Skip to main content

[Recipes] Seblak Mie Bandung



Hello super Mom! Tetap semangat memasak untuk keluarga tercinta ya!

Bandung sering diguyur hujan, rasa lapar yang mendera seolah memaksa diri untuk pergi ke dapur dan mengorek-ngorek isi kulkas hehe.. Hujan memang memiliki banyak kenangan terutama buat orang yang pernah nge-kost dimana alat satu satunya yang dimiliki hanya rice cooker sang pujaan hati disaat kelaperan bikin mie instan. Bosan dengan mie instan, yu kita bikin seblak mie.

Wahh apa sih seblak? mungkin bagi orang di luar Bandung rada aneh ya mendengar makanan yang satu ini. Entah darimana asal muasalnya cuma beberapa tahun belakangan, tukang jualan seblak di Bandung semakin menjamur. Yang asalnya seblak kerupuk sekarang semakin ramai dengan seblak mie, seblak ceker, seblak tulang (hiii sereummmm kayak Jin aja makan tulang) seblak batagor ah pokonya buanyak dech.

Yang akan kita bikin adalah seblak mie, sebelumnya aku belum pernah bikin. Gara-gara fotonya muncul di timeline imajinasiaku langsung menghayal gimana cara bikin seblak mie. Aku bukan tipe orang yang culamitan yang kabitaan kalo ada orang makan, aku biasanya beli atau bikin kalo aku tergoda wkwkw tapi walaupun demam seblak di Bandung, aku sama sekali tidak pernah membeli nya pada orang lain lho...

Cara bikinnya mudah kok karena bumbu inti seblak itu ulekan bawang merah, bawang putih, cikur/kencur dan cabe rawit.

Bahan seblak mie:
mie telor yang sudah direbus
Makaroni yang sudah direbus
Sayuran
kencur atau cikur
cabe rawit
bawang merah
bawang putih
Minyak goreng
Garam, gula dan penyedap secukupnya

Cara membuat:
Panaskan minyak
Masukkan ulekan bawang, cabe dan kencur
Masukkan irisan sayuran, aduk sampai agak lunak
Masukkan mie dan makaroni
Beri air matang secukupnya
Tambahkan garam, gula dan penyedap

Seblak mie siap disajikan!
Selamat mencoba ya semoga bermanfaat! Have a good day!
MAU LES MUSIK? BACA INI

Comments