• 14.11.16

    Perlukah pamer kehamilan dan foto anak di sosmed?

    Perlukah pamer kehamilan dan foto anak di sosmed?

    Hallo smart parents! seneng ya rasanya ketika tau Istri hamil, rasanya pengen seluruh dunia tau... Salah satu caranya adalah melalui sosmed, nantinya bakal banyak doa dan ucapan selamat yang membanjiri status BBM, Facebook, Twitter, Path bahkan Instagram ;) gatel rasanya pengen pamer kebahagian ini.

    Dulu saya pernah minta rekan kerja kirimin foto anaknya yang baru lahir, setelah dikirim, beliau bilang: San, jangan di upload ke Sosmed ya :) Oke kak, Sandra ngerti dan Sandra juga kalo punya anak bakal lindungi privacy nya. Itu sebelum nikah loh mikirnya ;) eh Suami juga sepemikiran!

    Makanya pas tau hamil, saya mantap untuk menikmati kebahagiaan ini dengan cara: nanti dulu deh show up nya, nanti dulu deh publish blognya, keep in the draft dulu deh, posting nanti aja. Saya pengen kayak temen-temen yang lain, jarang update, jarang ngeluh, tau-tau brojol lah anaknya hehe..happy ending.

    Hidup saya dan suami terlanjur antimainstream: Nikah tanpa hutang, sederhana sampai dikira hamil duluan kali ya hehe makanya kita pacatan dulu lah, ke Jogja dulu, ke Bali dulu, puas-puasin honeymoon berulang-ulang. 

    Yaudah pas hamil cuma ngabari keluarga inti, temen yang masih care suka chat dan temen yang lagi hamil buat sharing. yang lain nanti juga tahu kok kabar bahagia ini.

    Sudah beberapa kali saya melihat timeline sosmed seputar hamil dan anak, seperti teman yang udah lama pengen kehadiran buah hati, kasus keguguran sampai sang bayi yang meninggal saat melahirkan, bayi nya masih harus dirawat di RS, bayangkan gak stress gimana coba, hal-hal yang awalnya membahagiakan tiba-tiba Tuhan uji dengan hal tak terduga, orang kan cuma bilang: sabar yah shay. 

    Meskipun banyak pula yang saking gembiranya hamil dan punya anak, sering update berlebihan tapi tetep punya anak yang manis dan lucu. 

    Hmm alasan saya untuk tidak terlalu show up kehidupan pribadi yang menyangkut buah hati adalah karena:

    1. Saya merasa sudah dewasa dan harus bijaksana, agama saya mengajarkan untuk tidak berlebihan dan tidak melampaui batas.

    2. Kita enggak pernah tahu apa yang akan terjadi pada kehamilan dan kondisi anak kita, berdoa dan berusaha pasti yang terbaik ya tapi mungkin itu alasan orang tua jaman dulu bilang: belanja keperluan baby nanti aja udah 7 bulan ya, karena posisi kepala baby di bawah, 8 bulan keatas lagi dan 9 bulan kebawah lagi. Sekarangmah jangankan 7 bulan, tespek positif upload, usg burem upload, ngidam upload, morning sickness upload, beli baju upload, kontraksi upload, anak baru 2 menit upload, caesar mahal upload, aqiqah upload, sagala weh di upload heeheu abis gemez sih pengen pamer anak kita udah bisa apa aja ;)

    3. Terkadang kalo timeline yang monoton, meskipun soal baby paling ganteng, cantik lucu versi emak bapaknya ya lama-lama orang bisa bosan dan terganggu. 

    4. Menyangkut privacy anak, udah tau kan di US ada anak yang menuntut ortunya karena fotonya tersebar di internet? Di Perancis udah gak boleh loh posting sembarangan karena melanggar privacy anak, takutnya malah mengundang para pedofil, sindikat penjualan bayi di Instagram, hingga kasus penculikan karena si penjahat udah tau kebiasaan ibu korban lewat sosmed tadi. Saya pun hati-hati posting foto murid, lebih baik fokus sama aktifitasnya, bukan wajahnya.

    5. Empati sama temen yang belum punya baby ;)

    6. Udah ada blogger yang sadar untuk menghapus semua foto anaknya kecuali foto bersama yang susah di crop, adapula yang tidak pernah sama sekali upload foto anak dan tidak menyebutkan nama lengkap sang anak.

    7. Anak itu bukan hasil karya kita tapi titipan tanggung jawab dari Tuhan yang harus dijaga. Kami Artist, anak kami bukan anak selebritis yang hidupnya selalu diintai jurnalis, ada juga sih beberapa Public figure seperti Nadia Hutagalung yang jarang memperlihatkan wajah jelas anak-anaknya, awalnya Jedar juga gitu ya heheh.

    Sebagai pasangan Seniman, lebih baik show up karya ;) meskipun edan-edanan berkarya likes dan komen tidak sebanyak foto bayi yang lucu tapi kami ingin anak kami berkembang sehat, so jangan nyalahin anak merebut hp Anda, kecanduan gadget karena setiap hari lihat Ibunya update mulu, main hape mulu, sehingga enggak mau ngajak main, ngajak ngobrol anak dan malah memberikannya gadget supaya diem :) efeknya tahu kan? Motorik terganggu, speech delay (jangan bandingkan dengan Einstein kecil ya) bahkan kurang empati pada sesama.

    Saya dan suami suka gendok banget kalo nanya anak-anak yang lagi main gadget atau nonton Tv, mereka tuh gak ngejawab, malah kadang meledek atau mengumpat. Apakah anak jaman sekarang krisis moral dan sopan santun? Murid saya banyak yang spesial loh, mereka kalau ditanya tetap menjawab, meskipun pakai bahasa isyarat ;) 

    Saya tidak melarang hak Anda sebagai orang tua untuk melakukan apa saja yang masih "wajar" pada anak Anda di sosmed tapi alangkah lebih baiknya jika Anda mau bijaksana, menghargai privacy buah hati demi keamanan dan keselamatannya di masa depan ;) semua kembali pada Mom and Dad, sekarang kan zamannya bebas berekspresi.

    So, perlukah pamer kehamilan dan foto anak? Kalo saya sih pamernya di blog aja biar puas, tapi yang manfaat gitu kayak hamil sehat dan menyenangkan! Isinya tips doang, foto dari pixabay dkk heheu

    Atau prestasi anak saya nih usia 3 tahun udah jago main piano ;) dapet Grammy pula hehe 

    Mana foto anak kamu? wani piro bayar anak saya tampil di sosmed? Kecuali jadi bintang iklan kali ya *duitnya buat pendidikan anak*

    Orang sukses adalah orang yang mau mendengar nasehat, Rosul saja banyak yang benci padahal Rosul bersabda bahwa Orang yang paling bermanfaat adalah orang yang berguna bagi semesta :) think before sharing smart parents! You are what you share! ALL I NEED IS AFFECT YOU!!!

    No comments:

    Post a Comment

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES