• 19.5.23

    Pengalaman menjadi Content Creator di Pinterest

    Pengalaman menjadi Content Creator di Pinterest


    Pengalaman menjadi pembuat konten Pinterest


    Hi guys, saat ini dunia maya banyak dipengaruhi oleh content creator. Apa sih content creator itu? Berdasarkan hasil yang saya baca, content creator itu adalah orang yang membuat materi atau konten di berbagai platform, baik itu tulisan di blog, foto dan video di media sosial. Biasanya content creator itu mengemas karya nya dengan cara menarik, ada unsur menghibur tapi tetap mendidik supaya bermanfaat bagi banyak orang. 

    Sejak kehadiran media sosial saya sering banget mengunggah hasil karyaku. Biasanya saya juga mencari inspirasi di Pinterest. Suatu hari ada teman blogger yang mengajak untuk menjadi content creator di Pinterest, tentu saja saya tertarik sekali karena meskipun saya sering cari ide dan inspirasi tapi bukan pengguna aktif yang suka posting di Pinterest. 

    Berkat Vybes juga akhirnya saya kepilih jadi content creator Pinterest batch 3 dari 900an peserta bisa kepilih 100an orang gitu wow juga ya alhamdulillah. Jadi 100 orang itu berasal dari berbagai kota di Indonesia dengan latar belakang konten yang berbeda pula, asik banget sih. Ada yang jago make up, jago ootd bahkan jago bikin konten dengan tema kekinian. 

    Waktu itu aku emang lagi kena artist block dan jenuh sama dunia ilustrasi digital yang kayaknya nggak mudah dikejar mengingat gadget yang selalu update dan harganya yang nggak murah. Jujur aku sempat insecure setiap aku melihat mereka menggambar dengan gadget mahal. Aku lihat di explore, ternyata banyak artist yang pake oil pastel, akhirnya di ulang tahunku yang ke 32 tahun lalu, aku menghadiahi diri sendiri dengan oil pastel artist grade. 

    Tapi waktu itu aku belum berani coba, sekitar bulan September menghubungi pihak Vybes kalau akaku kepilih buat jadi Pinterest Creator Club batch 3 . Awalnya bingung karena belum terbiasa tapi lama-lama gampang juga, apalagi Vybes dan Pinterest baik saat membimbing dan perhatian sekali.

    Saya  nekat coba tutorial menggambar pakai oil pastel dan memang ya oil pastel artist grade itu lembut banget dan enak digunakan, hasil karya pun jadi lebih indah. Tutorial nya kemudian saya share ke pinterest. Harusnya sih 30 konten untuk 6 bulan, tapi karena aku bikin tutorial menggambar hampir setiap hari, storage HP penuh, akhirnya bulan Januari, hanya dalam waktu 3 bulan saja aku udah kelar bikin target kontennya wkwk. Apalagi aku emang tipe orang yang gercep wkwk. 

    Pengalaman menjadi pembuat konten Pinterest

    Pengalaman menjadi pembuat konten Pinterest

    Pengalaman menjadi pembuat konten Pinterest


    Meskipun sudah selesai sesuai target, aku tetap ngonten, bikin semangat karena nggak cuma dapat fee, aku ikut challenge, menang dan dapat hampers atau swag dari pinterest langsung dari US, keren banget kan hehehe. Sampai sekarang saya membagikan karya di Pinterest, saya senang banyak yang suka dan menyimpan karyaku. Aku bersyukur, aku bahagia, aku senang bisa bermanfaat bagi orang lain. 

    Pengalaman menjadi Content Creator di Pinterest


    Ternyata media berkarya itu jodoh-jodohan ya, setelah 2 tahun pandemi aku belajar menggambar digital, hasilnya gitu-gitu aja malah stuck nggak berkembang padahal kalau dari skill udah lumayan. Tapi setelah aku banting ke oil pastel, masya Allah rezeki tuh gampang dan cepat, aku makin berkembang, nggak insecure dan membandingkan karyaku dengan karya orang lain. Pinterest juga platform yang unik, nggak bikin insecure, iri dengki sehingga aku lebih fokus berkarya tanpa harus terdistraksi pengen hidup kayak orang lain. Main Pinterest emang menyenangkan sih, memancing ide dan inspirasi dan tampilannya benar-benar unik serta aesthetic. 

    Pengalaman menjadi pembuat konten Pinterest


    Pinterest ini unik ya, idealis emang buat orang cari ide dan inspirasi, jadi aku nggak ngelihat yang alay dan aneh-aneh di Pinterest. Efeknya luar biasa menurut ku, tanpa promosi tentang skill diri sendiri, orang-orang ingin aku membuka kelas, aku bisa ikut pameran, aku bisa kerja, bisa beli oil pastel lagi, pokoknya bener kata Pinterest " Create What a Life You Love " dimulai dari hati, menyenangkan diri sendiri, bermanfaat bagi orang lain benar-benar bisa mengundang rezeki dalam hidup. Kalau kata Austin Kleon, lanjutkan aza hehe. Ikuti dong Pinterest aku @ art_sense   sampai jumpa di karya selanjutnya, mari berkarya dengan hati gembira. 


    Pengalaman menjadi Content Creator di Pinterest


    2 comments:

    1. Wahh sama btw aku juga termasuk tim yang suka cari-cari inspirasi di pinterest tapi enggak sebagai creator wehehe.

      Aku iseng liat-liat akun pinterest mba sandra dan woww hasil gambarnya cakep-cakep mbaa. Mba sandra suka gambar yaa? Kalo hasil kontennya di share ke tiktok juga kayaknya akan dapet banyak view juga mba :3

      ReplyDelete
    2. Gambar mba Sandra memang bagus2 kok 👍. Kalo liat videonya sedang tutorial gambar pake oil pastel, kliatan gampang, tapi pas aku coba, sudahlaaah 🤣🤣. Bisa jadi Krn skill yg ga mumpuni atau alat warna yg aku pakai bukan oil pastel bagus hahahahah.

      Aku tau pinterest tapi memang ga main di sana. Dulu sering buka2 hanya utk cari design kamar atau resep. Itu doang. Aku msh bingung pakainya gimana. Krn ga biasa kali yaa

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES