• 28.8.22

    Berikut Ini List Perusahaan Venture Capital di Dunia Termasuk Indonesia

    Berikut Ini List Perusahaan Venture Capital di Dunia Termasuk Indonesia

    Venture capital
    Pic by Shea Rouda/Unsplash.com

    Untuk anda yang sedang merintis sebuah perusahaan start up pastinya sangat membutuhkan yang namanya suntikan dana untuk berjalannya operasional perusahaan, sebuah investasi bagi perusahaan merupakan kunci perkembangan juga pertumbuhan dari perusahaan tersebut. Maka dari itu selain menjual saham perusahaan, bagi para start up juga bisa menggunakan jasa dari perusahaan venture capital seperti Alpha JWC Ventures sebagai pemberi modal yang potensial juga sedang berkembang.

    Bagi yang belum paham apa itu venture capital, merupakan sebuah badan usaha yang menjalankan usaha pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam ssalah satu perusahaan yang meminta bantuan pembiayaan dalam jangka waktu yang telah disepakati kedua belah pihak.perkembangan usaha venture capital kini sudah sangat merajarela mulai dari tingkat Indonesia sampai dunia, berikut ini list perusahaan venture capital yang bercokol di Indonesia juga Dunia.

    1. Alpha JWC Ventures (Aset yang dimiliki: Rp.6,1Triliun)

    Perusahaan Alpha JWC Ventures ialah sebuah venture capital yang berpusat di Jakarta juga Singapura yang didirikan oleh Chandra Tjan, Jefrey Joe, dan Will Ongkowidjaja, berbekal investasi jangka panjang, pengenalan juga pengembangan teknologi yang berkelanjutan, dan tak lupa sokongan modal yang amat besar berhasil meyakinkan bahwa Alpha JWC Ventures mampu menjadi pendukung start up kekinian yang sedang berjuang membesarkan perusahaannya di tingkat Indonesia dan Asia Tenggara.

    1. Ardian (Aset yang dimiliki: US$60)

    Perusahaan Ardian ini menawarkan dana untuk beragam jenis bisnis, kelebihan dari perusahaan ini nampak dari kemampuan secara financial juga tata kelola perusahaan yang menyeret perusahaan Ardian ke deretan venture terbesar di dunia. Kebanyakan perusahaan yang disuntik adalah swasta, Ardian didirikan oleh Dominique Senequeier dan bercokol di Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

    1. New Enterprise Associates

    Pusatnya ada di Checy Case Amerika, NEA memiliki komitmen untuk aktif menyalurkan modal terhadap setiap pelaku bisnis. Ragam rekanan NEA ada di bermacam bidang seperti kesehatan, penelitian, penemuan yang berfokus pada masa depan banyak orang.

    1. Bessemers Venture Partner (Aset yang dimiliki: US$10Miliar)

    Bercokol di Amerika yakni San Fransisco, dan telah memiliki beragam komunitas besar. Sumber dana yang besar membuat perusahaan ini dapat berafiliasi lebih cepat, 

    1. Accel

    Berkantor pusat di Amerika, bercokol mulai dari Palo Allto sampai San Fransisco.

    1. Sequoia

    Sudah berdiri sejak tahun 1972, perusahaan Sequoia memiliki kantor pusat di Amerika khususnya California namun juga bercabang di Israel, Cina, sampai India. Sequoia memiliki fokus pada pendanaan start up yang berfokus pada menciptakan terobosan luar biasa tentang teknologi demi sumber dan keberlangsungan kehidupan, demi bisa menjadi pendana besar mengharuskan Sequoia juga bermitra dengan beragam perusahaan besar lainnya.

    1. Intel Capital

    Perusahaan Intel Capital ini berada di Santa Clara California yang mempunyai basis bisnis yang sangat luas tentunya, merupakan sebuah perusahaan Venture yang memiliki fokus pada pengembangan teknologi yang berkelanjutan. Banyak start up yang telah disokong oleh Intel Capital seperti AI, Siber, Teknologi keamanan, Cloud, sampai model teknologi lainnya dengan syarat dapat bermanfaat bagi banyak orang. Walaupun berpusat di California, tetapi perusahaan ini dipimpin oleh warga negara India bernama Raj Sareen.

    1. Kleiner Perkins

    Termasuk sebagai venture capital bergengsi di Amerika, Kleiner Perkins berfokus pada perusahaan swasta yang medapat dukungan management setempat. Mulai dari perusahaan inkubasi sampai konservasi telah memperoleh gelontoran dana, perusahaan venture capital ini juga menyokong bisnis digital juga teknologi lainnya. 

    1. Apollo Global Management, LLC (Aset yang dimiliki: US$188,8 Miliar)

    Adalah salah satu Venture Capital yang breast relative besar, didirikan tahun 1990 oleh Leon Hitam yang merupakan mantan Drexel Burnham Lambert. Apollo berpusat di New York, namun juga membuka cabang di Singapura, Frankfurt, London, dan Los Angeles.

    1. The Blackstone Group L.P. (Aset yang dimiliki: US$146 Miliar)

    Berdiri tahun 1985 dan berpusat di New York Amerika Serikat, juga ada beberapa kantor cabang yang tersebar seperti di Dubai, Mumbai, Madrid, Shanghai, Beijing, Singapura, Hong Kong, Tokyo, Sydney, Dsseldorf, Paris, dan London. Beragam jenis start up yang diajak berkolaborasi ada dari bidang energi, teknologi, dan ritel.

    1. The Carlyle Group (Aset yang dimiliki: US$158 Miliar)

    Didirikan tahun 1987 pada lokasi bernama Washington DC, kini perusahaan venture capital yang satu ini telah tumbuh dan sukses di tingkat dunia. Berhasil mendirikan 35 kantor cabang seperti di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Timur Tengah, Australia, dan Asia. Memiliki prinsip “Kami bekerja untuk investor kami” berhasil meluluhkan lebih dari 1.750 hati investor yang berasal dari 82 negara (dana tersebut muncul dari dana pensiun publik juga swasta, serikat pekerja, juga perusahaan).

    1. Ares Management L.P. (Aset yang dimiliki: US$99 Miliar)

    Ares Management atau Manajemen Ares (NYSE: ARES) yang memiliki kantor pusat di Los Angeles ini beroperasi di hampir seluruh belahan dunia, seperti ada beberapa kantor tambahan di London, Shanghai, dan Hong Kong. Kesuksesannya tidak perlu dipertanyakan lagi karena berhasil mengadakan pembiayaan untuk akuisisi lebih dari 15 kantor di amerika Serikat, Asia, dan Eropa. Berdiri awal tahun 1997, Ares memiliki filosofi investasi disiplin yang berfokus terhadap pemberian risiko sesuai hasil investasi yang tak sama tetapi saling melengkapi pada kredit, real estate, dan private equity yang dinilai akan menjadi pemimpin pasar.

    Sekian ulasan singkat dari 12 perusahaan venture capital yang bercokol di Indonesia juga dunia, mulai dari Alpha JWC Ventures sampai Ares Management L.P. Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari referensi pemodalan bagi start up anda.

    1 comment:

    1. Walau bukan seorang pemodal (untuk saat ini) tapi artikel ini menarik juga. Keren, terima kasih sudah berbagi. Jadi makin nambah pengalaman.

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES