• 15.4.22

    3 Makanan Sehat Favorit di Bulan Ramadan

    3 Makanan Sehat Favorit di Bulan Ramadan


    Hi Mak, Alhamdulillah ya kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu lagi di bulan Ramadan. Zaman masih kecil dulu, hidangan berbuka dan sahur selalu disediakan oleh Mama tercinta. Sedangkan sekarang, aku sudah menjadi emak-emak dan harus menyiapkan hidangan sahur dan berbuka untuk keluarga. 3 Makanan Sehat Favorit di Bulan Ramadan apa saja sih versi aku, yuk, simak penjelasannya berikut ini:

    1. Kurma

    Bulan ramadan identik dengan buah kurma, sebagai pecinta kurma tentu saja makanan yang satu ini harus selalu ada. Kalau keluarga kami sih suka banget sama kurma Ajwa karena katanya kurma ini dikenal dengan sebutan kurma Nabi. Makanya kami mengikuti sunnah Nabi dengan memakan 3 buah kurma Ajwa saat berbuka puasa. Jadi, setelah adzan magrib berkumandang, biasanya kami minum air putih terlebih dahulu lalu makan kurma Ajwa. Kemudian salat berjamaah, baru deh makan besar. 

    Sebenarnya tradisi orang Indonesia tuh kalau buka puasa pengennya makan gorengan hangat, tapi berhubung harga minyak goreng belum kembali normal, maka tahun ini kami nggak makan gorengan dulu. Selain takut radang tenggorokan, makan terlalu banyak gorengan juga tidak baik bagi kesehatan. Kebalikan dengan gorengan, rasa kurma ajwa tuh kering diluar tapi manis di dalam, selain rasanya enak, banyak sekali manfaat kurma untuk kesehatan. 

    2. Sayur

    Masih dalam rangka harga minyak goreng, hikmahnya adalah kami jadi jarang menggoreng. Alhamdulillah sudah memiliki penggorengan anti lengket sehingga bisa memasak bahkan tanpa minyak. Kalau mau pakai minyak pun cukup sedikit saja. Aku mengakalinya dengan memasukkan minyak goreng ke dalam botol semprotan. Nah, nanti pas masak tinggal semprit-semprot sedikit saja agau bisa juga pakai mentega. 

    Sekarang memasak lebih sering tumis atau sayur. Memasak sayuran memang lebih baik dengan cara disayur. Sayur yang sering aku buat yang sederhana saja seperti sayur bayam, sayur sop, opor ayam, soto ayam dan soto Bandung. Kuah sayur cocok banget dengan udara dingin di kota Bandung, selain itu bisa menambah kebutuhan cairan tubuh kita, seratnya juga membantu melancarkan pencernaan. 

    3. Buah

    Selain kurma, aku juga selalu menyediakan buah-buahan sesuai musim. Buah-buahan kaya akan vitamin alami sehingga kita tidak perlu lagi mengonsumsi suplemen kesehatan. Baiknya buah itu dimakan langsung daripada di jus atau dibuat sop buah. Belilah hanya buah segar sesuai musim supaya harganya lebih terjangkau. Alhamdulillah kita tinggal di Indonesia, jadi lebih mudah mendapatkan aneka buah-buahan dalam bergam warna dan manfaatnya. 

    Rasanya cukup 3 makanan tersebut deh yang menghiasi meja makan keluarga kami, meskipun sederhana namun baik dan cukup untuk menjaga kesehatan. Untuk manajemen waktu memasak, biasanya aku memasak sekitar jam 5 sore, menu berbuka sama dengan menu sahur sehingga hemat waktu dan mencegah rasa lelah saat harus bangun sahur, takutnya repot kalau harus memasak saat sahur.

    Setelah menjadi emak-emak, banyak hal yang aku pelajari, aku harus melindungi keluarga dengan memberikan menu sehat yang enak. Sedangkan untuk perlindungan asuransi, aku akan menginformasikan tentang Asuransi Garda Oto dalam program asuransi Garda Healthtech yang bisa melindungi emak dan keluarga dengan proses mudah dan harga terjangkau. Terdapat 3 paket perlindungan yang bisa disesuaikan yaitu:

    1. Paket Fit cukup membayar premi Rp 500.000/tahun dengan total perlindungan hingga Rp 3.200.000
    2. Paket Classy dengan membayar premi Rp 900.000/tahun dengan total perlindungan hingga Rp 6.600.000
    3. Paket Ultima yang lengkap dengan premi Rp 1.200.000/tahun dengan total perlindungan hingga Rp 8.700.000.

    Cara membeli asuransi Garda Healthtech gampang banget! 

    1. Emak cukup masuk ke website https://www.gardaoto.com/gardahealthtech/product-info dan klik tombol beli sekarang. 
    2. Emak silakan memilih paket asuransi sesuai kebutuhan. 
    3. Isi form data diri. 
    4. Lakukan pembayaran.
    5. Tunggu e-polis terbit

    Keunggulan asuransi Garda Healthtech ialah klaim mudah dalam 1 aplikasi. Emak bisa konsultasi online, tatap muka dan resep dari dokter bisa langsung diantar ke rumah. Gimana Emak, apakah tertarik untuk melindungi keluarga tercinta dengan Asuransi Garda Healthtech? Untuk informasi lebih lanjut tentang Garda Healtechasuransi kesehatan rawat jalan dan asuransi rawat jalan cashless bisa menghubungi Asuransi Astra. Terima kasih sudah membaca artikel 3 Makanan Sehat Favorit di Bulan Ramadan, sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

    4 comments:

    1. Menjaga kesehatan, mulai dari makanan hingga menyiapkan paket asuransi, emang banyak yg perlu dipersiapkan para ibu ya, untuk kebaikan semua anggota keluarga

      ReplyDelete
    2. Kalo kurma, aku cuma suka kurma muda mba 😄. Kalo kurma yg udah Mateng, ntah kenapa ga bisa doyan. Ajwa aku msh mau, Krn ga terlalu manis dan ga lengket, tapi ttp bukan fav. Nah kalo kurma muda, baru deh doyan bangetttt. Soalnya kries2, manis dan sepetnya ada.

      Asuransi mah sekarang ini udh ga bisa ditawar sih Yaa. Penting banget. Aku planning mau nambah asuransi rawat jalan. Udah punya, tapi pengen diupgrade aja limitnya. Biar gimana, saat tua nanti aku ga mau repot pake BPJS, yg antri hrs dari pagi2 buta. Namanya kalo udah tua nanti, pasti ga kuat lah kalo hrs antri lama. Jadi aku dan suami sepakat mnding pake asuransi swasta yg bisa DTG dan daftar kapan aja :)

      ReplyDelete
    3. Aku juga suka kurma beb, hihihi tp karna saking banyaknya yg jualan takjil, aku juga jd beli takjil tiap hari, kolak atau es buah, aduh udah ga karuan asupanku, minum yg manis2, mkn gorengan ama santan2 trs hahha.

      Asuransi sih emang penting bgt buat hari tua ya beb, aku juga pengen pake

      ReplyDelete
    4. bulan ramadhan dah lewat,tiba2 kangen kurma lagi euyy

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES