• 16.5.23

    Tips Mengatasi Art Block pada Seniman

    Tips Mengatasi Art Block pada Seniman


    Review Scarlett loving


    Dear artmate, kali ini aku mau membahas tentang art block atau artist block, mungkin ada sebagian dari kalian yang belum tahu, jadi Art Block adalah suatu kondisi dimana Seniman merasa stuck, tidak bisa berkarya karena kehilangan ide dan kreativitas. Memang ada saatnya Seniman merasa jenuh, insecure dan malas untuk berkarya. Tapi hal tersebut tidak boleh berlangsung terlalu lama karena akan menghambat produktivitas. Sekarang aku mau berbagi tips mengatasi art block pada Seniman, sebagai reminder juga buat aku sendiri:

    1. Beri jeda sebelum siap berkarya kembali

    Istirahat sejenak tidak apa-apa, mungkin kamu bisa melakukan hal lain diluar seni supaya rasa bosan berkurang.

    Menggambar dengan oil pastel

    2. Detox sosial media

    Di dunia maya, content creator seolah dituntut untuk membuat konten setiap hari supaya engagement stabil bahkan naik terus. Tapi lama-lama capek juga kalau mengejar angka-angka itu. Mungkin awalnya angka like, komen, save, share dan followers yang bertambah bikin bahagia, tapi nanti biasa saja. Apalagi jika kualitas konten berkurang karena tuntutan peran dan pekerjaan.

    Kehadiran sosial media juga rentan membuat kita kehilangan percaya diri karena melihat karya orang lain lebih bagus, lebih populer dan menggunakan gadget yang harganya mahal. Yuk, kurangi screen time dan seimbangkan dengan menikmati dunia nyata tanpa harus riweuh semuanya diposting ke dunia maya.

    3. Coba media gambar baru

    Ini pengalaman aku pribadi, tahun kemarin aku stuck karena sudah 2 tahun pandemi skill gambar digital ku tidak berkembang pesat, padahal segala jenis kelas sudah aku coba dan aku nggak mau hitung berapa jumlah yang yang keluar. Lama-lama aku jenuh menggambar digital karena tidak ada kemajuan. Akhirnya Juli 2022 aku memutuskan untuk menghadiahi diri sendiri oil pastel artist grade di hari ulang tahunku yang ke-32. Tapi waktu itu aku belum berani mencoba, aku diamkan hingga bulan September aku terpilih menjadi content creator Pinterest. Aku nekat pakai oil pastel yang sebenarnya sudah lama sekali aku tidak mencoba nya. Perlahan tapi pasti berkat latihan setiap hari, gambarku semakin halus.


    Guru menggambar bandung

    Keajaiban terjadi, karya ku banyak di save dan di share orang-orang terutama ayah bunda yang anaknya senang mewarnai. Otomatis followers ku bertambah, kemudian permintaan membuat kelas online, tawaran mengajar di studio dan menjadi guru ekskul menggambar dan mewarnai di sekolah, alhamdulillah masya Alloh tabarakallah. Kapan ya terakhir kali ngajar? Kayaknya pas aku hamil 9 bulan, 6 tahun yang lalu guys... Setelah itu pemandanganku hanyalah pintu dan segambreng kebutuhan bayi, untungnya teknologi semakin maju, aku bisa nulis blog dan sesekali datang ke event, keluar rumah ketemu orang wkwk. 

    Sekarang bayiku sudah sekolah, sudah mengerti dan bisa menemani aku bekerja, mengajar lagii.. Beberapa bulan lalu aku masih berpikir dan bertanya alasan aku kembali bekerja, buat apa? Sekarang aku tahu jawabannya... Aku butuh space untuk menyalurkan bakat, berbagi ilmu yang aku punya dan meningkatkan value. Senang deh bisa mengajar menggambar lagi ketemu anak-anak. 

    Pameran di Grey Art Gallery Bandung

    Terus yang bikin speechless, untuk pertama kalinya aku ikut pameran lukisan di Grey Art Gallery Jl. Braga Bandung. Waktu gallery baru buka, antusias warga Bandung begitu luar biasa, masuknya sampai antri, meskipun aku nggak sempat masuk tapi aku berdoa dalam hati, nanti aku pameran disini ah... Ternyata beneran dong, karyaku yang masuk duluan, alhamdulillah sebenarnya nggak nyangka karena kurasinya lumayan ketat dari 800an submission dan yang kepilih hanya 100an gitu. 

    Masya Allah aku seneng banget dan jadi motivasi buat ikutan pameran lagi dan kirim karya yang banyak hahahhaInsya Alloh akhir bulan ini juga ada pameran kedua di Bale Pare Kota Baru Parahyangan.

    Bincang dengan pelukis pak Taat Joeda


    4. Jalan-jalan

    Kalau ada budget, kamu bisa traveling atau sekadar liburan di dalam kota dengan orang-orang tersayang. Ada banyak pilihan destinasi seperti galeri seni dan berbincang langsung dengan Seniman senior, atau kembali ke alam untuk melakukan earthing di gunung atau pantai pasti akan asyik sekali. Temukan inspirasi di sekitarmu meski hanya jalan-jalan di sekitar rumah, potret objek yang menarik, mungkin nanti saat pulang ke rumah kamu bisa menggambar lagi.

    Baca buku di taman bacaan Hendra Bandung

    5. Baca buku

    Kamu bisa membeli buku motivasi, aku paling suka buku-buku karya Austin Kleon untuk menyemangati berkarya. Kamu juga bisa mengunjungi toko buku dan perpustakaan daerah yang ada di kotamu, kalau kamu menjadi anggota perpustakaan, kamu bisa meminjam buku secara gratis lho. Sebagai hiburan, kamu juga bisa baca komik di taman bacaan yang ada di daerah tempat tinggalmu. 

    6. Ikuti Challenge

    Kamu bisa mendaftar menjadi volunteer di galeri seni, dengan menjadi residen kamu akan dapat pengalaman baru, selain itu kamu jadi semangat lagi melihat orang lain berkarya. Kalau masih stuck aja, coba deh luangkan waktu untuk menggambar sesuatu yang kamu sukai, nggk usah lama-lama cukup sejam atau 15 menit dalam sehari, tantang dirimu membuat 10 gambar dalam waktu 15 menit atau ikuti challenge seru di instagram, melihat hasil karya orang lain menarik ide dan sudut pandang baru dalam karya kamu selanjutnya. 

    7. Jaga dirimu

    Kesehatan adalah rezeki yang paling utama, cobalah jogging di taman kota, aerobik atau berenang. Kamu bisa refreshing ke salon atau ada cara baru untuk mengatasi art block yaitu dengan melakukan perawatan kulit di rumah. Beberapa minggu ini aku sudah mencoba Scarlett Whitening Loving Series yang terdiri dari shower scrub, body scrub, body lotion, body serum dan body cream yang bernuansa pink aesthetic dan wangi. Scarlett Whitening Loving ini adalah produk baru dari Scarlett yang diperkaya 7x Ceramide Glutathione dan vitamin E.

    Review Scarlett Whitening Loving Series

    Review Scarlett Whitening Loving Series


    Scarlett Loving Brightening Shower Scrub

    Review Scarlett Whitening Shower Scrub

    Sabun mandi dengan ekstra scrub kecil berwarna pink dan biru ini bikin mandi terasa mewah. Dikemas dalam botol 300ml sabun ini awet banget karena aku pakai sponge mandi juga supaya bisanya lebih banyak hehe. Teksturnya gel bening gitu, wanginya kayak wangi bedak bayi, seger banget kalau habis mandi.

    Selain kandungan 7x Ceramide, Glutathione dan vitamin E, Scarlett Shower Scrub juga dilengkapi Hydrolized Collagen yang berfungsi untuk menghaluskan, melembabkan dan mengencangkan kulit.

    Scarlett Loving Body Scrub

    Review Scarlett Whitening Body Scrub

    Dikemas dalam jar 250ml tentunya awet juga dong, biasanya aku luluran 1-2 kali seminggu. Scrub nya berwarna putih dan ada pink nya gitu, scrub nya lumayan besar dan terasa saat eksfoliasi jadi sukses mengangkat sel kulit mati. Mengandung 7x Ceramide Glutathione dan vitamin E yang bagus untuk menjaga kelembaban kulit.

    Scarlett Loving Fragrance Body Lotion

    Review Scarlett Whitening Loving Body Lotion


    Merupakan body lotion yang biasa aku gunakan sehabis mandi. Dikemas dalam botol pump higienis 300ml, teksturnya mudah meresap ke kulit. Mengandung 7x Ceramide, Glutathione, Vitamin E, Niacinamide, Shea Butter dan aloe Vera yang terkenal mencerahkan dan sebagai antioksidan dari efek sinar matahari.

    Scarlett Loving Body Serum


    Review Scarlett Whitening Loving Body Serum


    Aku paling suka produk yang ini karena teksturnya sangat ringan dan mudah meresap di kulit. Biasanya aku pakai sebelum tidur karena nggak lengket. Dikemas dalam botol pump ramping 250ml, selain mengandung 7x Ceramide, Glutathione, Vitamin E, Niacinamide, Shea Butter, produk ini juga ditambah Sodium Hyaluronate dan Glycolic Acid yang mampu menyamakan kerutan dan memperbaiki skin barrier.

    Scarlett Loving Body Cream

    Review Scarlett Loving Body Cream


    Ini adalah bodycare yang paling komplit kandungan nya, teksturnya memang kental sehingga aku pakai saat kondisi kulit benar-benar kering. Dikemas dalam botol pump 300ml mirip body lotion Scarlett. Selain kandungan  7x Ceramide, Glutathione, Niacinamide, Shea Butter, aloe Vera, Sodium Hyaluronate Avocado oil, Almond Oil, Grapessed oil dan Macadamia oil. Minyak alami tersebut sudah dipercaya untuk menjaga elastisitas kulit, memudarkan garis halus pada kulit dan melindungi kulit.

    Setelah rutin menggunakan Scarlett Whitening Loving Series, aku merasa kulit semakin sehat, lembab dan halus. Produk Scarlett bisa didapatkan di Scarlett ya dan jangan lupa cek keaslian produk Scarlett di link https://verify.scarlettwhitening.com supaya perawatan tubuh dengan aman, tenang dan nyaman.

    Before after Scarlett Whitening

    Jadi gimana, sudah siap mengatasi art block kan? Ingat ya, jangan bandingkan karya kamu dengan karya artist lain. Tapi bandingkan karya kamu sekarang dengan karya kamu di masa lalu karena suatu karya tidak ada yang instan. Semua ada prosesnya dan perjuangan masing-masing. Jangan overthinking apakah karya akan laku atau tidak. Lakukan saja untuk dirimu sendiri, sesuatu yang konsisten akan menghasilkan sesuatu yang menakjubkan suatu hari nanti. Sekian Tips Mengatasi Art Block pada Seniman sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

    25 comments:

    1. Baru tahu ada istilah art block, hehe. Ya pastinya nol ide kadang muncul y pada seniman. Sama kayak kita blogger juga kadang writer block karena gk bisa mikir bikin tulisan apa. Walaupun depan laptop tetap aja nol ide klo lagi writer block. Btw sy suka product2 scarlett. Ini lagi rutin pake yg acne serum dan facial washnya.

      ReplyDelete
    2. Duh bodycare Scarlett varian baru ya?
      harus punya ini mah
      Saya juga pakai body care dan skincare karena cocok banget
      hasilnya bagus, dan harganya sangat terjangkau

      ReplyDelete
    3. Yes..yes..yes...betul banget Mbak Sand. Pokoknya kalau dah cinta sama apa yg kita lakukan, gak perlu tengok kanan kiri atas bawah deh. Cukup membandingkan karya kita sekarang dengan yg dulu, titik

      ReplyDelete
    4. Gak hanya sebutan writers block aja ya, artis block pun juga ada.
      Memang kudu cari suntikan semangat sih buat mengembalikan mood booster agar lebih produktif lagi

      ReplyDelete
    5. He he he aku tadi sempat fokus di lukisan. Salud deh untuk yang bisa melukis, aku gagal terus. So Scarlett aku suka, terutama body serumnya
      Salam: Dennise Sihombing

      ReplyDelete
    6. Art block ini hampir sama dengan kejenuhan dalam dunia menulis ya, Mbak. Kalau sudah jenuh, ide cerita tidak keluar, cerita yang ditulis juga mandek. Dan hampir sama solusinya.
      Kalau saya, break sejenak menulis. melakukan hal-hal yang saya sukai menyenangkan. Naik sepeda, mendengarkan musik, termasuk ngebolang. Nanti setelah itu kembali menulis. Otak fresh, semangat baru, ide-ide baru bermunculan.

      ReplyDelete
    7. art block itu pasti dialami semua orang, bahkan buat menulis pun juga sama.. tapi bisa diatasi dengan banyak cara yaaa.. kalau aku ya itu pergi jalan dan beli makanan yang aku suka.

      ReplyDelete
    8. Seniman seperti saya juga kadang diserang art-block. Terutama saat badan sedang tidak fit dan dipenuhi oleh jadwal kegiatan yang lain. Intinya nikmati aja sih. Ganti aja waktu nya dengan melakukan hal lain. Bahkan terkadang dengan pergi keluar dan makan enak saja, bisa menyegarkan hati dan pikiran.

      ReplyDelete
    9. Terima kasih untuk banyak tips jitunya mbak.
      Jalan-jalan harus banget dilakukan, biasanya paling efektif buat mengatasi kebuntuan ide. Itu kalau aku ya. Karena pas traveling itu ada banyak sekali hal-hal yang ditemui dan pada akhirnya melahirkan ide cemerlang untuk suatu karya.

      Scarlett Loving Series ini baru ya. Aku belum pernah coba. Tampak mengundang untuk coba pakai juga.

      ReplyDelete
    10. Kalau aku biasanya tidur dulu ketika terjadi "blocking" saat berkreasi.
      Btw, Scarlett Whitening Loving Seri bikin aku penasaran nih.... Kebetulan skin care istri lagi habis dan rencana pingin ganti merk baru. Keknya Scarlett patut masuk nominasi di papan atas deh...

      ReplyDelete
    11. Mandi pakai sabun Scarlett tak hanya sekedar mandi tapi ternutrisi . Udara panas kaya gini bikin gerah dan enakan mandi aja . Dijamin seger dan art block tidak terjadi .

      ReplyDelete
    12. Keren. Orang yang bekerja pakai otak kreatif memang suka kena masalah seperti ini. Pelukis atau penulis butuh cari solusi supaya bisa lanjut berkreasi lagi. Paling penting menjaga diri sendiri jangan sampai karyanya bagus eh orangnya Kumal. Sudah nggak musim ya artist model Kumal kudu glowing.

      ReplyDelete
    13. Masya Allah, aktivitasnya menyenangkan sekali, Kak. Buka kelas online ga nih? Btw, dibalik aktivitas kita harus tetap merawat diri ya, Kak. Salah satunya dengan menggunakan Scarlett

      ReplyDelete
    14. Mengatasi art block kudu sesuai dengan karakternya ya, teh..
      Kayak yang terbiasa kedistrak ama hal-hal di sosmed, jadi lebih baik untuk beri waktu sejenak menjauh dari sosmed,

      Ikutan bangga dan seneng banget, teh.. karena karya teteh berhasil masuk Grey Art Galleri Braga.
      Kereen, teh Sandra.

      ReplyDelete
    15. Seperti halnya penulis dengan writers blocknya..seniman pun mengalami hal yang sama ya. Emang perlu jeda sejenak sih, biar ide lancar ngalirnya lagi.

      ReplyDelete
    16. Untung aku mampir ke sini, kebetulan anakku lagi seneng banget eksplorasi gambar, dia lagi senang melukis, ternyata ada masanya stuck juga ya. Aku share ya cerita ini biar dia belajar banyak dari pengalaman mbak Sandra

      ReplyDelete
    17. Tipsnya bermanfaat mbak, bisa diterapkan juga untuk bisa menghasilkan karya yang lebih bagus ... Apalagi buat ibu rumah tangga kadang stuck atau kurang bersemangat.

      ReplyDelete
    18. Selamat Mbak untuk pameran pertamanya, ya. Asli keren, masya Allah. Meski jadi Ibu Rumah Tangga, ternyata banyak hal bisa kita kerjakan, ya. Itu juga membantu banget supaya kita tidak jenuh karena hari-hari hanya lihat dapur dan teras lagi...hihi. BTW, produk scarlett gemoy warnanya dan wangii, yaa...

      ReplyDelete
    19. Ternyata semua proses kreatif bisa mandeg ngga da ide alias ngeblok ya. Mba Sandra MasyaAllah...keren banget ya gambar-ga,bar dan lukisannya. Aku akan jadi followermu Mba...btw, soothing ourselves pake Scarlett ternyata mantul juga ya :)

      ReplyDelete
    20. Wah, ternyata gak cuma writers block ya, art block juga ada. Intinya kita kudu refreshing dulu, sebelum kembali ke rutinitas harian untuk berkarya, gitu ya. Refreshing-nya perawatan pake Scarlett, wah menarik banget nih, Mbak.

      ReplyDelete
    21. Jadi sama aja kayak writer's block ya mba San 😁.

      Memang sih kalo udah ngeblock gini, butuh istirahat, refreshing dulu, utk cari ide baru. Aku suka nih cara2 mba Sandra, Krn aku yakin setelah melakukan Bbrp hal di atas, pasti ide2 datang lagi kok

      Aku sendiri kalo bingung atau jenuh nulis, pasti larinya ke traveling. Segerin pikiran, liat hal2 baru, dan setelah itu pasti jadi banyak yg mau ditulis 😄

      Sukaaaa liat gambar2 mba Sandra. Aku ga jago, bisa dibilang ga ahli samasekali kalo udh ttg menggambar. Tapi melihat hasil lukisan orang lain selalu suka, kecuali genrenya abstrak, baru deh aku skip 🤣

      ReplyDelete
    22. Keren bangeeeet, Mbak. Energi positifnya berasa sampai sini, nih. Bisa terpilih jd creator, ngajar lagi, sampai karyanya dipajang dipameran ih. Btw, aku jg pakai scarlett tp versi yg lama, Mbak. Jd pengin cobain versi terbarunya ini

      ReplyDelete
    23. Art block tuh menurutku rasanya nano nano, ada rasa pengen gambar tapi kayak nggak ada soul.y gitu. Sama sih sama writer's block. Ah emang bener tuh rehat dulu sejenak, biasanya nanti ada keinginan yang menggebu sendiri

      ReplyDelete
    24. Ada stuck juga ya untuk pelukis seperti dirimu. Makin semangat dan makin hebat mba Sandra

      ReplyDelete
    25. sama kayak menulis ya seniman juga bisa kena art block. aku penasaran nih gimana ya kita bisa tahu kalau kita ada bakat gambar? apakah dari kecil sudah kelihatan bakatnya?

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES