• 23.4.22

    Review Lengkap Buku Ensiklopedia Junior, Rekomendasi Picture Book Terbaik untuk Anak-anak

    Review Lengkap Buku Ensiklopedia Junior, Rekomendasi Picture Book Terbaik untuk Anak-anak

    Review buku ensiklopedia junior

    Hello readers, berawal dari kekecewaan buku ensiklopedia lokal yang kontennya seperti copas dari internet, akhirnya aku membeli buku Ensiklopedi Junior Tubuh Kita untuk anakku. Dan wow kontennya daging semua, ilustrasi nya menarik luar biasa bahkan proses terjadinya janin di dalam perut juga ada, tentunya disajikan dengan bahasa yang ramah anak, jujur aku suka banget penyampaian ketika seorang kakak memilih adik baru hihi. Nah, sejak saat itu dimulailah petualangan mengoleksi buku Ensiklopedia Junior. 

    Apa itu Ensiklopedia Junior? 

    Review buku ensiklopedia junior

    Ensiklopedia Junior Atau Ensiju ini adalah buku referensi untuk anak usia 7th keatas yang dikonsep Emilie Beaumont dari penerbit Fleurus, Perancis dan kemudian diterjemahkan oleh penerbit BIP Gramedia. Meskipun buku ensiklopedia, tapi aku selalu membacakannya pada anak sebelum tidur sejak usianya 4th. Jadi teringat kisah Elon Musk yang kutu buku yang direkomendasikan gurunya untuk membaca buku ensiklopedia. Buku Ensiklopedia Junior terdiri dari 30an buku dan sekarang aku sudah membeli 29 judul haha nggak nyangka bisa beli buku banyak buat anak tercinta. Aku termasuk orang yang nggak suka nyicil atau arisan termasuk arisan buku. Kalau ada uangnya aku beli, kalau belum bisa ya berarti belum rezeki, santuy aja hehe jadi tepatnya sejak pandemi, satu persatu buku anak memenuhi rak buku kami. Semuanya beli cash tanpa pay later lol. 

    Review buku ensiklopedia junior
    Ensiklopedia Junior Alam Sekitar, ilustrasi nya cantik banget

    Review buku ensiklopedia junior
    Ensiklopedia Junior Pesawat Terbang ada halaman khusus yang panjang banget

    Buku Ensiklopedia Junior dikemas dalam hard cover dan kertas glossy yang insyaallah lebih awet sih. Untuk jumlah halaman, sekitar 120  halaman jadi termasuk buku anak yang tebal. Aku lebih suka buku yang tebal sih daripada yang tipis hehe. Ensiklopedia Junior ada tema alam, binatang, kesenian, sejarah, transportasi dan tanya jawab. Senang banget bisa memfasilitasi anak buku-buku yang bagus. Kami serasa punya perpustakaan mini di rumah. Meskipun buku ensiklopedia, tapi menurutku ini adalah picture book terbaik yang pernah ada karena sustainable juga jadi bisa dibaca siapa saja termasuk orang dewasa, aku saja kagum sama buku ini apalagi anak-anak. Btw pantas saja best seller hehe bahkan sampai sekarang masih terpanjang indah di Gramedia karena emang sebagus itu.

    Review buku ensiklopedia junior
    Ensiklopedia Junior Truk dan Mesin Raksasa, lengkap banget

    Review buku ensiklopedia junior
    Ensiklopedia Transportasi dan Mobil, bikin puyeng tapi jadi pinter hehe

    Review buku ensiklopedia junior
    Ensiklopedia Junior Kapal Laut, Pesawat Terbang dan Kereta Api

    Review buku ensiklopedia junior
    Ensiklopedia Junior Anak-anak di Dunia, Kota di Dunia dan Dunia Anak yang mengajarkan perbedaan

    Review buku ensiklopedia junior
    Ensiklopedia Junior Dinosaurus & Zaman Prasejarah, Sejarah dan Kesenian yang membahas masa lalu dan budaya. Untuk Ensiklopedia Junior Kesenian, aku belum kasih ke anak karena harus usia SMP menurutku. 

    Review buku ensiklopedia junior
    Ensiklopedia Junior Makanan supaya anak menghargai makanan yang prosesnya panjang sekali, mengenal berbagai profesi dalam Ensiklopedia Junior Pekerjaan juga menjadi anak sehat dalam Ensiklopedia Junior Tubuh Kita

    Review buku ensiklopedia junior
    Ensiklopedia Luar Angkasa belajar tentang awal mula terciptanya alam semesta, keindahan alam sekitar dan menjaga kelestarian Bumi Kita

    Review buku ensiklopedia junior
    Ensiklopedia Junior Hewan Pemecah Rekor dengan kisah binatang yang mengharukan, kerennya kekuatan Binatang Kecil dan belajar beternak bersama Ensiklopedia Junior Peternakan dan Pertanian

    Review buku ensiklopedia junior
    Ensiklopedia Junior mengenal Gunung, Hutan dan Laut yang gambar nya memukau

    Review buku ensiklopedia junior
    Ensiklopedia Junior edisi terbaru Tanya Jawab: Bagaimana, ya? berapa, ya? mengapa, ya? dan Siapa, ya? Yang bisa menjawab pertanyaan kritis anak. Covernya ada hologram nya gitu dan ilustrasi nya lebih kekinian. 

    Oh ya anakku belum bisa membaca kala itu, dia sangat tertarik dengan gambar yang disajikan dalam Ensiklopedia Junior. Emang gambarnya bagus banget sih, terutama yang edisi lama, masih kental ilustrasi klasiknya aku suka, salut sama konseptor dan ilustrator nya. Kalau edisi tanya jawab kan itu terbit paling baru tahun 2022, gambarnya udah digital modern, menurut ku buku yang tanya jawab ini lebih enak kalau dibaca anak SD kelas atas supaya lebih mudah memahami isinya. 

    Manfaat buku Ensiklopedia Junior

    Review buku ensiklopedia junior
    Buku impor itu memang apa adanya, Ensiklopedia Junior sangat terbuka tentang konten agama, belajar perbedaan tiap sejarah, agama dan budaya. 

    Banyak hal yang bisa aku lihat dari perkembangan literasi anak, efeknya luar biasa. Membacakan buku pada anak memang beneran bisa meningkatkan bonding antara aku dan anak. Sebelum tidur, sengantuk  apapun dia pasti ingin dibacakan buku olehku, nggak mau sama papi nya, katanya suaraku lembut dan dia jadi semakin sayang padaku. Bukan hanya sebelum tidur saja, pagi-pagi saat sarapan, anak juga mau melihat-lihat buku ensiklopedia Junior, dia udah kecanduan buku nih hehe. Mungkin kalau cepat membaca, usianya belum cukup tapi dari segi pemahaman, dia belajar buka nggak sekedar ini KEMARIN IBU KE BANDUNG, tapi jadi lebih berpikir maksudnya apa kalimat itu? Kemarin itu apa? Ibunya siapa? Kenapa begini, kenapa begitu padahal cuma belajar baca doang bund hehe, lebih kritis dan masya Allah perbendaharaan kosakata nya luar biasa karena membacakan buku pada anak sama dengan mengenalkan jutaan kosakata baru yang tidak semua anak dapatkan dalam percakapan sehari-hari. 

    Aku biasanya membeli buku ini di Gramedia, apalagi kalau toko Gramedia di marketplace lagi diskon, serbuuu hehe harga resminya Rp 110.000-Rp 125.000 tapi suka diskon jadi Rp 80.000an saja. Kalau ditanya Ensiklopedia Junior paling bagus yang mana? Aku bingung soalnya semuanya keren, tapi aku paling suka yang pesawat terbang sih karena isinya kayak buat anak kuliahan, kertasnya juga ada yang panjang banget gitu. Kamu sudah baca juga Ensiklopedia Junior? 

    Yuk dibaca juga:

    [Resensi] Buku Melahirkan Tanpa Rasa Sakit  

    Review Buku The Little Book of Joy: 365 Ways to Celebrate Every Day  

    Pengalaman Memperkenalkan Buku pada Anak  

    No comments:

    Post a Comment

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES