena pengambilan gambar dengan latar pemandangan yang sangat bagus sehingga dibuang sayang. Selain itu, saat ditayangkan di bioskop di kota ku tidak ditayangkannya Ost. Fan yang berjudul Jabra itu sehingga sepanjang film tidak ada lagu-lagu Bollywood yang menjadi ciri khas film India, scoring musik yang mengiringi adegan memang ada tapi karena tidak ada lagu ful, berasa ada sesuatu yang kurang. Atau mungkin memang sekarang trend nya seperti ini, sudah beberapa film India mengurangi lagu dan adegan tari dalam setiap filmnya, jadi istilah ujan-ujanan bersembunyi di balik pohon adalah film India sudah tidak berlaku lagi. Sekarang film-filmya lebih realistis, tidak melulu soal kisah cinta antara si kaya dan si miskin yang tak direstui orang tua. Justru film India yang booming di Hollywood adalah yang tidak terlalu banyak (bahkan tidak ada) lagunya.

Kesimpulannya, aku kasih rating 4 dari 5 bintang untuk film ini. Buat yang suka sama SRK wajib nonton deh soalnya akan lebih puas menikmati penampilannya jika dibandingkan dengan film sebelumnya. Sekian review dariku, sampai ketemu di film SRK selanjutnya, Sukriya!

Kata kritikus Film: sumber
Fan has received generally positive reviews from critics. On Rotten Tomatoes the film has a rating of 86%, based on 7 reviews, with an average rating of 7.1/10.[31] Raja Sen from Rediff.com gave the film 4.5 out of 5 stars and called Fan a brilliant film with Shah Rukh Khan at his best.[32] Zee News also awarded the film 4.5 stars, saying "The movie encapsulates the fandom which SRK as a star enjoys and why his fans must watch this to understand how he achieved what he did."[33] The Times of India rated the film 4 out of 5 and commented, "Fan is Shah Rukh Khan's triumph all the way. He pulls off a terrifically dramatic double act, altering his look, feel and intensity, but as Gaurav, Shah Rukh makes you forget everything - except feeling scared."[34] Taran Adarsh fromBollywood Hungama gave the film 3.5 stars out of 5 and opined, "On the whole, FAN has a brilliant first half, but loses track in the second hour, only to pick up again towards the pre-climax. The writing should've been tighter, but what works is the terrific act by SRK as the fan.".[35]
The Hindu called the film Khan's return to form and said, "SRK couldn’t have found a better vehicle than Fan, both as an actor and as a celebration of the highs and the lows of his own stardom. A stardom whose enormity he’d himself find difficult to wrap around his head."[36] The Indian Express also gave the film 3.5 out of 5 stars and stated, "Fan is a triumph. Shah Rukh Khan is played to all his strengths, and he plays it just right, gliding in and out of the star and the fan, creating distinct identities and outlines in one scene, and blurring the lines just so in the next."[37] India Today gave the film 3.5 stars as well and commented, "Maneesh Sharma and Shah Rukh Khan hand-deliver the mindscape - of both the fan and the star - on screen. And brilliantly."[38] Hindustan Times also rated it 3.5 out of 5 and went on to say, "Though Fan is irrational at times, it keeps the adrenaline pumping all 143-minutes of the movie. Also, the idea of keeping it a song-less film works because that keeps the overdramatic tone from seeping in."[39]






Comments