Skip to main content

Playdate with students PART 1

Hallo super teacher, apa kabar? Semoga semua guru super dimanapun berada selalu sehat dan bisa memberikan ilmu yang bermanfaat bagi peserta didik kita. Kali ini saya ada waktu luang disela kesibukan rutin, saya akan share tentang kegiatan jurusan Administrasi Perkantoran SMK TI Garuda Nusantara Cimahi. Sebagai Guru mata pelajaran produktif, saya dan rekan Guru yang lain tentunya terjun langsung untuk setiap acara dan kegiatan yang dilaksanakan jurusan. Kegiatan seru yang diadakan beberapa minggu yang lalu adalah Beauty class, Fashion show busana kantor, Table manner di Santika Hotel serta kunjungan ke Museum Pos dan Giro di Bandung.

Beauty class adalah kegiatan rutin untuk bekal peserta didik kelas XI sebelum memasuki dunia industri nanti di kelas XII, biasanya peserta didik tidak diperbolehkan untuk memakai makeup ke sekolah, hanya boleh memakai bedak tabur, lip balm, parfum dan deodorant saja. Tapi khusus untuk kegiatan ini, para peserta didik yang hampir semuanya perempuan boleh centil-centilan belajar berdandan. Selain peserta didik, para Guru juga bisa belajar merias juga dong hehehe… sebenernya acara ini mengingatkan saya beberapa tahun silam, karena di sekolah saya dulu juga mengadakan beauty class dari pixy kosmetik dan kala itu saya sama sekali tidak bisa berdandan.




Acara dimulai dari pagi, kebetulan di sekolah ada Guru yang suka menerima jasa rias pengantin jadi, kami mengundang beliau untuk mengajarkan makeup bagi para remaja putri yang cantik-cantik ini. Dipilihlah 2 peserta didik menjadi model untuk dirias. Peserta didik yang lain mengikuti tahapan-tahapan make up secara langsung. Selain itu ada door prize dan sesi tanya jawab agar peserta didik pandai merias wajah.

Selesai acara beauty class, dilanjutkan dengan peragaan busana kantor oleh para peserta didik. Mereka melenggak-lenggok, ada yang berbakat namun adapula yang masih malu dan kurang nyaman dengan pakaian yang dikenakan. Kemudian dipilih juga The best make up dan The best performance oleh tim juri.

Beberapa hari kemudian, kami melakukan table manner di Santika Hotel jl. Sumatra Bandung, peserta didik terlebih dahulu sarapan, tour keliling hotel, mendapatkan ilmu tentang dunia kerja dan tentunya etika sedang makan dan minum dalam seuatu acara dinas. Peserta didik sangat enjoy dan excited mengikuti semua rangkaian acara dari menu appetizer, main course dan dessert mereka coba semuahingga puncaknya mereka diberi kesempatan karaoke selama satu jam.





Setelah dari hotel, kami menuju Museum Pos Giro di jl, Cilaki Bandung. Tepatnya berada di kompleks Gedung Sate yang sudah menjadi trade mark kota Bandung. Sayang sekali, pada saat acara table manner mereka tidak diperbolehkan main hp tapi saat di museum mereka bukannya mendengarkan tour guide malah asik foto-foto sehingga kurang menikmati dan kurang maksimal menyerap ilmu selama kunjungan.Tapi tenang saja, saya sudah membuat soal essay tentang kegiatan ini sebagai bahan evaluasi apa saja yang telah mereka dapatkan selama mengikuti kegiatan (evil laugh). Setelah dari museum kita keliling kompleks Gedung Sate dan ssst ini adalah pertamakali seumur hidup saya berfoto di depan Gedung sate hihi….




Rasa lelah namun menyenangkan membuat saya bersyukur bisa berada diantara mereka.. terimakasih murid-muridku… semoga pengalaman ini bimenjadi inspirasi untuk Guru super bahwa belajar tak harus di dalam kelas, tapi kita bisa melakukan aktifitas menyenangkan di luar kelas. Salam!



#pendidikan #sekolah #smk #cimahi #bandung #administrasiperkantoran #ap #beautyclass #tablemanner #guru #studytour #kunjungan #hotel #museum #jalan-jalan

Comments