• 28.1.21

    9 Resep MPASI 9 Bulan untuk Penambah Berat Badan dan Cara Membuatnya

    9 Resep MPASI 9 Bulan untuk Penambah Berat Badan dan Cara Membuatnya

    MPASI bayi

    Source image: https://www.freepik.com/free-photo/two-little-girls-sitting-table-eating-together-against-green-lawn_9971771.htm#page=1&query=baby%20food&position=31

    Dear Moms, Apakah para ibu di rumah seringkali mengalami kekhawatiran terhadap berat badan si kecil? Kekhawatiran ini seringkali terjadi ketika si buah hati ternyata memiliki berat badan yang jauh tertinggal daripada teman-teman seusianya. 

    Sebagai orang tua pastinya setiap ibu ingin tumbuh kembang si kecil bisa terjadi secara sempurna. Termasuk dengan berat badannya yang mesti mencapai timbangan berat badan ideal. 

    Namun bagi setiap ibu yang menyadari bahwa si kecil belum memiliki proporsi tubuh ideal maka jangan cepat putus asa terlebih dulu. Soalnya masih banyak cara bagi si kecil untuk bisa mendapatkan tubuh idealnya. Termasuk dengan memperhatikan pemberian MPASI yang tepat. 

    Tenang saja, ada resep MPASI untuk bayi 9 bulan yang bisa dibuat dengan mudah.

    1. Bubur Sayur dan Telur 

    Bagi ibu yang ingin membuat bubur sayur dan telur untuk menambah berat badan si kecil maka ada cara membuat yang bisa diikuti. Langkah pertama yang bisa Anda ikuti adalah dengan merebus daging ayam yang sebelumnya sudah dipotong kecil-kecil terlebih dulu. 

    Barulah kemudian ibu tambahkan sayuran seperti wortel dan juga tomat guna menambah cita rasa dan nilai gizi. Apabila campuran tersebut sudah teraduk rata barulah masukan bahan berikutnya yaitu kuning telur, tepung maizena dan margarine. Barulah kemudian blender semua bahan tersebut dan baru disajikan kepada si kecil. 

    2. Bubur Kacang Merah 

    Nyatanya bubur kacang merah juga bisa dijadikan pilihan MPASI untuk menambah berat badan si kecil. Bagi ibu yang tertarik untuk membuatnya maka bisa dimulai dengan merebus kacang merah bersih yang sudah dipersiapkan sebelumnya. 

    Apabila kacang merah yang direbus tersebut sudah melunak maka barulah kemudian dicampurkan dengan bayam dan juga wortel. Aduk hingga merata sampai semua bagian terasa lunak. Apabila sudah lunak, barulah kemudian semua bahan tersebut diblender hingga halus dan barulah disajikan untuk si buah hati. 

    3. Bubur Ati Sayuran 

    Seperti yang diketahui bahwa ati memiliki banyak kandungan bergizi yang dibutuhkan si kecil yang sedang memasuki masa pertumbuhan. Sebagai ibu, Anda juga tidak perlu khawatir karena proses pembuatannya yang terbilang cukup sederhana. 

    Semuanya diawali ketika Anda harus merebus beras dan hati ayam secara bersamaan. Rebus hingga mengental dan kemudian baru tambahkan dengan sayuran seperti tomat dan juga wortel. Selain itu, jangan lupa untuk tambahkan juga margarine untuk semakin menambah cita rasa di dalamnya. 

    Tunggu hingga adonan agak dingin dan kemudian barulah blender semuanya. Jika proses blender sudah selesai, bubur ati sayuran sudah siap disajikan dengan tambahan keju di atasnya. 

    4. Sup Krim Labu Kuning

    Dalam pembuatan sup krim labu kuning ini maka sebenarnya ada beberapa bumbu khusus yang mesti diperhatikan. Sebut saja seperti bawang putih, bawang Bombay, seledri hingga jahe yang mesti ditumis terlebih dulu. 

    Apabila campuran bumbu tersebut sudah mulai mengeluarkan bau harum maka tambahkan labu kuning dan aduk hingga merata. Angkat terlebih dulu hingga dingin dan barulah kemudian blender untuk bisa disajikan. 

    5. Bubur Tahu Kentang 

    Bubur tahu kentang juga proses pembuatannya mesti diperhatikan baik-baik. Diawali dengan memasukan kentang, tahu, wortel hingga daging ayam di panci untuk direbus hingga matang. Apabila sudah matang, tambahkan brokoli untuk didinginkan. Ketika dingin inilah, baru diblender untuk bisa disajikan sebagai bubur tahu kentang. 

    6. Bubur Daging 

    Berikutnya adalah bubur daging yang juga bisa menambah berat badan si kecil. Untuk membuatnya maka ibu harus mencampurkan bahan seperti beras, daging sapi cincang, seledri, wortel hingga air di dalam rice cooker. Apabila sudah matang, angkat dan kemudian blender semuanya. Barulah kemudian baru bisa disajikan. 

    7. Bubur Kentang Kaldu Ayam 

    Bubur kentang kaldu ayam juga tidak boleh dilewatkan untuk menambah berat badan si kecil dengan gizi yang tinggi. 

    Langkah awalnya adalah dengan merebus tulang ayam dan sayuran secara bersamaan. Apabila telah menjadi kaldu maka campurkan dengan kentang, ikan hingga brokoli. Proses terakhir adalah blender semua bahan yang sudah  matang tersebut. 

    8. Bubur Ikan Bayam 

    Rebus terlebih beras dan juga ikan menggunakan api yang kecil saja. Barulah kemudian tambahkan tahu lalu aduk hingga merata. 

    Apabila sudah matang, barulah ditambahkan dengan margarine untuk semakin menambah cita rasa. Blender semua bahan tersebut untuk kemudian menyajikannya. 

    9. Bubur Sayuran 

    Sedangkan jenis bubur terakhir yang bisa dijadikan pilihan oleh para ibu adalah bubur sayuran. Mengingat kandungan tinggi yang dimiliki oleh sayuran maka jangan sampai dilewatkan. Cukup campurkan beras dan sayuran pilihan hingga lunak. Kemudian blender bahan tersebut untuk disajikan pada si kecil. 

    Dengan semua penjelasan diatas, pastinya membuat Anda sebagai ibu lebih paham tentang 9 resep MPASI 9 bulan untuk penambah berat badan dan cara membuatnya. Bila ternyata anak masih umur 6 bulan, berikan menu MPASI bayi 6 bulan juga untuk menyesuaikan dengan sistem pencernaannya. 

    1 comment:

    1. Anonymous28.1.21

      Sangat rekomended bgt ni mom buat nanati persiapan MPASI,thanks infonya mom

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES