• 9.3.22

    Mau Investasi NFT? Yuk Kenali Dulu Pengertian dan Serba-serbinya

    Mau Investasi NFT? Yuk Kenali Dulu Pengertian dan Serba-serbinya

    Investasi NFT
    Pic from Unsplash/Andrey Metelev

    Semakin ke sini, tambah banyak lho orang-orang yang melek berinvestasi. Mereka semakin sadar pentingnya mengamankan uang untuk masa depan. Macam investasi pun banyak sekali, ada emas, saham, reksadana, deposito berjangka, sampai cryptocurrency atau kripto. Dari banyaknya jenis investasi, beberapa tahun terakhir kripto sedang banyak digandrungi.

    Sementara dari jenis aset kripto sendiri, NFT merupakan salah satu yang sedang naik daun. Apalagi ada fenomena Ghazali Everday yang meraih keuntungan milyaran dengan menjual foto selfie-nya, orang-orang semakin tergiur untuk investasi NFT. Lalu sebenarnya, apa itu NFT dan bagaimana membuat, menjual, dan membelinya? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini supaya ilmu tentang personal finance makin bertambah.

    Pengertian NFT

    NFT sendiri merupakan singkatan dari Non-Fungible Token. Pengertian mudahnya, NFT adalah aset digital yang tidak bisa diduplikasi kepemilikannya dan bisa dibeli menggunakan mata uang kripto yang disepakati. Karena keunikan dan keorisinalitasan aset NFT, nilainya tidak bisa disamakan dengan aset NFT atau aset kripto lainnya.

    Jika dibandingkan dengan cryptocurrency, meski sama-sama dibangun dengan blockchain, keduanya sangat berbeda. Kripto merupakan sebuah mata uang yang bisa ditukarkan. Jadi, misalnya kamu memiliki dua Ethereum, nilainya akan sama dengan milik pengguna lainnya. 

    Siapapun bisa membeli karya NFT dengan syarat memiliki koin kripto, bisa Ethereum, Bitcoin, Dogecoin, dan lain-lain. Bagi kamu yang tertarik untuk membeli atau jual NFT, ada beberapa platform yang bisa dituju. Contohnya saja OpenSea, Rariable, Foundation.

    Ada banyak sekali aset digital yang bisa masuk ke NFT, mulai dari berbagai karya seni foto berbagai format (JPEG, PNG, GIFT), musik, klip video, bahkan ada beberapa yang menawarkan cuitan Twitter. Seperti halnya bos Twitter, Jack Dorsey yang berhasil menjual cuitan pertamanya dengan harga lebih dari Rp 41 miliar.

    Tips Membuat NFT

    Dengan profit yang menggiurkan, bisa bermilyar-milyar bahkan lebih, tidak mengherankan jika banyak sekali yang tergoda untuk investasi di NFT. Tapi jangan asal-asalan agar usaha yang dilakukan tidak sia-sia. Supaya tetap cuan, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

    • Pertama, bagi kamu yang pertama kali terjun ke NFT, coba pilih karya yang ingin dijual. Usahakan untuk memilih yang menurutmu menarik, unik, dan memiliki daya jual. Supaya bisa konsisten, pilih file atau karya sesuai dengan kesukaanmu.
    • Kedua, jangan lupa menentukan blockchain pilihanmu, banyak digunakan adalah Ethereum.
    • Ketiga, pastikan untuk terlebih dahulu memiliki dompet kripto terlebih dahulu, misalnya saja Trust Wallet, Math Wallet, Metamask, dan lain sebagainya.
    • Jika sudah, pilihlah pasar NFT yang paling cocok dengan karya yang ditawarkan, bisa OpenSea atau lainnya.
    • Unggah karyamu, lalu tentukan harga jual dan beli.

    Tips Menjual NFT

    Jika karya sudah diunggah ke pasar, jangan didiamkan begitu saja. Kamu bisa melakukan beberapa upaya supaya NFT bisa berpotensi dibeli oleh orang lain dan menghasilkan cuan.

    Beberapa tips yang bisa dilakukan antara lain, jual dengan harga yang kompetitif, lakukan proses lelang jangka waktu terbatas, promosikan di sosmed, bisa lakukan kolaborasi, mainkan hastag, dan bisa juga menunjukkan proses pembuatan karya.

    Satu hal lagi tips yang perlu untuk dilakukan adalah lakukan secara konsisten, baik itu promosi atau menjual file NFT. Siapa tahu, kamu bisa mendapatkan durian runtuh seperti Ghozali Everyday.

    Tips Membeli NFT

    Tidak hanya menjual saja, kamu juga bisa membeli beberapa NFT untuk dapatkan keuntungan. Karena itulah, sangat disarankan untuk selektif dalam memilih aset sebelum membelinya. Beberapa tips yang bisa kamu lakukan, contohnya saja kamu pilih aset yang langka, memiliki nilai guna, dan lain sebagainya.

    Tips lainnya, supaya kamu bisa dapatkan barang yang bagus, bisa gunakan NFT tools, ada beberapa versi gratis yang bisa dicoba. Jika kamu memiliki kenalan orang yang sudah terjun lama di bidang NFT, jangan ragu untuk meminta saran. Dan supaya ilmu semakin bertambah, rajin-rajinlah untuk diskusi, membaca buku, dan lain-lain terkait NFT.

    Salah satu tempat yang bisa kamu gunakan untuk belajar tentang NFT adalah platform Ternak Uang. Ada ratusan lebih materi tentang personal finance, baik itu tentang saham, asuransi, KPR, dan lain sebagainya. Kamu juga akan mendapatkan mentor-mentor profesional yang sudah lama berkecimpung di dunia investasi.

    Untuk menjadi member, ada voucher promo khusus yang bisa digunakan untuk pembaca blog ini yaitu: TUBLOGGER14. Dengan promo ini kamu bisa mendapatkan diskon 15% saat daftar menjadi member nanti. Tunggu apa lagi? Yuk gabung ke Ternak Uang sekarang juga!

     

    No comments:

    Post a Comment

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES